[OPINI] 3 Kunci Penentu Kemenangan Real Madrid atas Liverpool

Semua terasa 'berakhir' usai Mohamed Salah cedera

Final Liga Champions 2017/2018 akhirnya dimenangkan oleh Real Madrid dengan skor 3-1 atas Liverpool. Gelar ini memastikan tim asuhan Zinedine Zidane menciptakan sejarah baru yakni memenangkan trofi Liga Champions tiga musim secara beruntun.

Pada babak pertama pertandingan ini berjalan seru, Liverpool yang bermain lebih menekan nyatanya kerap membuat lini pertahanan Madrid kian terancam. Namun setelah Mohamed Salah cedera akibat dijegal bek Madrid, Sergio Ramos, Liverpool harus kebobolan terlebih dahulu lewat sontekan dari Benzema di awal babak kedua.

Walau Liverpool mampu membuat gol penyeimbang, namun gol penyeimbang yang diciptakan oleh Mane tersebut harus berakhir sia-sia. Lantaran Bale mampu menyarangkan dua gol ke gawang yang dijaga oleh Karius. Sehingga skor menjadi 3-1. Skor tersebut pun tidak berubah hingga laga berakhir.

Di balik kesuksesan Real Madrid kala menaklukkan Liverpool ini, ternyata ada momen-momen yang sangat menentukan dalam akhir pertandingan ini, dan penulis telah menyajikan tiga kunci penentu kemenangan Real Madrid tersebut. Langsung saja disimak yuk!

1. Pergantian strategi yang diterapkan oleh Jurgen Klopp

[OPINI] 3 Kunci Penentu Kemenangan Real Madrid atas Liverpooltwitter.com/championsleague

Sejatinya permainan Liverpool di awal 30 menit babak pertama, bisa dibilang lebih berbahaya ketimbang permainan tim asuhan Zinedine Zidane. Seperti prediksi, Liverpool tampil dengan permainan high pressing atau tekanan tinggi, dan penerapan permainan tersebut terlihat manjur ketika mereka berhasil merebut bola dari pemain Madrid, kemudian melakukan serangan balik dengan cepat.

Namun sayang insiden yang dialami Mohamed Salah pada menit ke-31 harus memaksa dirinya mengakhiri laga lebih awal. Insiden tersebut adalah Mohamed Salah yang mengalami cedera akibat jegalan dari pemain belakang Real Madrid, Sergio Ramos.

Ramos saat itu terlihat menjepit tangan dari Mo Salah sekaligus membuat Salah terjatuh, dan mengakibatkan Salah harus menderita cedera di bagian bahu.

Setelah mengalami kontak fisik dengan Ramos, Salah sendiri masih sempat bermain selama beberapa menit, namun akhirnya ia minta diganti. Lantaran ia sudah tidak bisa menahan rasa sakit di bahunya itu. Karena situasi ini akhirnya Jurgen Klopp (Pelatih) mengambil inisiatif untuk menurunkan Adam Lallana dan menarik Mo Salah.

Akibat kehilangan Salah, Klopp sendiri langsung mengubah gaya permainannya jadi lebih sedikit ke dalam dan mengurangi teknik high pressing. Karena jika memasukkan Lallana yang merupakan gelandang, otomatis teknik high pressing yang dianut oleh Klopp tidak akan maksimal atau tidak efektif. Karena high pressing yang diterapkan Klopp biasanya dikombinasikan dengan tiga striker di depan.

Permainan Liverpool yang lebih ke dalam dan kekurangan intensitas serangan, membuat Real Madrid jadi nyaman ketika menguasai bola. Klub sekelas Madrid menguasai bola tentu akan mengancam pertahanan tim manapun. Perubahan strategi yang dilakukan oleh Liverpool inilah yang menjadi kunci Madrid dalam menaklukkan Liverpool.

2. Pemain pengganti Madrid memiliki kualitas yang sama mumpuninya

[OPINI] 3 Kunci Penentu Kemenangan Real Madrid atas Liverpooltwitter.com/championsleague

Banyaknya pemain berkualitas di seluruh skuat Madrid, juga menjadi kunci dalam kemenangan yang diraih oleh Madrid dini hari tadi (27/5/2018). Ketika pemain Madrid mengalami cedera atau performanya kurang baik, selalu ada pemain pengganti yang mampu bermain sama baiknya dengan pemain inti. Hal ini tentunya tidak dimiliki oleh Liverpool.

Hal ini dapat dilihat pada laga dini hari tadi, di mana ketika Dani Carvajal mengalami cedera lalu diganti oleh Nacho, dan ternyata Nacho pun dapat bermain dengan penampilan yang tak kalah memikat. Sehingga kehilangan seorang pemain tidak menjadi masalah yang berarti bagi tim sekelas Real Madrid.

Masuknya Bale sebagai pemain pengganti juga menjadi bukti, bahwa pemain pengganti Madrid bahkan bisa menjadi penentu kemenangan. Ketika permainan Madrid tidak berkembang atau tidak dapat menciptakan sebuah gol, pemain pengganti dari bangku cadangan tentu bisa menjadi solusi bagi Madrid.

3. Pemain yang lebih berpengalaman

[OPINI] 3 Kunci Penentu Kemenangan Real Madrid atas Liverpooltwitter.com/championsleague

Pengalaman Real Madrid dalam kompetisi Liga Champions bisa dikatakan adalah kunci yang paling menentukan dalam sukses mereka kala menaklukkan Liverpool. Zidane sendiri pernah meraih gelar Liga Champions bersama Madrid kala berstatus sebagai pemain. Faktor pengalaman inilah yang menjadikan Madrid lebih superior dibandingkan Liverpool.

Walau Liverpool telah mengumpulkan lima trofi Liga Champions, namun bisa dibilang skuat yang diturunkan pada dini hari tadi masih kurang berpengalaman dalam laga sebesar final Liga Champions.

Sedangkan Madrid memiliki beberapa pemain yang mampu bermain apik dan lebih berpengalaman di laga-laga besar, seperti Cristiano Ronaldo, Toni Kroos, Marcelo, Gareth Bale dan lainnya.

Pengalaman tersebut dapat kita lihat dari ketenangan pemain Madrid saat menguasai bola dan memiliki alur permainan yang lebih efektif ketimbang Liverpool (Khususnya di babak kedua). Jika permainan sudah efektif hasil positif tentu akan diraih.

Nah itu dia tiga kunci penentu kemenangan Real Madrid yang penulis telah sajikan, dan selamat untuk Real Madrid karena mampu menjadi juara Liga Champion tiga musim beruntun.

timoti silaen Photo Verified Writer timoti silaen

Jurnalis sepak bola

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya