Comscore Tracker

[OPINI] 5 Hal yang Dapat Dipetik dari Perhelatan Asian Games 2018

Semarak pesta olahraga terbesar se-Asia

Bangsa kita telah menunggu kurang lebih 52 tahun lamanya untuk kembali melaksanakan ajang olimpiade olahraga terbesar se-Asia yang dilaksanakan 4 tahun sekali. Terakhir kali api olimpiade dikobarkan di bangsa kita ini pada tahun 1962.

Setelah resmi dibuka pada tanggal 18 Agustus 2018 tepat setelah kita merayakan proklamasi kemerdekaan Indonesia, malam hari ini event Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Jakarta-Palembang resmi ditutup di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, 2 September 2018.

Semua mata dunia tertuju Indonesia, khususnya ketika pelaksanaan opening ceremony yang begitu spektakuler sukses dilaksanakan bangsa kita. Kita patut berbangga hati sebagai warga negara Indonesia karena selain suksenya acara Asian Games 2018, kita juga dapat membuka mata dunia bahwa kita mampu melaksanakan ajang dunia dengan begitu terkoordinir dan begitu meriah.

Selain gemerlap dan suksesnya acara Asian Games 2018 itu juga ada beberapa poin penting yang dapat kita simpulkan dari perhelatan Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang.

1. Rekor tertinggi Indonesia dalam ajang Asian Games sepanjang sejarah

[OPINI] 5 Hal yang Dapat Dipetik dari Perhelatan Asian Games 2018Replika medali Asian Games (ANTARA FOTO/INASGOC/Widodo S Jusuf)

Selain karena begitu semaraknya Asian Games 2018 yang dilaksanakan dinegara kita, kita pun patut berbangga hati karena pencapaian target medali emas jauh terlampaui dari apa yang menjadi target awal.

Dengan total medali 31 Emas, 24 Perak, dan 43 perunggu, menjadikan Indonesia sebagai peringkat ke 4 di klasemen dalam ajang Asian Games 2018 dibawah China, Jepang, dan Korea Selatan.

Indonesia sebelumnya hanya menargetkan sekurang-kurangnya 15 medali emas, namun karena pencapaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Indonesia jauh melebihi apa yang diprediksikan semula dan juga menjadi perolehan medali emas tertinggi dalam sejarah keikutsertaan indonesia dalam ajang Asian Games

2. Banyak "cinta" dalam perhelatan Asian Games 2018

[OPINI] 5 Hal yang Dapat Dipetik dari Perhelatan Asian Games 2018ANTARA FOTO/Kumparan/INASGOC/Aditia Noviansyah

Mungkin itulah kata yang dapat menggambarkan sebagaimana begitu banyak suasana keakraban dalam perhelatan Asian Games kali ini yang diselenggarakan di Indonesia. Mulai dari begitu hangatnya kedua calon presiden yang awalnya begitu dingin meskipun tidak ada keterkaitan politik dalam olahraga. Namun fenomena ini mejadi gambaran bahwa olahraga merupakan ajang persatuan bangsa seperti slogan Energy Of Asia. Terlepas darimana latar belakang dan karir, semuanya melebur jadi satu.

Selain itu, suasana keakraban juga begitu terasa pada dua negara Korea yakni Korea Selatan dan Korea Utara yang pertama kalinya menggabungkan seluruh kontingen menjadi Korea. Tak lupa dengan bonus yang diterima setiap atlet yang telah berjuang dalam ajang Asian Games ini.

3. Banyaknya komentar positif dari seluruh dunia

[OPINI] 5 Hal yang Dapat Dipetik dari Perhelatan Asian Games 2018sportchannelindonesia

Tidak bisa dipungkiri bahwa ajang Asian Games merupakan salah satu ajang olahraga terbesar di dunia. Pada ajang ini puluhan negara berkumpul untuk berlomba memperebutkan medali dari cabang olahraga yang dilaksanakan. Tentunya media akan berperan penting meliput seluruh kegiatan mulai dari awal hingga akhir.

Karenanya semua orang di dunia begitu takjub akan suksesnya Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Contohnya saja banyak media asing hingga YouTuber merespon positif bagaimana kegiatan Asian Games 2018 begitu terstruktur dengan baik. Mulai dari pembukaan, jalannya kegiatan, hingga penutupan hari ini.

Begitu banyak orang takjub dengan keragaman indonesia yang dipertontonkan dalam acara pembukaan Asian Games 2018, dan yang paling banyak dikagumi ketika dipertontonkannya tarian Ratoe Jaroe asal Aceh yang membuat penonton bertepuk tangan riuh. Bukan cuma itu, Asian Games 2018 menjadi trending topik yang paling banyak dicari di media sosial.

4. Semakin majunya Indonesia dalam hal peliputan sebuah event besar

[OPINI] 5 Hal yang Dapat Dipetik dari Perhelatan Asian Games 2018suara dewan

Saya sendiri cukup takjub dengan keputusan INASGOC menjadikan Wishnutama sebagai creator event pada perhelatan Asian Games 2018 kali ini. Bagaimana tidak, ia merupakan salah satu contoh orang yang bagaimana sebuah event itu harus dinikmati dengan menjadikan penonton harus 'Wah' dengan acara tersebut tanpa mengurangi kesan edukasi didalamnya.

Kita patut mengapresiasi apa yang dikerjakan oleh seluruh orang yang terlibat didalam kegiatan tersebut. Dan yang paling mengagumkan adalah bagaimana penataan kamera dan moment yang pas untuk diliput dalam event tersebut.

Banyak orang dibuat kagum bagaimana kualitas tayangan yang diberikan oleh media elektronik bangsa kita, dan mungkin saja akan diterapkan di berbagai event lainnya di Indonesia.

5. Indonesia menjadi lebih dikenal masyarakat dunia

[OPINI] 5 Hal yang Dapat Dipetik dari Perhelatan Asian Games 2018(Siluet pengunjung mengantre di Merchandise Store Asian Games di GBK) / ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Indonesia merupakan contoh hidup dengan toleransi dalam perbedaan, suku, bahasa, dan latar belakang. Jujur saja masyarakat asing begitu iri dengan keanekaragaman yang di perlihatkan Indonesia kepada dunia dalam ajang Asian Games 2018.

Setelah melihat apa yang terjadi dalam acara Asian Games 2018, banyak orang luar yang terkagum-kagum dengan suasana Indonesia yang begitu hangat dan bersahabat dengan segala keanekaragaman di dalamnya.

Indonesia sukses melaksanakan acara 4 tahunan dengan begitu meriah, terlepas dari beberapa masalah mungkin sudah hal yang menjadi lumrah dalam suatu perlombaan. Mungkin saja setelah ini, negara kita akan lebih berani lagi dalam memprakarsai ajang-ajang bertaraf internasional.

Terima kasih kepada seluruh atlet yang telah berjuang dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia, kami sangat bangga!

Baca Juga: 9 Komentar Netizen Korea Terhadap Penyanyi Indonesia di Asian Games

Rahul Fahry Photo Community Writer Rahul Fahry

Menyukai segala jenis Apresiasi seni

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You