Comscore Tracker

9 Fakta Menarik Kupu-Kupu Raja, Si Cantik yang Tangguh!

Melakukan migrasi tahunan dengan jarak 4828 km!

Apakah kamu sanggup melakukan perjalanan sejauh 3000 mil atau 4828 km? Tapi ada lho yang bisa melakukan perjalanan sejauh itu, mereka adalah Kupu-Kupu Raja. Serangga ini memang ditakdirkan menjadi cantik dan tangguh, jadi tidak heran kalau mereka bisa melakukan perjalanan se-gila itu! Dilansir australianbutterflies, berikut beberapa fakta dari Kupu-Kupu Raja.

1. Mereka memiliki kepakan sayap yang lambat

9 Fakta Menarik Kupu-Kupu Raja, Si Cantik yang Tangguh!foto Kupu-Kupu Raja sedang terbang (storytender.com/Sylvain Cordier)

Cantik, juga elegan! Karena rata-rata, kupu-kupu lain mengepakan sayapnya sekitar 20 kali per detik. Kupu-Kupu Raja ini cuma butuh kepakan sayap sekitar 5-12 kali per detik.

2. Dari Amerika Serikat, mereka melakukan perjalanan 3.000 mil setiap tahun

9 Fakta Menarik Kupu-Kupu Raja, Si Cantik yang Tangguh!foto Kupu-Kupu Raja migrasi (matadornetwork.com/Noradoa)

Oke, 3000 mil itu setara dengan 4828 km, ya. Long march atau migrasi ini dimulai dari timur laut Amerika Serikat dan Kanada lalu akan berakhir di barat daya Meksiko. Akan ada empat generasi kupu-kupu selama migrasi ini. 

3. Cantik, tangguh dan beracun

9 Fakta Menarik Kupu-Kupu Raja, Si Cantik yang Tangguh!foto Kupu-Kupu Raja di atas bunga (pexels.com/Tinthia Clemant)

Cantik dan tangguh tapi kok beracun? Iya mereka beracun tetapi tidak akan menyebabkan kematian, kok. Selama tahap larva, mereka akan memakan tanaman Milkweed yang merupakan tanaman beracun yang mengandung senyawa kimia bernama glikosida jantung. Sayap yang cerah juga ikut mengambil peran sebagai tanda peringatan bagi predator.

4. Saat masih menjadi ulat, mereka suka banget makan

9 Fakta Menarik Kupu-Kupu Raja, Si Cantik yang Tangguh!foto Ulat Kupu-Kupu Raja (pixabay.com/muskrat55)

Rakus atau memang wajar saja ya? Diketahui Ulat Kupu-Kupu Raja memakan seluruh Daun Milkweed kurang dari lima menit. Artinya mereka bisa makan 200 kali lebih berat dari badan mereka.

5. Memiliki bintik-bintik emas pada kepompong

9 Fakta Menarik Kupu-Kupu Raja, Si Cantik yang Tangguh!foto Kepompong Kupu-Kupu Raja (monarchmilkweedmapper.org/Becky Hansis O’Neill)

Hijau mengkilat serta bintik-bintik emas yang ada pada kepompong Kupu-Kupu Raja ini cukup terlihat mewah, bintik-bintik emas ini disebabkan oleh Pigmen Karotenoid yang bersumber dari makanan mereka yaitu Daun Milkweed. Pigmen Karotenoid ini yang memberikan warna cerah emas pada bintik-bintiknya.

6. Anak kecil yang pintar, tahu apa yang harus dilakukan

9 Fakta Menarik Kupu-Kupu Raja, Si Cantik yang Tangguh!foto tahap pertama Ulat Kupu-Kupu Raja (dickinsoncountyconservationboard.com)

Karena ketika pertama kali muncul atau menetas, Ulat Kupu-Kupu Raja ini akan memakan kulit telurnya. Lalu, selama menjadi ulat, mereka bisa mengganti kulit sampai dengan lima kali.

7. Memiliki pertumbuhan yang cepat

9 Fakta Menarik Kupu-Kupu Raja, Si Cantik yang Tangguh!foto pertumbuhan Ulat Kupu-Kupu Raja (www.internationalbutterflybreeders.org/Rick Mikula)

Mungkin karena suka makan yang banyak, Ulat Kupu-Kupu Raja berat badannya bisa lebih 2700 kali lebih berat dari tubuh aslinya dalam waktu 10-14 hari!

8. Amerika Utara adalah kampung halaman mereka

9 Fakta Menarik Kupu-Kupu Raja, Si Cantik yang Tangguh!foto Kupu-Kupu Raja sedang berkumpul (nytimes.com/Rebecca Blackwell)

Kupu-Kupu Raja adalah serangga yang berasal dari Amerika Utara, mereka terdapat di Texas, Minnesota, Idaho, Illinois dan Alabama. Mereka juga terdapat di Vermont dan di Virginia Barat.

9. Danaus Plexippus merupakan nama ilmiahnya

9 Fakta Menarik Kupu-Kupu Raja, Si Cantik yang Tangguh!foto Kupu-Kupu Raja sedang hibernasi (catersnews.com/Sylvain Cordier)

Menggunakan nama ilmiah Danaus Plexippus yang diambil dari Bahasa Yunani yaitu Sleepy Transformation karena kemampuannya hibernasi di hutan pegunungan. 

Bagi kamu yang masih penasaran dengan Kupu-Kupu Raja, seperti misalnya ingin melihat mereka melakukan migrasi, kamu bisa coba lihat video yang bertebaran di YouTube, ya. Rame banget, dah! Rasanya ingin sekali menjaringnya lalu dibawa ke rumah, dibuatkan kandang lalu dipelihara, kemudian dijual hehe. Oke, terima kasih sudah membaca, sampai jumpa!

Baca Juga: 5 Serangga yang Berbahaya bagi Kucing, Jauhkan dari Jangkauan!

Mochamad Abie Rifai Photo Writer Mochamad Abie Rifai

Membaca dan Menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya