[OPINI] Berpikir Positif di Tengah Kisruh Pembangunan Pabrik Semen di Kendeng

Mari berpikir positif, baik yang pro atu kontra.

Mari kita lihat dari sisi positif soal pembangunan pabrik semen di Kendeng, Jawa Tengah. Pembangunan pabrik semen memang membuat takut warga sekitar. Pasalnya di daerah Pegunungan Kedeng tidak banyak yang tahu bahwa pegunungan kapur (karst) yang membentang dari desa Taban (Kudus) sampai Tuban bernama Pegunungan Kendeng Utara.

Di pegunungan yang dulu cukup lebat dengan pohon jati ini bermukim sebagian besar penduduk Kecamatan Sukolilo. Selain digunakan untuk tempat tinggal warga, pegunungan ini juga memberikan beberapa manfaat lain bagi warga yang hidup di sekitarnya.

Pertama, sumber air yang telah mengairi 15.873,9 ha lahan pertanian di sekitarnya. Kedua, lahan di pegunungan ini juga menjadi lahan pekerjaan bagai ribuan peladang yang menanam berbagai palawija di sela-sela pepohonan jati milik Perhutani. Gunung Kendeng sendiri merupakan pegunungan karst yang membentang meliputi empat kabupaten, diantaranya Kabupaten Pati, Grobokan, Rembang, dan Blora.

Bagaimanakah dengan Lingkungan Sekitar? Pengelolaan air dan Lahan

[OPINI] Berpikir Positif di Tengah Kisruh Pembangunan Pabrik Semen di KendengKendeng bukit kapur

Kawasan Kars Sukolilo memiliki fungsi utama sebagai fungsi hidrologi, yang berguna bagi kelangsungan sistem ekosistem yang ada di kawasan kars. Banyaknya outlet-outlet mata air yang keluar menunjukkan bahwa Kawasan Kars Sukolilo merupakan kawasan kars aktif yang telah dan sedang mengalami proses karstifikasi.

Keberadaan air yang melewati sungai-sungai bawah permukaan dan sumber-sumber air sangat memberikan peranan penting terhadap setiap aset-aset kehidupan dan penghidupan yang ada di kawasan kars baik oleh biota-biota yang ada di dalam gua, flora dan fauna yang ada di purmukaan dan manusia sebagai komponen utama yang berperan penting dalam suatu ekosistem.

Perbukitan batu gamping kawasan ini memiliki sifat-sifat kawasan karst. Kars adalah sebutan umum yang digunakan untuk suatu kawasan dimana batuan penyusunnya adalah batu gamping yang telah mengalami proses pelarutan.

Kurang Lebih 79 mata air yang mengalir sepanjang tahun di Kecamatan Sukolilo. Yang masuk dalam batasan yang ditetapkan oleh SG, ada 42 mata air yang mengalir sepanjang tahun. Debit mata air tersebut paling kecil 0.06 liter/detik dan paling besar 178 liter/detik.Total debit yang merupakan sisa tersebut 1009.6 liter/detik.

Sedangkan untuk Lahan, Pada kenyataan sekarang yang terjadi banyak lahan tegalan yang di tanami pohon jati, & ternyata hasil produksinya juga tidak kalah dengan tanaman yang sifatnya musiman. 1 ha ditanami 600 pohon jati dalam jangka waktu 9 tahun bisa di panen & di jual 40 jt – 2 jt biaya produksi bibit & perawatan hasil / tahun rata-rata 4, 2 jt .

Bagaimanakah Jika terjadi Penambangan?

Konflik dengan masyarakat sekitar area bisnis adalah hal yang sangat dihindari oleh perusahaan. Berita negatif di luar bisa menjatuhkan reputasi atau citra perusahaan. Makanya, percepatan pertumbuhan masyarakat sekitar menjadi poin utama CSR Corporate Sosial Responsibility atau Tanggung  jawab sosial perusahaan. Pembangunan Pabrik itu sendiri sudah memikirkan solusinya akan kelangsungan sumber air bersih, dari Kasus Pembangunan Pabrik Semen di Kendeng, tentunya Perusahaan tersebut telah siap mengganti serta membuatkan saluran air bersih, menjamin kelansungan air bersih untuk masyarakat setempat. Di era seperti sekarang ini teknologi sudah canggih untuk bisa menghasilkan air bersih.

Bagaimana dengan Masalah di Bidang Sosial, Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial?

