Comscore Tracker

Pesan Rahasia di Balik Busana Versace Lady Gaga pada Super Bowl 51

Ada pesan penting di balik busana indah tersebut

Meski sempat dicibir dan diremehkan, pada akhirnya Lady Gaga berhasil menunjukkan penampilan spektakuler di halftime show Super Bowl 2017. Konsep panggung yang matang, dipadu dengan busana Versace yang berkilauan, jelas membuat penampilan wanita 30 tahun ini menjadi perbincangan di dunia maya.

Selain aksi panggung, mulai terjun bebas dari atap hingga lempar microphone, busana Versace glittery yang dikenakan Gaga memang menjadi trending topic. Mother Monster sendiri memang menampilkan tiga look yang mengesankan dalam waktu 13 menit penampilannya di atas panggung.

Namun terlepas dari busana cantik Gaga, banyak orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya ada pesan lebih penting yang disampaikan oleh pelantun Born This Way tersebut di atas panggung. Bukan sekedar hura-hura di atas panggung megah, ada pesan perdamaian yang ingin dikatakannya pada semua orang.

Penampilan Gaga diawali dengan lagu nasional, God Bless America, yang dilanjutkan dengan This Land is Your Land. Lewat lagunya, dia seolah ingin menyerukan bahwa semua orang yang ada di Amerika punya hak dan kewajiban yang sama, dan sudah seharusnya diperlakukan secara adil dan merata.

Kemudian dia pun melantunkan bagian verse dari lirik lagu Born This Way yang berbunyi:

No matter gay, straight, or bi / lesbian, transgender life / I'm on the right track, baby, I was born to survive / No matter black, white, or beige, Chola, or orient-made / You're on the right track, baby / You were born this way.’

Lewat liriknya tersebut, jelas sekali bahwa Lady Gaga berusaha memerangi berbagai tindakan rasis, diskriminasi, dan segala hal yang menomorduakan kaum tertentu.

Terlepas dari busana Versace dan berbagai penampilannya yang penuh estetik di Super Bowl 2017, Lady Gaga sendiri memang dikenal sebagai sosok seniman idealis dan sosialis. Sejak lama dia berusaha mengampanyekan persamaan hak manusia, termasuk salah satunya memperjuangkan kesetaraan hukum untuk kaum LGBT.

Riris Permatasari Photo Writer Riris Permatasari

Penulis, editor, penerjemah, dan pemerhati sosial-budaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya