Comscore Tracker

Tampak Imut, Tapi 10 Hewan ini Sebenarnya Kanibal Sejati

Tahu kamu kalau kelinci memakan sesamanya?

Tidak ada hewan yang tidak lucu. Semengerikannya singa, jika kamu melihat anak singa, pasti kamu akan tertegun saja. Hanya saja terkadang hewan-hewan yang tampak imut itu menyimpan rahasia gelap di dalamnya.

Salah satu rahasia itu adalah melakukan ritual kanibalisme atau memakan sesamanya. Menariknya, ternyata itu dilakukan oleh beberapa hewan yang dekat dengan kita. Berikut ini beberapa hewan kanibal tersebut?

1. Kelinci

Tampak Imut, Tapi 10 Hewan ini Sebenarnya Kanibal Sejatiphys.org

Kamu tahu kan kalau kelinci melahirkan banyak anak? Dalam satu kondisi, kelinci-kelinci tersebut tidak akan berusaha membesarkan anaknya karena mereka berpikir anak-anak itu akan mati cepat atau lambat.

Jika seperti itu, maka kelinci akan memakan anaknya tersebut untuk mendapatkan sedikit energi setelah melahirkan. Terkadang mereka memakan anaknya karena kecelakaan pula.

2. Bonobo

Tampak Imut, Tapi 10 Hewan ini Sebenarnya Kanibal Sejatinewatlas.com

Sebagai primata, mereka dikenal sebagai spesies yang terdekat dengan kita dalam masalah DNA. Permasalahannya mereka punya satu kebiasaan, yaitu berburu bayi lain. Pernah satu kali grup Bonobo di Kongo tampak memakan bayi dari grup mereka sendiri yang telah mati.

3. Beruang kutub

Tampak Imut, Tapi 10 Hewan ini Sebenarnya Kanibal Sejatiearthlyfacts.com

Laporan kanibalisme beruang kutub banyak terjadi akhir-akhir ini. Ini dipercaya karena efek samping dari perubahan iklim. Beruang kutub yang biasanya memakan anjing laut, karena tak mampu mendapatkannya lagi, mau tak mau mereka harus mencari makanan lain dan itu adalah kawanannya sendiri.

4. Singa laut

Tampak Imut, Tapi 10 Hewan ini Sebenarnya Kanibal Sejatilatimes.com

Tidak seperti beruang kutub, singa laut melakukan kanibalisme lantaran bosan dan malas. Singa laut jantan dari Selandia Baru tampak pernah menculik dan memakan bayi para betina yang kecil dan lemah. Sebenarnya tidak ada yang tahu secara pasti mengapa mereka melakukan hal seperti itu, tapi salah satu teorinya adalah kemalasan itu.

5. Siput

Tampak Imut, Tapi 10 Hewan ini Sebenarnya Kanibal SejatiYouTube.com/Chin Frank

Ada satu spesies siput bernama siput rosy wolf. Layaknya serigala, siput ini bergerak mengikuti mangsanya dan mangsa itu adalah siput lain yang berukuran lebih kecil. Untuk siput yang berukuran besar, siput rosy wolf akan masuk ke cangkang siput besar itu dan memakannya dari dalam.

Baca Juga: Memang Imut, tapi 10 Hewan Lucu Ini Tak Disangka Punya Sifat Kanibal

6. Tupai darat

Tampak Imut, Tapi 10 Hewan ini Sebenarnya Kanibal Sejatitravis.af.mil

Anak-anak tupai darat yang mampu bertahan hidup menjadi dewasa hanyalah sebagian kecil saja. Salah satu penyebabnya adalah masalah grup.

Tupai darat terbilang sangat ketat untuk urusan kelompoknya dan tidak segan-segan untuk membunuh kelompok lain yang menginvasi area mereka. Intinya kanibalisme tupai darat dilakukan untuk menghilangkan kompetisi.

7. Gurita

Tampak Imut, Tapi 10 Hewan ini Sebenarnya Kanibal Sejatibbc.com

Gurita terkenal untuk kanibalisme seksualnya. Seperti laba-laba atau serangga lain, setelah kawin betina yang berukuran besar akan menerkam pejantannya dan memangsanya. Perdebatan di antara peneliti masih berlanjut dalam menjelaskan fenomena ini.

8. Ayam

Tampak Imut, Tapi 10 Hewan ini Sebenarnya Kanibal Sejatianimalplanet.com

Kamu pernah melihat ayam memakan daging ayam, bukan? Di kepalamu pasti tidak mengagetkan mengingat daging ayam tersebut sudah diolah hingga tidak diketahui ayam yang memakannya. Kenyataan kanibalisme ayam lebih dari itu. Di beberapa kasus, ayam akan saling mematuk sama lain hingga mati dan berakhir memakan yang mati.

9. Kecebong

Tampak Imut, Tapi 10 Hewan ini Sebenarnya Kanibal Sejatisciencemag.org

Anak katak ini sudah termasuk hewan yang menakjubkan mengingat mereka bisa melakukan metamorfosis. Tapi jika kamu tahu fakta katak termasuk hewan kanibal, kamu pasti akan terperangah.

Di dalam kolam kecil, kemungkinan bertahan hidup kecebong sangat kecil karena begitu banyak pesaing di dalamnya. Untuk itu, mereka harus lebih cepat besar dan caranya adalah memakan daging. Daging apalagi yang mudah didapatkan selain daging kecebong yang lain?

10. Meerkat

Tampak Imut, Tapi 10 Hewan ini Sebenarnya Kanibal Sejatinews.umich.edu

Meerkat dikenal sebagai hewan yang sangat bersosialisasi dan imut, tetapi di baliknya terdapat hal yang kejam. Tidak semua anak meerkat bisa dibesarkan hingga dewasa.

Oleh karena itu, dalam satu kelompok induk yang dominan harus memilih dan mengorbankan anak meerkat yang lain. Daging dari anak meerkat yang mati akan dijadikan makanan untuk menumbuhkan anak meerkat yang terpilih.

Kamu tidak akan bisa memahami mengapa mereka melakukan semua itu. Hanya satu yang bisa kamu mengerti: hukum alam. Semuanya demi bertahan hidup. Bagaimana? Masih tertarik memelihara mereka?

Baca Juga: Mulai Menjadi Kanibal karena Ulah Manusia, Ini 10 Fakta Beruang Kutub

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya