Comscore Tracker

5 Dampak Positif Pembaruan Ekosistem Digital di Lombok

Pentingnya teknologi digital bagi hidup sejahtera masyarakat

Negara Indonesia harus cepat tanggap terhadap perkembangan teknologi global yang ada jika ingin terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, yang menjadi tantangan tersendiri ialah, Indonesia merupakan salah satu negara dengan kategori kepulauan terbesar di dunia. Hal tersebut tentu sangat tak mudah dalam mengaplikasikan akses fasilitas teknologi global yang ada ke berbagai wilayah di Indonesia.

Hadirnya sirkuit Mandalika pada gelaran akbar MotoGP 2022 di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menarik mata dunia pada pesona yang dimiliki Indonesia. Tentu upaya tersebut harus didukung dengan akses fasilitas teknologi digital yang memadai di Pulau Lombok. Berikut lima dampak positif dengan adanya ekosistem digital tersebut. Apa saja?

1. Mendukung pelaksanaan agenda G2O Indonesia di Bali

5 Dampak Positif Pembaruan Ekosistem Digital di Lombokpotret pelaksanaan agenda G20 Indonesia di Yogyakarta (kominfo.go.id)

Adanya gelaran MotoGP Mandalika 2022 di Lombok, tentu menjadi satu poin tambahan daya tarik bagi dunia internasional. Hadirnya gelaran akbar tersebut, juga memiliki waktu yang cukup berdekatan dengan adanya pertemuan internasional G20 Indonesia di Bali.

Pertemuan G20 Indonesia tahun ini akan diadakan di Pulau Bali pada Oktober-November 2022 mendatang. G20 merupakan forum kerjasama multilateral yang beranggotakan 19 negara dan satu kawasan Uni Eropa, yang bertujuan untuk mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif. 

Setelah diresmikannya Indonesia menjadi salah satu tuan rumah gelaran MotoGP di Lombok, tentu akan sangat menunjang pada gelaran pertemuan internasional G20 Indonesia di Bali. Dengan wilayah yang cukup berdekatan antara kedua gelaran akbar tersebut, tentu memudahkan pemerintah dalam mempersiapkan agenda G20 Indonesia di Bali dengan sangat matang.

2. Lebih dikenal dunia internasional 

5 Dampak Positif Pembaruan Ekosistem Digital di Lombokilustrasi wisatawan asing berlibur di Pulau Lombok (pexels.com/Asad Photo Maldives)

Salah satu tujuan digelarnya event MotoGP Mandalika 2022 di Lombok, juga untuk mengenalkan pesona yang dimiliki Indonesia kepada dunia internasional. Hadirnya gelaran tersebut tentu berpotensi dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat Lombok melalui sektor pariwisata.

Upaya meningkatkan hadirnya wisatawan asing tentu harus diimbangi dengan ekosistem digital yang memadai di Pulau Lombok. Dengan hadirnya teknologi digital yang memadai, tentu akan menunjang berbagai kegiatan wisatawan asing untuk berwisata di Pulau Lombok nantinya.

3. Menunjang aktivitas wisatawan

5 Dampak Positif Pembaruan Ekosistem Digital di Lombokpotret Sandiaga Uno mendukung adanya digitalisasi pada sektor pariwisata di Lombok (kominfo.go.id)

Baca Juga: Media Digital Bisa Bangkitkan Wisata di Lombok, Begini Alasannya!

Peningkatan akses fasilitas teknologi digital sangat penting dilakukan guna menunjang kegiatan para wisatawan saat berwisata. Beragam inovasi fasilitas teknologi digital sangat banyak jenis dan kegunaannya dalam menunjang sektor pariwisata. Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, telah meluncurkan fasilitas sistem transaksi digital pada sektor parekraf di event internasional MotoGP 2022 Mandalika di Lombok.

Transaksi digital pada sektor parekraf, bertujuan untuk melakukan sistem pembayaran melalui teknologi digital yang berfokus pada sektor tiket akomodasi pariwisata, manajemen parkir, dan pasar perdagangan. Upaya tersebut dapat diharapkan untuk membentuk ekosistem tatanan ekonomi baru sektor parekraf yang adil dan berkelanjutan, sehingga mempercepat kebangkitan perekonomian Indonesia, khususnya di Pulau Lombok.

4. Meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sistem digitalisasi 

5 Dampak Positif Pembaruan Ekosistem Digital di Lombokpotret penggunaan aplikasi digital pada sektor UMKM (kominfo.go.id/antarafoto)

Sektor Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu fokus pemerintah saat ini guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Khususnya di Pulau Lombok, akses fasilitas teknologi digital sudah menjadi sebuah kewajiban di sektor UMKM. Hal tersebut sangat menunjang bagi pelaku UMKM dan para wisatawan demi mewujudkan ekonomi masyarakat yang lebih baik.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai salah satu pihak yang bertugas mengurus kebangkitan ekonomi nasional, telah meluncurkan program UMKM berbasis teknologi digital, yakni UMKM go online. Kominfo berharap semakin banyak pelaku UMKM yang dapat beradaptasi pada dunia digital, karena dapat memperluas akses dan pangsa pasarnya.

5. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Lombok

5 Dampak Positif Pembaruan Ekosistem Digital di Lombokpotret pelatihan tenaga kerja berbasis teknologi digital (kominfo.go.id)

Hadirnya berbagai gelaran akbar di Pulau Lombok, sekaligus menjadi upaya pemerintah dalam mengurangi ketimpangan ekonomi antarwilayah di Indonesia. Sukses digelarnya event internasional, juga sekaligus menjadi kesempatan bagi pemerintah untuk menciptakan ekosistem teknologi digital yang lebih baik, khususnya di Pulau Lombok.

Oleh karena itu, pemerintah sangat berharap dengan adanya fasilitas teknologi digital dapat menunjang program-program selanjutnya untuk membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) yang lebih baik di Lombok. Pemerintah Indonesia juga akan terus mengupayakan pembangunan SDM unggul dan tenaga kerja terampil melalui program vokasi yang diselenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK). Dengan suksesnya membangun tenaga kerja terampil dengan produktivitas tinggi, tentu akan mengurangi jumlah pengangguran dan sekaligus menciptakan pertumbuhan ekonomi di Pulau Lombok.

Sungguh menarik melihat beragam inovasi yang diupayakan pemerintah Indonesia untuk bangkit bersama demi kesejahteraan hidup masyarakat. Semoga beragam upaya tersebut, dapat membangun ekonomi Indonesia yang lebih baik!

Baca Juga: Strategi Kominfo untuk Tingkatkan Pariwisata dan Kuliner Lombok

rizkilutfi Photo Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya