Comscore Tracker

[OPINI] Aku adalah Seorang Tunarungu

I give you smile if you see this

Aku tidak bisa mendengar suara tanpa menggunakan alat bantu mendengar atau hearing aids, hanya aku bisa merasakan suara seperti ketukan, irama atau apapun dan juga melalui musik. Jika aku tidak mendengar suaraku sendiri maka suaraku akan besar membuat orang melirik sebenarnya suaraku itu benar benar tinggi seperti aku sedang menarik perhatian. Sebetulnya itu bukan buat teriak dengan suaraku yang besar karena aku benar benar tidak mendengar suaraku sendiri tapi jika aku memakai alat bantu mendengar itu akan membantu aku dengar suaraku sendiri. 

Ketika aku berbicara dengan orang tua atau teman jadi aku berkata atau ngobrol bersama teman dengan suara kecil itu semakin lembut, semakin aneh membuat orang normal yang baru pertama kali mendengar suaraku seperti apa. Aku berpikir bahwa suaraku itu sangat berbeda yang lain. Suaraku tidak seperti orang normal yang bisa berbicara dengan jelas dan tepat. Saat ini, aku sedang berusaha latihan untuk berbicara agar aku dapat bersosialisasi dengan teman atau luar teman. Ini aku memiliki keterbatasan tapi menurut pandangan ini dari masyarakat terhadap orang tunarungu itu dianggap orang tidak bisa berbicara tapi kenyataan ini aku membuktikan bahwa aku bisa berbicara didepan publik. 

Selain itu, orang tunarungu itu memang memiliki keterbatasan tapi diluar dugaannya itu aku mempunyai kelebihan dalam bentuk prestasi saat aku menwujudkan impian walaupun aku tidak pernah mundur dan menyerah. Hanya aku terus berjuang dan melawan stress yang pernah membuat aku tertekan atau lebih parah untuk menambah beban. Itulah aku butuh semangat dari orang yang terdekat sama aku, ketika aku jatuh tapi kamu membantu aku berdiri untuk bangkit dan mengejar impian yang ingin tercapai. 

Aku berharap semua orang dapat membaca artikel ini untuk bermanfaat bagi orang tunarugu atau orang yang mempunyai keterbatasan. 

Aku ingin kamu ingat bahwa kamu punya tujuan di masa depan.

Jika kamu punya tujuan untuk masa depan maka kejarlah mimpimu dan tidak boleh mundur lagi tetap maju dan lawanlah masa-masa kelam yang telah berlalu

Baca Juga: Kenalanin Surya Sahetapy, Aktivis Tunarungu dengan Segudang Prestasi

Rahel Ayustine Photo Community Writer Rahel Ayustine

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You