[OPINI] Seberapa Besar Pentingnya Resolusi di Awal Tahun? 

New Year, New Me

Tahun baru sering kali diartikan sebagai sesuatu yang baru. Kegiatan baru, barang baru, penampilan pribadi baru dan banyak hal baru lainnya. Seperti kepompong yang menjadi kupu-kupu, setiap individu mulai kembali meningkatkan kualitas diri dengan membangun berbagai target baru. Sayangnya setiap menuju penghujung tahun, resolusi yang dibangun dengan semangat di awal tahun menjadi cambukan bagi diri sendiri yang menimbulkan dampak berbeda-beda pada setiap individu. Apabila individu tersebut memiliki optimisme yang kuat, cambukan tersebut tentu akan berdampak sangat baik untuk terus memperbaiki diri. Namun, berbeda halnya dengan seseorang yang pesimis. Di kala penghujung tahun, cambukan tersebut justru akan menimbulkan luka dan kesakitan karena tidak mencapai apa yang diharapkan pada awal tahun. Lantas, seberapa besar pentingnya membuat resolusi di awal tahun?

Menurut KBBI, kata resolusi berarti suatu putusan atau kebulatan pendapat yang berupa permintaan ataupun tuntutan (dalam sebuah rapat ataupun musyawarah). Hal ini dapat diartikan bahwa resolusi merupakan sebuah keputusan dan kebulatan tekad seseorang pada suatu hal dengan jangka waktu tertentu. Tentu resolusi ini cukup penting untuk direncanakan dengan baik terlebih sebagai manusia sudah seharusnya terus meningkatkan mutu kualitas diri agar dapat bersaing dengan individu yang lain. Namun, saya mendapati  bukan objek resolusinya yang harus disalahkan, melainkan subjek atau seseorang yang membuat resolusi tersebut yang harus dipertanyakan kembali dan ditinjau ulang. Manusia adalah makhluk yang tentu memiliki akal. Manusia pula merupakan makhluk yang paling unik dan tidak dapat diperkirakan. Setiap individu dengan individu lain tentu memiliki kecenderungan dan kepribadian yang berbeda. Maka, dalam membuat resolusi, diri sendirilah yang paling mengetahui apa yang paling dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas diri.

Pada zaman teknologi dan informasi yang semakin canggih ini, seseorang sering kali membuat dan merancang resolusi dengan mengikuti resolusi orang lain yang dilihat melalui internet. Hal ini bukanlah suatu hal yang salah, namun alangkah baiknya bila resolusi yang orang lain lakukan dilakukan dengan berkaca pada kemampuan diri sendiri. Apabila resolusi orang lain lebih rendah daripada kita, tentu kita harus membuat resolusi dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sebaliknya, apabila resolusi orang lain lebih tinggi, sudah sepatutnya bagi kita untuk merendahkan tingkat kesulitan tersebut dan menyesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki. Rancanglah resolusi diri yang realistis supaya tidak merasa terbebani dan menyerah sebelum waktunya berakhir.

Kembali pada pertanyaan awal, seberapa besar pentingnya resolusi di awal tahun? Jawabannya adalah sangat penting, melihat bahwa periode satu tahun bukanlah waktu yang singkat untuk membangun kualitas diri. Bukanlah waktu yang singkat untuk memutuskan suatu hal. Bahkan periode waktu satu tahun bisa menentukan perubahan karakter dan masa depan seseorang.

Seperti kutipan yang disampaikan oleh Margaret Thatcher, “Perhatikan pikiran Anda karena itu menjadi kata – kata. Hati – hati dengan ucapan Anda, karena mereka akan menjadi tindakan. Perhatikan tindakan Anda, karena mereka menjadi kebiasaan. Perhatikan kebiasaan Anda, karena mereka menjadi karakter Anda. Dan perhatikan karakter Anda untuk itu menjadi takdir Anda. Apa yang kita pikirkan, itulah yang akan terjadi.”

Baca Juga: [OPINI] Sudahkah Bahagia dengan Diri Sendiri?

syahidah fathimah Qur'ani Photo Writer syahidah fathimah Qur'ani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Kebangsaan Republik Indonesia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya