Comscore Tracker

Bertaruh Nyawa, Ini 7 Kisah Duel Legendaris dari Berbagai Negara

Tidak hanya pria, ada juga wanita yang melakukan adat ini

Orang zaman dahulu memiliki tradisi yang cukup mengerikan: mengajak berduel ketika ada suatu masalah yang tidak bisa diselesaikan. Duel ini bukan hanya sekadar pertandingan saja karena sering kali yang dipertaruhkan adalah salah satu nyawa pesertanya.

Contoh saja duel para koboi yang sering ditunjukkan dalam film-film. Ada beberapa duel yang sangat terkenal hingga sering dibicarakan oleh orang-orang, bahkan tercatat dalam sejarah. Berikut ini duel-duel tersebut.

1. Duel Miyamoto Musashi - Sasaki Kojiro

Bertaruh Nyawa, Ini 7 Kisah Duel Legendaris dari Berbagai Negaraflickr.com

Ini kisah tentang dua samurai legendaris Jepang yang saling mempertaruhkan nyawa demi kejayaan. Musashi menggunakan pedang kayu, sedangkan Kojiro menggunakan pedang pada umumnya.

Diceritakan Kojiro hampir mengalahkan Musashi sampai tiba-tiba Kojiro dibutakan oleh cahaya matahari terbenam. Musashi pun mengambil kesempatan itu dan memukul kepala Kojiro sampai Kojiro terbunuh. Beberapa orang berpikir Musashi sengaja datang terlambat ke lokasi duel memang untuk mendapatkan cahaya matahari terbenam.

2. Duel balon udara

Bertaruh Nyawa, Ini 7 Kisah Duel Legendaris dari Berbagai Negaraquadcitiesdaily.com

Pada 1808 di Prancis, ada dua orang pria yang memperebutkan seorang penyanyi opera wanita. Bernama Monsieur Granpree dan Monsieur Le Pique, keduanya setuju untuk melangsungkan duel di langit menggunakan balon udara.

Keduanya menggunakan balon yang berbeda dan berbekal pistol. Pada saat berada di ketinggian 800 meter dengan jarak 70 meter antar balon, Le Pique menembak Granpree namun meleset. Granpree pun membalas tembakan dan berhasil mengenai balon lawannya. Alhasil Le Pique jatuh bebas ke darat.

3. Duel yang berlangsung selama 19 tahun

Bertaruh Nyawa, Ini 7 Kisah Duel Legendaris dari Berbagai Negarahistorycollection.co

Saat era Napoleon, ada seorang jenderal bernama Francois Fournier. Dia mendapatkan pesan dengan isi kabar buruk dari seseorang yang bernama Dupont.

Fournier tidak terima akan kabar tersebut dan menantang duel Dupont. 30 duel pun dilaksanakan selama 19 tahun sampai pada akhirnya Dupont memenangkan duel terakhir dan meminta Fournier untuk tidak mengganggunya lagi.

Baca Juga: 8 Ritual Budaya di Indonesia yang Tidak Dimengerti Orang Luar Negeri

4. Duel dalam tulisan Jawa

Bertaruh Nyawa, Ini 7 Kisah Duel Legendaris dari Berbagai Negaraminomioweb.me

Kamu tahu jika orang Jawa memiliki tulisan sendiri bernama Aksara Jawa. Tulisan yang menjadi dasar Aksara Jawa tersebut sebenarnya berisikan cerita tentang duel dari dua tokoh Kerajaan Medhangkamulan. Bernama Dora dan Sembada, mereka merupakan bawahan dari raja Prabu Ajisaka yang berduel karena salah tangkap pesan.

Sembada ditugasi Prabu Ajisaka untuk menjaga pusakanya dengan pesan jika tidak ada seorang pun yang boleh mengambilnya selain Prabu Ajisaka sendiri. Sedangkan Dora mendapat tugas dari Prabu Ajisaka untuk mengambil dan mengembalikan pusaka itu kepada sang raja.

Dora menemui Sembada dan menjelaskan tugas yang diberikan Prabu Ajisaka kepadanya, tetapi Sembada tidak percaya karena memegang teguh pesan Prabu Ajisaka satunya. Akhirnya kedua bawahan tersebut berduel memperebutkan pusaka itu hingga keduanya sama-sama mati.

5. Duel Lady Almeria Braddock dan Mrs. Elphinstone

Bertaruh Nyawa, Ini 7 Kisah Duel Legendaris dari Berbagai Negarageorgianera.wordpress.com

Ada kisah dari Inggris yang menceritakan duel para wanita, yaitu Almeria Braddock dan Elphinstone. Duel ini bermula dari Elphinstone yang mengatakan sesuatu tentang masalah penampilan pelayan Braddock. Braddock yang saat itu juga berada di lokasi menangkap pernyataan Elphinstone sebagai penghinaan atas namanya.

Braddock pun menantang Elphinstone berduel. Ada dua senjata yang digunakan pada pertarungan ini: pistol dan pedang. Elphinstone kalah dan menulis surat minta maaf. Semenjak itu duel tersebut dikenal sebagai Petticoat Duel.

6. Duel Flamma

Bertaruh Nyawa, Ini 7 Kisah Duel Legendaris dari Berbagai Negarahistoryanswers.co.uk

Mungkin ini salah satu kisah yang menginspirasi film Gladiator yang diperankan Russel Crowe. Flamma adalah prajurit Siria yang ditangkap oleh Roma dan dihukum mati dengan bertarung di Colosseum.

Tetapi sesuatu yang tak disangka, Flamma bisa terus memenangkan duel-duel tersebut. Dikatakan ada 34 pertarungan yang dia menangkan. Karena prestasinya tersebut, dia ditawarkan kebebasan hingga empat kali, namun semuanya ditolak karena Flamma lebih memilih untuk terus bertarung.

7. Duel Mark Twain

Bertaruh Nyawa, Ini 7 Kisah Duel Legendaris dari Berbagai Negarathenation.com

Mark Twain terkenal akan novelnya yang berjudul The Adventures of Huckleberry Finn. Ada salah satu kisah hidupnya yang menarik adalah Twain pernah akan terlibat duel dengan James Laird, penerbit rivalnya saat itu. Tantangannya adalah duel tembakan. Twain pun belajar menembak dan mendapati kenyataan dirinya sangat buruk dalam hal tersebut.

Oleh karena itu, guru menembak Twain pun menyusun rencana agar Twain tidak perlu melangsungkan duelnya. Caranya adalah guru Twain tersebut menembak burung yang berjarak 10 meter dan memberitahukan kepada Laird kalau itu adalah hasil tembakan Twain. Laird pun ketakutan dan membatalkan duel tersebut.

Jika tidak salah, tradisi duel masih dilaksanakan oleh beberapa suku dan adat namun beritanya disembunyikan agar tidak tersebar ke mana-mana. Memang di jaman sekarang duel sudah tidak lagi relevan dan bisa diselesaikan dengan cara yang lain, seperti pertandingan olahraga. Tidak bisa dibayangkan akan seperti apa jika budaya duel masih ramai hingga sekarang.

Baca Juga: 7 Peristiwa Bersejarah yang Lebih Mengerikan dari Film Horor

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You