Comscore Tracker

8 Fakta Unik Kerajaan Mongolia, Penyelamat Pedagang di Jalur Sutra

Hampir menguasai dunia bukan satu-satunya pencapaian mereka

Kerajaan Mongolia adalah kerajaan terkuat yang pernah tercatat dalam sejarah manusia. Di dalam catatan tersebut, diceritakan invasinya ke negara-negara lain hampir berhasil menjadikan mereka satu-satunya peradaban yang mampu menguasai dunia.

Beragam cerita hadir mengisahkan seperti apakah kondisinya pada waktu itu. Ada yang mengatakan prajurit Mongolia adalah prajurit yang bengis. Di sisi lain, mereka banyak berjasa kepada para pedagang. Berikut ini sejumlah fakta unik terkait kerajaan legendaris tersebut.

1. Mengubah iklim

8 Fakta Unik Kerajaan Mongolia, Penyelamat Pedagang di Jalur Sutramatadornetwork.com

Dalam penaklukan dunia di bawah pimpinan Genghis Khan, berjuta korban nyawa berjatuhan. Diperkirakan hingga dua puluh lima juta nyawa melayang dan itu melebih wabah hitam. Menariknya setelah diteliti ada efek positif dari pembantaian tersebut, yaitu 700 juta ton karbon tidak menuju atmosfer dan menumbuhkan kembali hutan-hutan lama.

2. Keluarga yang kacau

8 Fakta Unik Kerajaan Mongolia, Penyelamat Pedagang di Jalur Sutraofficeholidays.com

Genghis Khan atau Temujin diceritakan oleh ibunya jika lahir dengan kondisi tangannya menggenggam segumpal darah. Hal ini dilihat sebagai tanda bahwa Temujin akan menjadi penakluk yang hebat. Lebih dari itu Temujin pernah mau membunuh saudaranya sendiri, Khasar, namun digagalkan oleh sang ibu yang merayu Temujin untuk tidak menumpahkan darah saudaranya.

3. Eropa hampir sepenuhnya dikuasai

8 Fakta Unik Kerajaan Mongolia, Penyelamat Pedagang di Jalur Sutragiphy.com

Dalam catatan sejarah, Mongolia adalah satu-satunya suku yang hampir menguasai dunia. Penaklukannya mencapai Tiongkok, Rusia, Korea hingga bagian Eropa lainnya.

Hanya saja pada akhirnya Eropa tidak sepenuhnya dikuasai dikarenakan sang pemimpin pada waktu itu, Ogedai Khan, meninggal dan menarik semua pasukannya. Jika tidak, maka kondisi Eropa pun setara dengan sekitarnya: ditaklukkan oleh Mongolia.

4. Menghormati para insinyur

8 Fakta Unik Kerajaan Mongolia, Penyelamat Pedagang di Jalur Sutraslate.com

Keberhasilan invasi Mongolia tidak hanya bisa terjadi karena pasukannya yang kuat, tetapi juga karena kepintaran mereka. Itu karena banyak insinyur yang bekerja di balik kekuatan militer tersebut.

Sebagai contoh penaklukan Baghdad, Mongolia memporakporandakan pasukan itu dengan mengubah jalur sungai Euphrates untuk membanjiri musuh. Tugas yang berat itu membuat Mongolia memberikan kebijakan mengampuni para insinyur yang ada di suatu kota.

Baca Juga: 10 Fakta Bangsa Mongol yang Pernah Menguasai Dunia

5. Menjadi inspirasi taktik Viet Cong

8 Fakta Unik Kerajaan Mongolia, Penyelamat Pedagang di Jalur Sutrattnotes.com

Di masa invasinya, Mongolia tidak melupakan untuk menyerbu kawasan Asia Tenggara. Salah satu tempat yang memberikan perlawanan hebat di kala itu adalah Vietnam memiliki pemimpin hebat bernama Tran Hung Do hingga mampu memukul mundur pasukan invasi tersebut.

Tercatat pada 1287, menggunakan Sungai Bach Dan, pasukan Mongolia hancur lebur karena adanya jebakan di sungai tersebut. Taktik tersebut ternyata terus digunakan Vietnam, seperti yang dilakukan Viet Cong untuk melawan tentara Prancis dan Amerika.

6. Pencipta peluang bisnis

8 Fakta Unik Kerajaan Mongolia, Penyelamat Pedagang di Jalur Sutrabiepag.eu

Tidak seperti kerajaan-kerajaan Eropa, Mongolia memahami betapa pentingnya perdagangan. Oleh karena itu mereka memiliki kebijakan kepada para pedagang untuk tidak membebani pajak terlalu tinggi serta melindungi mereka dari ancaman luar. Hasilnya Kerajaan Mongolia sempat dipadati pedagang dan berakhir membantu pengembangan jalur perdagangan legendaris, Jalur Sutra.

7. Punya program kemiskinan yang baik

8 Fakta Unik Kerajaan Mongolia, Penyelamat Pedagang di Jalur Sutrabritannica.com

Dengan kehidupannya yang nomaden dan berhasil menaklukkan banyak area, itu tidak mengindikasikan jika kerajaan Mongolia adalah kerajaan yang kaya. Tetap ada orang miskin di dalamnya dan untuk mengatasi hal tersebut Kubilai Khan membuat program yang terfokus pada agrikultura. Dengan program ini, kerajaan Mongolia mampu memberi makan hingga 30 ribu orang di Beijing.

8. Hiperinflasi

8 Fakta Unik Kerajaan Mongolia, Penyelamat Pedagang di Jalur Sutrahistory.stackexchange.com

Bahkan kerajaan terkuat pun kalah oleh yang namanya ekonomi. Perlu kamu tahu, Mongolia adalah kerajaan yang pertama memperkenalkan uang kertas.

Kesalahan terbesar dalam perdagangan mereka saat itu adalah mereka tidak mendukung uang kertas mereka dengan logam berharga. Saat kekalahan mereka, uang mereka tak lagi berharga dan tak bisa ditukarkan.

Memang Mongolia tak lagi sekuat zaman dahulu, tetapi kisah-kisah sejarahnya masih banyak diceritakan dan diteliti. Kira-kira apa kamu tahu apa yang terjadi dengan Indonesia saat Mongolia menyerang? 

Baca Juga: Genghis Khan: Kaisar Mongol yang Pernah Menguasai Asia dan Eropa

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya