5 Khasiat Buah Ciplukan bagi Kesehatan, Tumbuh Liar di Pekarangan

Ternyata tumbuhan liar ini punya segudang manfaat, lho!

Buah yang memiliki nama ilmiah Physalis atau yang kita kenal dengan sebutan "ciplukan" ini merupakan tumbuhan yang tumbuh liar di kebun, halaman, bahkan di pekarangan rumah. Buah dari tumbuhan ini memilki ukuran yang kecil dan terbungkus oleh kantung buah.

Cita rasa yang ditimbulkan buah kecil ini ketika sudah masak yaitu asam manis yang mampu membuat ketagihan siapapun yang memakannya. Ciri khas ciplukan dapat dilihat dari warna kuning keemasan pada daging buahnya.

Meski buah dari tumbuhan ciplukan ini berukuran kecil, namun mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan, lho. Apa saja kira-kira? Berikut 5 khasiat buah ciplukan yang baik untuk kesehatan.

1. Membantu meningkatkan fungsi penglihatan mata

5 Khasiat Buah Ciplukan bagi Kesehatan, Tumbuh Liar di PekaranganIlustrasi Gangguan pada Mata (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Tahukah kamu jika buah ciplukan mengandung zat lutein, beta karoten, dan jenis karotenoid lainnya? Zat-zat tersebut bermanfaat dalam menurunkan risiko kebutaan yang disebabkan karena degenerasi mukula.

Selain itu, kandungan zat lutein dalam buah ciplukan juga mampu mencegah berbagai penyakit mata lainnya, seperti kebutaan yang disebabkan oleh penyakit diabetes. Maka dari itu, buah ciplukan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

2. Mencegah kerusakan sel

5 Khasiat Buah Ciplukan bagi Kesehatan, Tumbuh Liar di PekaranganIlustrasi Kerusakan pada Sel (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selain bermanfaat bagi kesehatan mata, buah ciplukan juga berkhasiat dalam mencegah kerusakan pada sel tubuh. Buah ciplukan selain kaya zat lutein, juga kaya akan antioksidan yang mampu melindungi serta memperbaiki kerusakan pada sel tubuh akibat efek radikal bebas.

Seperti halnya pada perkembangan sel kanker dalam tubuh manusia, buah ciplukan yang mengandung zat antioksidan dan fenolik dapat melawan sel-sel pada kanker payudara maupun kanker usus besar. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah ciplukan sangat dianjurkan untuk mencegah kerusakan sel-sel pada tubuh.

3. Baik untuk kesehatan tulang

5 Khasiat Buah Ciplukan bagi Kesehatan, Tumbuh Liar di PekaranganIlustrasi Kerusakan pada Tulang (pexels.com/Anna Shvets)

Manfaat yang ketiga pada buah ciplukan yaitu baik untuk kesehatan tulang. Buah ciplukan juga kaya akan vitamin salah satunya vitamin K yang bermanfaat dalam proses metabolisme tulang. Terutama pada proses metabolisme ketika tulang terbentuk kembali setelah mengalami patah tulang.

Vitamin K pada buah ciplukan juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan kulit dan tekanan darah normal. Maka dari itu, mengonsumsi buah ciplukan sangat dianjurkan, lho. Kamu sudah pernah coba belum?

Baca Juga: 9 Fakta Manfaat Petai, Tumbuhan yang Menyehatkan bagi Manusia

4. Dapat membantu melawan peradangan

5 Khasiat Buah Ciplukan bagi Kesehatan, Tumbuh Liar di PekaranganIlustrasi Peradangan (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Manfaat selanjutnya tidak kalah penting, nih. Ternyata buah yang sering ditemukan tumbuh liar ini juga bermanfaat dalam melawan peradangan. Hal ini disebutkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada sel tubuh manusia.

Dalam penelitian tersebut, terbukti adanya pertanda baik mengenai buah ciplukan yang bermanfaat dalam mengatasi peradangan, terutama dalam membantu melawan peradangan yang mengakibatkan penyakit peradangan pada usus.

5. Meningkatkan daya imunitas pada tubuh

5 Khasiat Buah Ciplukan bagi Kesehatan, Tumbuh Liar di PekaranganIlustrasi Meningkatkan Imunitas Tubuh (pexels.com/cottonbro)

Kandungan polifenol pada buah ciplukan juga dapat membantu menguatkan sistem kekebalan pada tubuh. Selain mengandung polifenol, buah ciplukan juga mengandung vitamin C yang dapat menguatkan imunitas dalam tubuh. Cita rasa asam yang terdapat dalam buah ini lah yang membuat buah ciplukan memiliki kandungan vitamin C.

Sayangnya, tumbuhan ciplukan sudah mulai langka dan jarang ditemui karena tak banyak yang membudidayakan tumbuhan berkhasiat ini. Meski mulai langka, namun masih ada beberapa tempat yang membudidayakan tumbuhan ciplukan agar tidak mengalami kepunahan.

Nah, banyak kan manfaat dari buah ciplukan? Sudah pernah mencoba buah ciplukan atau belum, nih? Pastikan kamu mencobanya agar tubuhmu semakin sehat.

Nela Aprilia Rismilda Photo Writer Nela Aprilia Rismilda

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya