Comscore Tracker

[OPINI] Hasil Karya Para Penulis Sastra Banyak Diplagiat di Wattpad

Plagiat bukan masalah sepele lho. Hati-hati...

Akhir-akhir ini marak kita temui para penulis sastra yang karyanya ditulis ulang di sebuah aplikasi bernama Wattpad. Sayangnya, mereka juga mengubah alur, setting dan nama pemain. Banyak penulis yang geram hingga mereka akhirnya download Wattpad dan mencari kebenaran tentang novel-novel mereka yang diplagiat.

Wattpad adalah sebuah aplikasi untuk melatih para penulis pemula. Di mana, cerita yang mereka publish di sana adalah murni dan benar-benar hasil dari imajinasi dari diri sendiri. Nyatanya, ada beberapa dari mereka yang menulis ulang sebuah karya sastra yang sudah terbit.

Hal yang membuat geram penulis asli adalah tidak adanya nama mereka. Justru hanya nama si plagiat saja yang terpampang menggantikan nama penulis sebenarnya.

Daftar judul novel yang diplagiat di Wattpad di antaranya:

  1. Cold Boy karya Ainun Nufus yang diganti menjadi Cold Prince oleh akun Famous.
  2. It's Not a Dream karya Triani Retno Adiastuti yang ditulis ulang dengan judul sama.
  3. Death Song karya Sarah Ann yang ditulis ulang di Wattpad dengan judul sama.
  4. Ailurofl karya dari Triani Retno Adiastuti masih dengan judul yang sama.
  5. Kokeshi karya dari Vina Sri yang diketik ulang dengan mengganti nama saja.

Mereka hanya menganggap plagiat adalah hal sepele. Tanpa mereka sadari bahwa si penulis asli lambat laun akan menemukan kecurangan itu. Dikenakan pasal? Tentu saja. Karena mereka telah mengambil karangan orang lain. Mereka mencuri Hak Cipta penulis lain dengan mengatasnamakan diri mereka.

Jika memang kalian seorang pemula dan ingin memulai langkah awal untuk menulis, maka hal pertama yang harus kalian lakukan adalah perbanyak membaca. Karena dengan membaca, wawasan kamu akan lebih luas. Dengan membaca kamu akan tahu apa, bagaimana dan seperti apa langkah-langkah awal untuk menulis.

Hargai karya orang lain. Terkenallah hanya melalui karya asli dari ide dan kreativitasmu, bukan dengan kecuranganmu. Dengan begitu kamu akan tahu, bagaimana sulitnya menulis, sehingga rasa ingin menjiplak akan pergi dengan sendirinya.

Line Ads

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You

I Want More !