Comscore Tracker

Tidak Menghilang, 9 Bahasa Kuno Ini Masih Digunakan sampai Sekarang

Sepertinya kamu juga cukup sering menggunakannya

Bahasa adalah alat komunikasi yang kita gunakan sehari-hari. Tanpa kehadiran bahasa, kita akan kesulitan memahami satu sama lain. Jelas, sebagai alat komunikasi, itu berarti bahasa sudah muncul sejak zaman dahulu, bahkan ketika nenek moyang kita belum mengenal peralatan listrik seperti di zaman sekarang. Hasilnya bahasa merupakan salah satu produk budaya.

Pergantian zaman menyebabkan banyak bahasa hilang. Mereka bercampur dan berasimilasi dengan bahasa lain, menyebabkan munculnya bahasa baru yang kita kenal dan pergunakan sekarang. Tetapi ada beberapa bahasa kuno yang bisa mempertahankan orisinalitas sampai saat ini dan dikenal sebagai bahasa tertua. Berikut adalah beberapa bahasa tersebut.

1. Tamil

Tidak Menghilang, 9 Bahasa Kuno Ini Masih Digunakan sampai Sekarangrbth.com

Bahasa ini digunakan oleh penduduk Sri Lanka dan Singapura. Diperkirakan umur bahasa ini mencapai 5.000 tahun dan pada awalnya bahasa ini digunakan oleh masyarakat India.

Dinamakan Tamil karena datang dari area India bernama Tamil Nadu. Bahasa Tamil juga digunakan sebagai bahasa resmi di India. Tercatat ada prasasti  di Tamil yang dituliskan dalam bahasa tersebut yang datang dari abad ketiga sebelum masehi.

2. Sansekerta

Tidak Menghilang, 9 Bahasa Kuno Ini Masih Digunakan sampai Sekarangagamayoga.com

Juga diperkirakan pertama kali datang dari India, penggunaan bahasa Sansekerta tidak seperti bahasa Tamil. Ia tak umum diucapkan pada zaman sekarang, tetapi lazim ketika tahun 600 sebelum masehi.

Penggunaan bahasa Sansekerta ditemukan dalam kitab Hindu, Budha, hingga jainisme. Catatan paling awal tentang bahasa Sansekerta bisa dilihat di Rigveda. Catatan tersebut diperkirakan sudah datang sejak milenium kedua sebelum masehi.

3. Mesir

Tidak Menghilang, 9 Bahasa Kuno Ini Masih Digunakan sampai Sekarangsites.google.com

Peradaban Mesir sendiri diakui sebagai salah satu peradaban tertua di dunia dengan nama bahasa Mesir Koptik. Penggolongannya sebagai bahasa kuno datang dari hipotesis para peneliti tentang kapankah penggunaan bahasa itu muncul, yaitu sekitar 3400 sebelum masehi. Bahasa ini masih digunakan masyarakat Mesir hingga abad ke-17, sebelum akhirnya tergantikan oleh bahasa Arab, setelah masuknya agama Islam.

4. Ibrani

Tidak Menghilang, 9 Bahasa Kuno Ini Masih Digunakan sampai Sekarangguernseydonkey.com

Penggunaan paling populer bahasa Ibrani kemungkinan datang pada tahun 400 dan sekarang bahasa ini digunakan sebagai bahasa ritual orang Yahudi. Bahasa Ibrani kembali lagi ketika zionisme muncul pada abad 19 dan 20, menjadi bahasa resmi Israel. Bahasa Ibrani modern berbeda dengan bahasa Ibrani kuno, tetapi penduduk setempat bisa memahami apa arti tulisan dari manuskrip kuno.

Baca Juga: 8 Pelajaran Berharga yang Bisa Kita Petik dari Keruntuhan Romawi Kuno

5. Yunani

Tidak Menghilang, 9 Bahasa Kuno Ini Masih Digunakan sampai Sekaranggreeka.com

Sejarah penggunaan bahasa ini terdokumentasi dengan kuat sehingga bisa dikenali sebagai salah satu bahasa paling kuno. Perkiraan umurnya melebihi 3.000 tahun.

Dikatakan jika penggunaan bahasa Yunani masuk dalam tiga fase: Yunani kuno, Yunani pertengahan dan Yunani modern. Mereka yang tinggal di Yunani sebagian besar pasti masih menggunakan bahasa ini.

6. Basque

Tidak Menghilang, 9 Bahasa Kuno Ini Masih Digunakan sampai Sekarangomniglot.com

Ini adalah bahasa langka yang hanya digunakan sebagian kecil penduduk di Spanyol dan Prancis. Menariknya bahasa ini tidak berhubungan sama sekali dengan budaya Spanyol maupun Prancis, ataupun bahasa lain di dunia ini. Para peneliti sudah berusaha membuat teori awal mula bahasa ini, namun tak kunjung menemukan teori yang benar-benar kuat.

7. Lituania

Tidak Menghilang, 9 Bahasa Kuno Ini Masih Digunakan sampai Sekarangdocumentarytube.com

Bahasa ini merupakan kakek moyang bahasa Jerman, Italia dan Inggris. Bahasa Lituania sangat berhubungan dengan bahasa Sansekerta, latin serta Yunani kuno. Hingga sekarang, suara dan tata bahasa yang diucapkan masih sama dengan bahasa kunonya. Bahasa Lituania digunakan di negaranya dan diresmikan sebagai bahasa resmi Uni Eropa.

8. Farsi

Tidak Menghilang, 9 Bahasa Kuno Ini Masih Digunakan sampai Sekarangutoronto.ca

Farsi awam digunakan di Iran, Afganistan dan Tajikistan. Bahasa ini ditebak datang dari bahasa Persia, yang digunakan dalam pemerintahan Kerajaan Persia dan mengalami perubahan ketika masuk tahun 800 setelah masehi. Pengguna bahasa Persia bisa membaca manuskrip Farsi tanpa mengalami kendala yang besar dalam menerjemahkannya.

9. Cina

Tidak Menghilang, 9 Bahasa Kuno Ini Masih Digunakan sampai Sekarangasiamedia.lmu.edu

Cina sendiri merupakan peradaban kuno yang reliknya bertahan hingga sekarang. Bahasanya sendiri diperkirakan sudah ada sejak sebelum 1250 tahun sebelum masehi. Bahasa Cina kuno umum digunakan ketika masuk era dinasti Zhou, yaitu sekitar abad 11 hingga tujuh sebelum masehi.

Untuk reliknya sendiri, bahasa Cina telah ditemukan pada pahatan perunggu. Sampai sekarang bahasa Cina masih digunakan dan malahan tersebar hingga ke berbagai negara.

Masih ada banyak bahasa kuno yang sebenarnya masih tercatat atau terdokumentasi, tetapi sudah jarang orang yang menggunakannya. Malahan beberapa di antaranya terancam punah karena tak ada lagi penerusnya dan tidak ada bukti fisik yang tercatat. Jika kamu punya bahasa lokal, sebaiknya kamu sering menggunakannya karena itu adalah salah satu cara untuk melestarikannya.

Baca Juga: Tak Asing Lagi, 9 Mitos Tentang Mesir Kuno Ini Sering Kita Dengar

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya