Masih Sayang Sama Diri Sendiri? Pakai Helm!

Jangan pakai helm karena semata-mata menghindar dari polisi.

Di suatu hari yang cerah, ada sebuah percakapan yang cukup menggelitik bagi saya.

"Kamu mau temani aku ke toko di depan tidak? garamnya habis, nih. Naik motor aku saja." Lalu dibalas dengan, "boleh. tapi tidak usah pakai helm ya? Kan tidak ada polisi." 

Huah. Udah sering banget enggak sih fenomena kayak gini terjadi? Pakai helm, hanya karena takut polisi. ckckck. pemikiran semacam ini masih saja menancap kuat di masyarakat kita. Memang, ada beberapa orang yang saya temui dan mereka mengatakan bahwa, memakai helm itu memang penting. Mereka benar-benar memanfaatkan dan menggunakan helm sesuai fungsinya, yaitu untuk keselamatan. Mau tujuannya dekat atau jauh, orang tipikal ini akan selalu mengenakan helm. Kenapa sih harus repot-repot pakai helm?

Sebenernya sama saja loh mau tujuan kalian dekat atau jauh, kecelakaan bisa saja terjadi tanpa kita duga. saya tahu kok. Jika tujuan atau tempat yang ingin dituju cukup dekat, maka akan ada perasaan lebih aman karena dekat dengan rumah. Tapi kan sama saja. Kita tetap melakukan sebuah perjalanan.

Mungkin kita sudah yakin berkendara dengan baik dan mematuhi aturan lalu lintas. Lantas, bagaimana dengan orang lain yang ugal-ugalan dan menabrak kita. Ngeri banget kan? Bukannya kita berharap untuk ditabrak. Tapi setidaknya kita mencegah sebelum hal tersebut terjadi. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi, bukan?

Keuntungan yang didapat dengan menggunakan helm adalah, jikalau terjadi sebuah kecelakaan, setidaknya kita akan meminimalisir atau mengurangi risiko cedera yang akan diterima. Kalian tahu kan kalau kepala kita berisi otak yang berfungsi untuk mengendalikan tubuh kita? Bayangkan kalau kita enggak pakai helm? Aduh jangan sampai deh!

Dari segi psikologis juga membenarkan penggunaan helm loh. Tahu nggak sih? Dengan memakai helm, secara otomatis kita akan memberikan sugesti kepada diri kita sendiri bahwa semua akan berjalan baik-baik saja dan aman. Selain itu, orang yang melihat kalian pergi, akan merasa lebih aman dan nyaman lo. mereka akan merasa bahwa kamu akan nyaman dan baik-baik saja karena pakai helm. Kan demi keselamatan. Coba kalau kalian enggak pakai helm. Apa yang ada dipikiran mereka coba?

Pakai helm itu penting, loh. Untuk keselamatan kita sendiri kok. Bukan untuk orang lain. Keluarga, pacar, hewan peliharaan menunggu kalian para pengendara untuk pulang ke rumah dengan keadaan selamat. Tenangkan mereka dengan tunjukkan bahwa kalian sudah pakai helm dan berdoa saat bepergian. Oiya, jangan lupa.tiap kendaraan ada keselamatannya lo guys. Sepeda motor ada helm keselamatan, pakai mobil ada sabuk pengaman, bahkan sepeda kayuh pun ada helmnya kan!

Kendaraan aja sayang sama kamu. Mereka siap sedia untuk keselamatan kamu. Masak kamu enggak sayang sama dirimu sendiri? Hehehe. Mulai sekarang, jangan lupa ya, guys. Keselamatan nomor satu dalam berkendara.

Safety first!

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya