Comscore Tracker

Melanjutkan Pendidikan di Usia yang Tak Lagi Muda? Siapa Takut?

Mari kembali belajar

Pendidikan memang sangat penting bagi kehidupan kita. Namun, tidak semua anak punya keberuntungan bisa mengenyam pendidikan layak seperti kebanyakan orang. Bahkan mungkin di pelosok negeri ini ada anak-anak yang bahkan tidak bisa mencicipi indahnya bangku sekolah.

Tapi dewasa ini pendidikan bisa jadi hal yang lebih ringan diperjuangkan bagi mereka yang memang benar-benar niat untuk menempuhnya. Misalnya saja bisa ikut sistem kejar paket. Atau yang lumayan marak belakangan ini di kota-kota besar dengan banyak pekerja, biasanya mereka mengambil kelas malam atau kelas karyawan jika ingin kuliah.

Nah, bagi kalian yang ingin melanjutkan ke jenjang kuliah namun usia sudah tak lagi muda layaknya anak kuliah pada umumnya, jangan takut atau berkecil hati. Ingatlah beberapa hal ini

Pendidikan untuk semua umur

Melanjutkan Pendidikan di Usia yang Tak Lagi Muda? Siapa Takut?elshinta.com

Jangan pernah merasa minder akan umur, karena kalian harus ingat, pendidikan itu hak setiap orang. Berapapun usia kalian, seperti apapun keadaan kalian, kalian berhak untuk mengenyam pendidikan yang kalian inginkan. Karena umur toh hanya soal angka. Belum tentu yang lebih muda lebih memiliki semangat dan ketekunan layaknya kalian. Bahkan di luar negeri sana, ada kok yang berumur lebih dari 50-an tali tetap semangat melanjutkan pendidikan.

Ingat mimpi-mimpimu

Melanjutkan Pendidikan di Usia yang Tak Lagi Muda? Siapa Takut?m.toyotaberanicoba.com

Jika saat dahulu kecil pernah ditanya soal cita-cita, pasti tiap orang berbeda jawabannya. Nah, kalian juga pasti punya cita-cita dalam hidup. Dan melanjutkan pendidikan ini mungkin merupakan salah satu langkah untuk mencapai cita-cita itu. Jadi kalian harus tetap semangat dan selalu ingat akan cita-cita yang kalian dambakan sebagai obor dalam hati dan pikiran.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Negara Bahagia, Ini 10 Fakta Pendidikan di Finlandia

Pendidikan yang tinggi bisa menunjang pekerjaan ke yang lebih baik

Melanjutkan Pendidikan di Usia yang Tak Lagi Muda? Siapa Takut?Unsplash/Gift Habeshaw

Sekarang kalian bekerja sebagai operator produksi di suatu pabrik misalnya. Pasti dalam hati, kalian ingin mendapat yang lebih baik lagi. Nah, dengan pendidikan ini kalian juga bisa membuka jalan untuk mendapatkan itu. Atau dalam contoh lain, kalian bisa mendapatkan promosi atas keahlian dari pendidikan yang kalian tempuh sekarang.

" Seseorang yang berhenti belajar adalah orang lanjut usia, meskipun umurnya masih remaja. Seseorang yang tidak pernah berhenti belajar akan selamanya menjadi pemuda " ( Henry Ford )

Baca Juga: 6 Hal yang Pasti Didapat dari Pentingnya Mengenyam Pendidikan

Windika Muji R Photo Community Writer Windika Muji R

Pecinta novel, drama Korea dan Coldplay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You