[OPINI] Menguak Filosofi 4 - 1 = 5

Kenapa 4 - 1 = 5 ya? Ini ada perhitungan logikanya. Hanya orang dermawan yang memahaminya

Mungkin saat membaca judul artikel di atas beberapa diantara kalian pasti kebingungan: "Kenapa 4-1 = 5?,". Perhitungan ini ada kaitannya dengan keuntungan memberi atau beramal kepada sesama. 

Awal mula angka di atas adalah saat ayah saya memberikan teka-teki matematika logika, yang mungkin sebenarnya kamu juga sudah banyak mengetahui tentang hal ini. Namun kamu tidak menyadari bahwa hal ini sangat sering kita jumpai. Sebelum saya membahas filosofi 4-1 = 5, mari sama-sama mencari tahu dari mana saya mendapatkan angka lima (5) dari perhitungan matematika di atas.

Pertama coba kamu mengambil kertas utuh berbentuk persegi (Boleh persegi panjang). Lalu coba lihat dan hitung. Berapa banyak sudutnya (Jawaban yang sangat tepat adalah 4). Nah, sekarang kamu kurangi satu dari sudutnya. Bisa dengan cara melipat atau menggunting sudutnya. Sekarang hitung kembali berapa jumlah sudutnya. Apakah jumlah sudutnya tiga atau lima? 

Ya. Benar sekali. Jumlah sudutnya sekarang ada lima. Ternyata teori 4-1 = 3 tidaklah mutlak! Karena hal itu tidak berlaku pada sudut.

Dari hitungan matematika di atas, kamu juga bisa mengambil kesimpulan bahwa tidak selamanya kamu memberi kepada sesama akan membuat hartamu berkurang. Karena sudah sangat pasti, bahwa Tuhan akan mengembalikannya berlipat. Seperti halnya sudut di atas.

Karena pada saat kamu memberi kepada sesama, kamu akan merasakan kebahagiaan tersendiri. Di samping itu, Tuhan tidak tinggal diam lho. Dia yang Maha Kuasa akan mengembalikannya berlipat ganda.

Hemat boleh-boleh saja. Tapi jangan menjadi orang yang kikir. Karena banyak sekali di masa sekarang ini orang kikir yang bilangnya berhemat. Kita juga harus tahu bahwa berapa persen dari harta yang kita punya itu adalah milik fakir miskin dan anak-anak yatim.

Memberi sedikit tidak akan mengurangi harta kok. Karena adalah sebuah kebahagiaan membuat orang lain tersenyum berkat kamu. semoga bermanfaat.

Tan Siekfen Photo Writer Tan Siekfen

simple girl and Friendly

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya