Comscore Tracker

Muka Garang Hati Lembut, 10 Hewan Mengerikan Ini Sebenarnya Jinak

Kamunya aja yang uda ketakutan duluan

Apakah kamu seseorang yang takut kepada anjing atau kucing? Padahal kedua hewan tersebut tidaklah berbahaya dan sering dijadikan peliharaan. Kalau tidak percaya, kamu bisa melihat sisi imut mereka pada bermacam-macam video perilaku hewan di YouTube.

Serupa kasusnya, beberapa hewan juga tampak mengerikan. Kenyataannya mereka sangat jinak kepada manusia dan tidak pernah melukai. Berikut ini beberapa hewan yang kelihatannya menakutkan, tapi sebenarnya sangat jinak.

1. Tarantula (Brachypelma smithi)

Muka Garang Hati Lembut, 10 Hewan Mengerikan Ini Sebenarnya Jinaknytimes.com

Sebagai kelompok laba-laba, mayoritas tarantula tidak memiliki bisa dan hanya memangsa hewan seukuran atau yang lebih kecil darinya. Itu membuat tarantula tergolong jinak untuk manusia. Buktinya mereka dipelihara!

2. Kelelawar vampir (Desmodus rotundus)

Muka Garang Hati Lembut, 10 Hewan Mengerikan Ini Sebenarnya Jinakstabroeknews.com

Mereka menyukai darah, tapi untungnya bukan darah manusia. Kelelawar vampir lebih senang menghisap darah hewan ternak seperti kuda dan sapi. Fakta unik: mereka satu-satunya keluarga kelelawar yang mau mengadopsi bayi kelelawar vampir lain jika orang tua dari bayi itu tidak ada.

3. Hiu raksasa (Rhincodon typus)

Muka Garang Hati Lembut, 10 Hewan Mengerikan Ini Sebenarnya Jinakthesun.ie

Tidak semua ikan hiu menyerang manusia. Malahan hiu raksasa hanya memakan zooplankton dan bukan daging. Mereka pun tidak bisa mengunyah. Jadi kenapa harus takut dengan mereka?

4. Burung bangkai

Muka Garang Hati Lembut, 10 Hewan Mengerikan Ini Sebenarnya Jinakrewildingeurope.com

Burung bangkai tampak mengerikan mengingat mereka memakan bangkai hewan dan makhluk hidup lainnya. Namun walaupun berukuran besar, ternyata paruh dan cakarnya yang tajam itu tak pernah digunakan untuk berburu. Oh dan mereka merawat anaknya sampai besar atau malah hidup bersamanya.

5. Gavial

Muka Garang Hati Lembut, 10 Hewan Mengerikan Ini Sebenarnya Jinakid.pinterest.com

Masih sebangsa dengan buaya, namun memiliki rahang yang lebih tipis dan kecil. Rahang tersebut tidak kuat untuk memangsa hewan besar sehingga gavial menghindari manusia dan hanya memakan ikan kecil, kodok serta serangga.

Baca Juga: 10 Hewan Herbivora Paling Berbahaya di Dunia Ini Bisa Membunuhmu!

6. Ular susu Amerika (Lampropeltis abnorma)

Muka Garang Hati Lembut, 10 Hewan Mengerikan Ini Sebenarnya Jinaksnakesatsunset.com

Memiliki nama latin Lampropeltis triangulum, warna ular susu pasti mengingatkanmu akan bisa ular yang sangat kuat. Pada kenyataannya, ular susu tidak agresif dan kamu bisa memegangnya. Pastikan saja yang kamu pegang itu ular susu dan bukan ular karang.

7. Kaki seribu raksasa Afrika

Muka Garang Hati Lembut, 10 Hewan Mengerikan Ini Sebenarnya Jinakcmzoo.org

Bagi beberapa orang penampakan serangga ini sangat lucu, tetapi di sisi lain sangat menjijikkan. Banyak pencinta serangga yang memelihara kaki seribu raksasa Afrika ini.

8. Manta ray

Muka Garang Hati Lembut, 10 Hewan Mengerikan Ini Sebenarnya Jinakstories.uq.edu.au

Bedakan manta ray dengan stingray yang menyengat Steve Irwin dan membunuhnya. Manta ray berukuran besar dan tidak memiliki penyengat di ekornya, jadi kamu tidak perlu takut ketika menyelam.

9. Kadal lidah biru

Muka Garang Hati Lembut, 10 Hewan Mengerikan Ini Sebenarnya Jinakreptilepark.com.au

Untuk ukuran kadal, kadal lidah biru bisa dikatakan reptil termanis yang dapat kamu temukan. Mereka menyukai digaruk di bagian kepala atau dagu. Selain itu, mereka juga menikmati perhatian orang.

10. Aye-aye

Muka Garang Hati Lembut, 10 Hewan Mengerikan Ini Sebenarnya Jinaklemurconservationnetwork.org

Primata nokturnal yang ditemukan di Madagaskar. Matanya yang menyala di kegelapan sering kali menakuti orang karena mengiranya sebagai hantu.

Padahal aye-aye hanya memakan serangga. Dia akan mengetuk pohon untuk mengetahui lokasi mangsanya, membolonginya dan menarik mangsa itu keluar dengan jari tengah panjangnya.

Nah, kalau kamu ada kesempatan bertemu binatang-binatang ini, coba saja menyentuhnya. Mereka gak bakal menyerang kok.

Pokoknya kamu tidak sembrono saja ketika memegangnya. Kalau sembarangan, ya bisa jadi mereka memberikan respons yang mengejutkan.

Baca Juga: 8 Hewan Ini Suka Berpura-pura Menjadi Hewan Lain, Bisa Mirip Banget!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya