Comscore Tracker

[OPINI] Memento Mori, Ingatlah Kita Pasti akan Mati 

Sesering apa kamu mengingat akan kematian?

Kita manusia pasti akan mati, entah itu besok atau mungkin malah setelah kamu membaca artikel ini. Kematian itu sudah pasti dan tidak bisa kita hindari, lalu apa yang harus kita lakukan semasa hidup sambil menunggu kematian menunggu diri kita ini. Akan saya berikan satu cara sederhana menjalani kehidupan yang hanya satu kali ini untuk kamu yang secara kebetulan membaca artikel ini.

Kita tinggal berbuat baik kepada orang lain selama kita masih hidup agar kehidupan kita tidak sia-sia dan bermakna sesuatu bagi orang lain dan generasi umat manusia yang mendatang.

Membantu orang lain bisa lewat apa saja, bisa lewat sumber daya, pengetahuan, ataupun tenaga yang paripurna. Bahkan kota hidup saja sudah membantu masalah psikologis orang tersayang kita karena kalau kita mati, pasti seseorang yang mencintai kita akan sedih, bukan?

Jadi, ya, berkontribusi kepada orang lain itu adalah hal yang sangat mudah sekali untuk dilakukan, bahkan bayi sekalipun bisa melakukannya. Bahkan editor-editor di IDN Times yang melakukan pekerjaannya setiap hari membaca artikel-artikel yang kita para penulis kirimkan juga sudah termasuk para orang yang berkontribusi bagi orang lain.

Paling tidak, berbuat baiklah dan berkontribusi kepada orang lain minimal satu kali dalam kehidupan, itu adalah salah satu cara paling mudah untuk dilakukan jika kamu terlalu malas membantu orang lain. Dan kalau kamu sudah bisa melakukan satu misi sederhana tersebut, tingkatkan lagi menjadi 1 kali setiap hari dan seterusnya lagi tingkatkan sampai kamu menjadi terbiasa berbuat baik tanpa harus memenuhi tujuan apapun.

Melakukan apapun yang kita sukai, namun memberi manfaat bagi orang lain sudah cukup untuk alasan kenapa kita hidup di dunia ini. Dan tidak usah terlalu pusing dan stres memikirkan apa yang harus saya lakukan semasa saya hidup agar saya berguna bagi orang lain. Terlalu memikirkan apa itu arti kehidupan hanya akan membuat kita semakin dangkal memahami tentang kehidupan ini.

Jujur, kehidupan ini itu terlihat sederhana dan mungkin tidak berarti apapun. Dunia akan terus berjalan walaupun kita sudah meninggalkan dunia ini dan sekarang hanya melihat warna hitam gelap dan mungkin mencium bau tanah cokelat kuburan di TPU.

Saat kita sudah tidak takut lagi memikirkan dan menghadapi kematian yang pasti akan datang, kita akan berani menghadapi kehidupan yang penuh dengan rasa sakit ini. Dan rasa sakit juga tidak bisa kita hindari, menghindari rasa sakit hanya akan membuat kehidupan kita tidak lengkap karena rasa sakit adalah salah satu bagian dari kehidupan ini, dan manusia, tidak, bahkan makhluk hidup lainnya seperti binatang akan merasakannya.

Baca Juga: [OPINI] Metro Menuju Kota Literasi, Butuh Kebijakan, Anggaran dan Road Map

Ronin Eat Burger Photo Writer Ronin Eat Burger

Halo, sob. Perkenalkan nama saya M. Ilham Nugraha alias Ronin Eat Burger. Saya adalah seorang penulis yang menulis sejak saya diajari sewaktu masih bocah, lebih tepatnya sewaktu saya berada di TK.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya