Comscore Tracker

[OPINI] Indonesia Berubah Nama Jadi Indochina? Jangan Bikin Malu deh!

Coba buka lagi buku SD nya!

Kehebohan kembali terjadi di Twitland pada Kamis (23/2) kemarin. Kehebohan ini bermula dari foto yang diunggah oleh salah satu netizen ke Facebook. Kemudian postingan tersebut di screenshoot oleh pengguna Facebook lainnya dan diunggah kembali di twitter.

Pada foto itu terlihat tulisan Indochina pada papan petunjuk di bandara. Tulisan tersebut diikuti nama-nama negara lainnya yaitu Filipina, Singapura, Brunei, Australia dan New Zealand.

Sang pemilik foto tersebut menceritakan bahwa saat hendak check in di Bandara KLIA2 Malaysia, dia melihat papan tersebut dan menemukan ada tulisan Indochina. Dia menunggu munculnya nama Indonesia tapi tetap tidak muncul. "Jadi di mana letak negara INDOCHINA? MIKIR dan SADAR lah saudaraku INDONESIA," begitulah tulisan penutup dari postingan orang tersebut.

[OPINI] Indonesia Berubah Nama Jadi Indochina? Jangan Bikin Malu deh!twitter.com

Tidak butuh waktu lama untuk mengundang para netizen mengomentari postingan tersebut. Banyak netizen yang tersulut emosinya dan ada juga yang meyakini bawah terdapat oknum yang mengganti nama Indonesia menjadi Indochina.

Sangat disayangkan, orang tersebutlah yang harus menyadari perbuatannya. Dalam menghadapi suatu kejadian yang belum jelas kebenarannya, ada baiknya berpikir dan kroscek terlebih dahulu.

[OPINI] Indonesia Berubah Nama Jadi Indochina? Jangan Bikin Malu deh!twitter.com

Di zaman teknologi yang sudah serba canggih ini, setiap orang dapat dengan mudah mengakses mesin pencari seperti Google. Kalau bingung sedikit tinggal tanyakan saja pada Google, dalam beberapa detik saja kamu bisa tahu apa itu Indochina. Mudah bukan?

Masih ingatkah kamu dengan pelajaran IPS saat SD? Ya, Indochina atau Semenanjung Indochina adalah sebuah wilayah di Asia Tenggara yang merupakan bekas jajahan Perancis. Negara yang masuk kategori Indochina secara geografis maupun kebudayaan adalah Vietnam, Kamboja, Laos, Thailand dan Myanmar. Karena berada di timur India dan selatan Tiongkok, namanya menjadi Indochina. Bukan Indonesia yang diubah menjadi Indochina.

Baca Juga: Bisakah Kamu Menebak Mana Berita Asli dan Mana Berita Hoax?

Di akun twitternya, Air Asia Indonesia juga mengkomentari hal ini. Maskapai penerbangan ini turut mengklarifikasi dan sedikit memberi pelajaran singkat tentang Indochina.

Mereka juga menanggapi tentang tidak adanya konter bagasi untuk penumpang penerbangan ke Indonesia di KLIA2, Kuala Lumpur.

Saat ini berita yang tidak benar mudah tersebar di media sosial. Sehingga informasi yang salah pun sangat mudah mempengaruhi orang-orang untuk mempercayainya. Apalagi di Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya isu terkait agama. Informasi seperti ini juga dapat memprovokasi orang-orang yang terkadang malas untuk mencari tahu suatu kebenaran berita. Hanya dari judul sebuah artikel saja tanpa membaca isinya, mereka pasti akan dengan mudah untuk tersulut. That's why hoax always exists!

Semoga postingan ini tidak hanya sekadar menjadi viral tapi juga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Bagaimana kalau berita ini sampai ke media luar dan mereka menertawakannya, siapa yang akan malu?

Baca Juga: 7 Pertanyaan Ini Bisa Menyelamatkanmu dari Berita Hoax di Media Sosial

Topic:

Just For You