Comscore Tracker

[OPINI] Penerapan Smart City di Indonesia, Bisakah Dijalankan?

Solusi pembangunan wilayah dan kota di Indonesia

Adanya pembangunan wilayah dan kota di Indonesia tak lepas dari adanya sebuah inovasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia sendiri dalam membangun sebuah kota dan wilayah yaitu dengan mengadopsi Smart City. Smart City sendiri merupakan pembangunan kota berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Di mana Smart City ini dalam penerapannya menggunakan Internet of Things (IoT) dalam membangun kota. Di Indonesia sendiri inovasi Smart City sendiri sudah dilakukan di berbagai kota besar mulai Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Di mana kota-kota yang sudah mulai mengimplementasikan adanya inovasi Smart City  ini sudah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelolanya. Salah satunya yaitu Kota Surabaya di mana kota ini sudah mengimplementasikan inovasi Smart City misalnya menerapkan sistem tilang online.

Penerapan Smart City  di Indonesia saat ini merupakan salah satu aspek utama Pemerintah Indonesia dalam mendukung adanya pembangunan kota dan wilayah di Indonesia di mana pemerintah berupaya untuk membangun kota yang lebih baik dengan mengadopsi beberapa Inovasi. Salah satunya dengan menerapkan konsep Smart City ini di mana penerapan Smart City ini merupakan salah satu solusi untuk menyelesaikan problematika perkotaan. Konsep Smart City sendiri terdapat 6 konsep yaitu smart people, smart economy, smart mobility, smart enviroment, smart living, dan smart government.

Salah satu kunci utama dalam mendukung adanya sebuah Smart City yang ada di Indonesia adalah kesiapan Infrastruktur yang ada di dalam daerah ataupun wilayah tersebut serta Sumberdaya Manusia (SDM), adanya Smart City ini harus ada kemampuan pengelolaan dan perencanaan proyek pembangunan yang baik. Infrastruktur merupakan persyaratan utama untuk membangun kota di Indonesia dengan mengadopsi Smart City, pada dasarnya Smart City ini dalam penerapannya Infrastruktur merupakan sebuah aspek utama di mana nantinya sebuah kota atau wilayah yang berbasis Smart City ini menghubungkan beberapa Infrastruktur yang ada seperti infrastruktur fisik, IT, sosial, dan bisnis maka dari itu pelayanan dasar dari Infrastruktur harus dipenuhi oleh kota itu sendiri. Pelayanan paling dasar yang harus pemerintah siapkan untuk mewujudkan adanya Smart City ini seperti rumah serta sanitasi, kedua hal tersebut merupakan contoh pelayanan dasar yang harus disiapkan oleh pemerintah karena hal tersebut merupakan salah satu aspek utama. Serta Sumber daya manusia juga diperlukan dalam menerapkan Smart City ini, di mana sumber daya manusia merupakan aspek terpenting dari penerapan konsep Smart City. Sumber daya manusia yang baik serta mengetahui akan teknologi merupakan penunjang keberhasilan dari penerapan Smart City di Indonesia.

Baca Juga: [OPINI] Mengukur Bahayanya Gerakan Anarko Sindikalis

Sukmawati Ma rufi Photo Writer Sukmawati Ma rufi

Hello guys❤️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya