Comscore Tracker

Dari Komputer hingga Prajurit, Ini 8 Artefak Paling Mencengangkan

Ternyata komputer sudah ada sejak zaman kuno

Artefak merupakan sebuah penemuan yang memberikan petunjuk tentang sejarah manusia. Banyak artefak yang sudah ditemukan dan menunjukkan seperti apakah peradaban manusia di zaman kuno, namun hanya beberapa yang terkenal dan diakui memberikan banyak ilmu. Berikut ini adalah beberapa artefak terpenting di dunia yang berhasil ditemukan.

1. Prajurit tanah liat Qin Shi Huang

Dari Komputer hingga Prajurit, Ini 8 Artefak Paling Mencengangkanartsy.net

Prajurit tanah liat menunjukkan gambaran nyata bagaimana prajurit di masa dinasti Qin. Lewat pahatan tersebut, peneliti bisa mengetahui bagaimana formasi serta senjata yang digunakan pada masa tersebut.

2. Dokumen Laut Mati

Dari Komputer hingga Prajurit, Ini 8 Artefak Paling Mencengangkanthattheworldmayknow.com

Ini adalah manuskrip yang ditemukan di area pantai Laut Mati. Karena berhubungan dengan kisah Perjanjian Lama yang ada di Alkitab, dokumen ini menjadi bukti bagaimana agama Kristen sudah hadir sejak zaman dahulu sekaligus memberikan gambaran kehidupan orang Yahudi pada masanya.

3. Makam Tutankhamun

Dari Komputer hingga Prajurit, Ini 8 Artefak Paling Mencengangkannationalgeographic.com

Makam Tutankhamun memang bukan makam termegah yang pernah ditemukan. Malahan makam ini adalah makam terkecil dari makam raja-raja Mesir kuno. Tetapi yang menjadikannya berharga adalah keutuhan artefaknya yang memberikan gambaran besar seperti apa kehidupan di peradaban masa lalu itu.

4. Pompeii

Dari Komputer hingga Prajurit, Ini 8 Artefak Paling Mencengangkanwashingtonpost.com

Pompeii adalah kota kuno yang musnah karena ledakan gunung berapi Vesuvius. Reruntuhannya menunjukkan para peneliti bagaimana kehidupan orang Romawi kala itu. Selain itu reruntuhan Pompeii juga memberikan gambaran bagaimana kondisi di kota tersebut ketika krisis melanda, seperti adanya mayat keluarga yang berpelukan, mayat napi yang masih dirantai, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Artefak Tertua yang Pernah Ditemukan para Arkeolog

5. Goa Lascaux

Dari Komputer hingga Prajurit, Ini 8 Artefak Paling Mencengangkanarchaeology-travel.com

Ini merupakan goa prasejarah yang ditemukan di Prancis. Selain terbesar, goa ini juga merupakan goa yang paling terawat. Gambarnya yang bernama The Crossed Bison menunjukkan bagaimana manusia prasejarah memiliki sisi seni realisme.

6. Peta Piri Reis

Dari Komputer hingga Prajurit, Ini 8 Artefak Paling Mencengangkansteemit.com

Peta ini milik seorang pejabat angkatan laut Turki. Di dalam peta ini terdapat gambaran topografi dari Afrika Utara, Brasil, beberapa pulau, hingga Antartika.

Yang mencengangkan adalah peta ini membuktikan jika pada abad 16 Antartika tidak sepenuhnya diselimuti oleh es. Padahal kondisi Antartika yang tidak diselimuti es diperkirakan terjadi 6 ribu tahun yang lalu.

7. Gambar Nazca

Dari Komputer hingga Prajurit, Ini 8 Artefak Paling Mencengangkango2peru.com

Salah satu artefak yang diakui sebagai keajaiban alam. Para peneliti masih kebingungan akan proses pembuatan gambar Nazca ini dikarenakan mereka percaya jika orang zaman dahulu tidak memiliki kemampuan terbang dan bisa membuat gambar ini tanpa adanya arahan dari orang yang berada di langit.

8. Mekanisme antikythera

Dari Komputer hingga Prajurit, Ini 8 Artefak Paling Mencengangkanhypeblaze.com

Para peneliti mengakui artefak ini sebagai bukti keberadaan komputer mekanika pertama di dunia. Artefak ini digunakan oleh para orang zaman dahulu untuk menghitung posisi astronomi. Dipercaya pula lewat penemuan artefak ini adanya barang lain yang dapat menunjukkan seberapa kompleks komputer mekanika ini.

Penemuan-penemuan macam ini bisa kamu temukan di seluruh dunia, bahkan termasuk di Indonesia. Mudahnya adalah dengan cara pergi ke museum-museum terdekat. Tetapi jika kamu ada kesempatan untuk keluar negeri, cobalah mengunjungi salah satu artefak di daftar ini.

Baca Juga: 11 Artefak ini Ditemukan Saat Ingin Membangun Kereta Bawah Tanah

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You