[OPINI] Berpikir Positif di Tengah Kisruh Pembangunan Pabrik Semen di Kendengmurianews.com

Untuk masalah sosial, Perusahaan BUMN tentunya miliki program di lingkungan masyarakat setempat.PT Semen Indonesia mengadopsi tripple bottom line dengan membentuk unit kerja khusus yang diberi nama Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Program utama PKBL adalah memastikan bahwa keseimbangan lingkungan tetap sama seperti sebelum adanya penambangan. Tak hanya lingkungan alam secara harfiah tetapi juga kondisi masyarakat harus lebih baik daripada sebelumnya. Ada 8 program PKBL yaitu:

1. Bencana alam

2. Peningkatan pendidikan dan pelatihan

3. Peningkatan kesehatan

4. Pengembangan prasarana dan sarana umum

5. Sarana ibadah

6. Pelestarian alam

7. Sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan

8. Bantuan pendidikan, pemagangan, pemasaran.

Promosi, dan bentuk lain terkait upaya peningkatan kapasitas mitra binaan. Semen Indonesia telah merealisasikan anggaran untuk kegiatan CSR Sekitar mencapai Rp 10,5 miliar untuk berbagai kegiatan seperti bantuan kesehatan, Bantuan pengembangan sarana umum, bantuan sarana ibadah, bantuan pendidikan, bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan dan bantuan tanggap darurat bencana. Masih banyak lagi bantuan yang diberikan pada masyarakat sekitar menggunakan dana CSR.

Selain itu Semen Indonesia membantu membiayai pendidikannya untuk calon karyawannya sesuai dengan kualifikasinya. pabrik semen tersebut tidak akan mencoreng mukanya sendiri dengan persiapan PKBL yang buruk sehingga berujung pada tercorengnya citra perusahaan. Reputasi bisa ternoda nantinya. Tengoklah beberapa perusahaan besar yang diguncang isu pencemaran lingkungan, harga saham di bursa internasional bisa merosot tajam.

Berbeda dengan annual report Semen Indonesia yang mendapat peringkat dua Annual Report Awards (ARA) 2014 kategori BUMN Non Keuangan Listed. Tentunya Semen Indonesia tak ingin peringkatnya menurun sehingga tetap melaksanakan program CSR demi kedekatan emosional antara perusahaan persero dengan masyarakat sekitar.

Bagaimana Peningkatan di Bidang Ekonomi, Pembukaan Lapangan Kerja dan Usaha Produktif Lainnya?

[OPINI] Berpikir Positif di Tengah Kisruh Pembangunan Pabrik Semen di Kendengmalangvoice.com

Pembangunan pabrik semen diperkirakan mencapai + 4 Trilyun, digadang-gadang pabrik semen ini mampu memproduksi sampai 120 tahun dengan kapasitas 3 juta ton semen per tahun. Dari pembangunan pabrik semen di kendeng ini mampu menigkatkan perekonomian masyarakat dan menyerap tenaga kerja, serta wirausaha baru. Diperkirakan pabrik semen ini dapat menyerap sekitar 1500 tenaga kerja.

Melihat Area Pabrik Semen di Gresik

[OPINI] Berpikir Positif di Tengah Kisruh Pembangunan Pabrik Semen di Kendengtelaga Ngipik Gresik

Mungkin jika masih ada ragu mengganjal terkait kelestarian lingkungan, kita bisa bersama-sama mengunjungi danau atau telaga Ngipik di Gresik yang merupakan lokasi wisata penduduk sekitar.

Dahulunya, telaga Ngipik adalah lahan tambang liat milik Semen Gresik. Seluas hampir 20 hektar dieksploitasi, tambang bahan baku semen itu dikeruk dan menyisakan kubangan atau lubang yang sekaligus menjadi tadah hujan alami. Hijaunya pepohonan yang ditanami oleh Semen Gresik di sekitar danau menghapus kesan Gresik sebagai kota yang penuh polusi dan panas. Kota Gresik sendiri berkembang menjadi kota yang lebih modern.

Hijaunya Area Pabrik Semen di Tuban Bisa di Jadikan Contoh

[OPINI] Berpikir Positif di Tengah Kisruh Pembangunan Pabrik Semen di KendengArea Pabrik Semen Tuban

Mari kita sejenak menikmati hijau dan rindangnya area pabrik semen di Tuban. Area pabrik terasa sejuk karena pepohonan yang rindang. Polusi udara dari debu dan deru mesin? Tidak ada. Pepohonan menjadi green belt dan green barrier. Bahkan, jika mau menelaah lebih lanjut, reklamasi area bekas tambang pun bekerja sama dengan Perum Perhutani yang juga merupakan perusahaan BUMN. 

Mengetahui dan melihat sendiri apa yang saya sampaikan di atas, tentu wajar jika saya mengatakan kekhawatiran warga terlalu dini. Marilah kita awasi bersama-sama pelaksanaannya. Tagih CSR-nya jika program tak terlaksana dengan baik. Tetapi sebelumnya, janganlah menilai sebuah bibit buruk bahkan sebelum bersemi. Janganlah mengatakan pabrik semen di Kendeng Rembang akan buruk, bahkan sebelum produksi berlangsung.

Kita bisa mengawasi bersama-sama. Dan terutama, marilah kita duduk bersama, berdiskusi dengan baik sambil mencari pemecahan masalah yang dirasa mengganjal. sesuai dengan Triple Bottom Line Semen Indonesia yaitu “Profit, People and Planet” atau peningkatan kinerja keuangan (profit), pemberdayaan masyarakat (people), dan pelestarian lingkungan (planet).   

Robby Ghazali Photo Writer Robby Ghazali

Content Writer Social Media Officer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya