10 Hewan Kuno yang Patut Kamu Syukuri karena Sudah Punah

Nope, kita tidak butuh keberadaan mereka

Kepunahan suatu hewan sebenarnya bukanlah suatu hal yang harus disesali. Di balik hilangnya suatu spesies, akan ada kelahiran spesies baru yang lebih bisa beradaptasi dengan zaman dan kondisi sekitarnya.

Dalam beberapa kondisi, malahan kepunahan bisa dikatakan sebagai suatu berkah mengingat beberapa hewan bisa sangat mengancam dan membuat rasa tidak nyaman. Berikut ini adalah beberapa hewan yang sepatutnya kamu syukuri karena telah punah.

1. Kaprosuchus

10 Hewan Kuno yang Patut Kamu Syukuri karena Sudah Punahilustrasi kaprosuchus (imgur.com)

Kaprosuchus punya bentuk badan seperti buaya. Yang membedakan adalah kakinya lebih panjang, membuat mereka mampu berlari. Dikejar buaya saja sudah mengerikan, apalagi jika dikejar buaya yang bisa berlari.

2. Megalodon

10 Hewan Kuno yang Patut Kamu Syukuri karena Sudah Punahilustrasi megalodon (austinaquarium.com)

Ikan hiu raksasa yang benar-benar nyata dan bukan sekadar karangan film. Megalodon diperkirakan punya panjang tubuh 15 meter dan satu giginya bisa berukuran satu tubuh manusia dewasa. Setidaknya dengan kepunahan mereka, kamu tak perlu lagi takut untuk berenang atau berlayar di lautan.

3. Andrewsarchus

10 Hewan Kuno yang Patut Kamu Syukuri karena Sudah Punahilustrasi andrewsarchus (dinoanimals.com)

Bukan dinosaurus, bukan reptil purba. Andrewsarchus adalah mamalia semacam macan yang dulu pernah hidup di area Mongolia. Peneliti berpendapat Andrewsarchus punya gaya hidup seperti velociraptor yang memakan daging dan berburu bersama.

Konon Andrewsarchus merupakan nenek moyang kambing. Hmmmm.

4. Pulmonoscorpius

10 Hewan Kuno yang Patut Kamu Syukuri karena Sudah Punahilustrasi pulmonoscorpius (funnyjunk.com)

Hanya kalajengking biasa yang besar, yaitu bisa berukuran hingga 70cm. Fosilnya ditemukan di area Skotlandia dan tersebar di mana-mana.

Bayangkan saja bila kalajengking besar menyerbu rumahmu. Dalam jumlah banyak pula!

5. Megapiranha

10 Hewan Kuno yang Patut Kamu Syukuri karena Sudah Punahilustrasi megapiranha (flickr.com)

Zaman dahulu, hewan-hewan selalu punya kesempatan untuk bisa berukuran raksasa. Tak terkecuali ikan piranha.

Di Argentina, terdapat temuan fosil piranha berukuran 70cm hingga 120cm. Walaupun hanya fosil giginya saja yang ditemukan hingga saat ini, para peneliti sudah bisa menebak akan seperti apakah mereka berburu.