Comscore Tracker

Makan Pasangannya Sendiri, 10 Hewan Pelaku Ritual Kawin Kanibalisme

Membuktikan bahwa sering kali betina itu sangat agresif

Kalau kamu selingkuh, bisa-bisa ‘dimakan’ sama istri/suamimu lho.”

Ucapan itu sebenarnya tak hanya kiasan saja. Di dunia hewan, beberapa jenis hewan melakukan praktik kanibalisme setelah kawin.

Mereka akan memangsa pasangannya sendiri yang telah membuahi dirinya. Praktik ini umum terjadi di dunia serangga. Berikut ini adalah beberapa jenis hewan yang melakukan ritual tersebut.

1. Laba-laba Orb-Weaving

Makan Pasangannya Sendiri, 10 Hewan Pelaku Ritual Kawin Kanibalismenpr.org

Laba-laba pejantan ini berkesempatan besar untuk dimakan betinanya ketika kawin. Angkanya mencapai 80 persen. Menarik. Jika pada binatang kanibal lainnya sang betina yang sangat pemilih akan pasangannya, untuk Orb-Weaving Spiders pejatannya lah yang sangat pemilih.

2. Laba-laba berpunggung merah

Makan Pasangannya Sendiri, 10 Hewan Pelaku Ritual Kawin Kanibalismeid.pinterest.com

Laba-laba punggung merah rela mengorbankan dirinya demi mendapatkan keturunan dengan genetiknya. Karena pejantannya tidak membuat jaringnya sendiri, dirinya kawin dengan cara langsung bergelantungan di benang si betina.

3. Lintah pisang

Makan Pasangannya Sendiri, 10 Hewan Pelaku Ritual Kawin Kanibalismefreerepublic.com

Seperti lintah pada umumnya, mereka hermafrodit alias bisa membuat kelaminnya sendiri. Mereka bisa kawin dengan dirinya sendiri, namun untuk kasus lintah pisang, mereka lebih memilih untuk kawin dengan lintah lain. Untuk memisahkan diri setelah kawin, mereka akan mengunyah penisnya sendiri setelah bertukar sperma.

4. Gurita

Makan Pasangannya Sendiri, 10 Hewan Pelaku Ritual Kawin Kanibalismetheepochtimes.com

Tidak semua spesies gurita melakukan ritual perkawinan kanibal. Sebagai contoh gurita kelapa. Untuk kawin, betinanya akan mencengkeram kuat-kuat sang pejantan, lalu menariknya ke dalam sarang dan memakannya setelah pembuahan.

5. Anakonda

Makan Pasangannya Sendiri, 10 Hewan Pelaku Ritual Kawin Kanibalismenatgeotv.com

Betina dari ular anakonda sering melakukan praktik kanibalisme terhadap pasangannya. Caranya adalah dengan mencekik pejantannya kuat. Anakonda betina akan menarik perhatian pejantan lewat feromonnya yang kuat.

Baca Juga: Memang Imut, tapi 10 Hewan Lucu Ini Tak Disangka Punya Sifat Kanibal

6. Jangkrik sagebrush

Makan Pasangannya Sendiri, 10 Hewan Pelaku Ritual Kawin Kanibalismemagicvalley.com

Ada kesempatan pejantannya tidak sepenuhnya dimakan oleh betina. Caranya adalah si pejantan jangkrik akan memberikan hadiah kepada si betina. Hadiah tersebut berupa sayapnya sendiri yang dikorbankan untuk diserap oleh si betina.

7. Laba-laba peloncat

Makan Pasangannya Sendiri, 10 Hewan Pelaku Ritual Kawin Kanibalismesciencefriday.com

Laba-laba pejantan ini akan melakukan tarian yang menarik perhatian betinanya. Lucunya tarian tersebut tidak akan hanya menarik laba-laba spesiesnya, tetapi juga spesies lain. Diperkirakan laba-laba peloncat sebenarnya tidak bisa membedakan spesies laba-laba.

8. Black widow

Makan Pasangannya Sendiri, 10 Hewan Pelaku Ritual Kawin Kanibalismenytimes.com

Julukan si janda hitam ini datang dari sisi kanibalistik si betina. Tetapi lucunya adalah tidak semua perkawinan black widow selalu berakhir tragis. Malahan dari banyaknya spesies black widow di Amerika, hanya satu yang melakukan ritual kanibalistik.

9. Horned Nudibranch

Makan Pasangannya Sendiri, 10 Hewan Pelaku Ritual Kawin Kanibalismeinaturalist.org

Masuk dalam keluarga lintah laut, hewan ini merupakan hermafrodit dan itu menjadikannya perkawinan mereka bisa diakhiri oleh ritual kanibal.

10. Belalang sembah

Makan Pasangannya Sendiri, 10 Hewan Pelaku Ritual Kawin Kanibalismeaskentomologists.com

Hewan paling terkenal untuk masalah ritual kanibal adalah belalang sembah. Setelah kawin, sang betina akan memakan kepala pejantannya. Fakta unik, ini hanya terjadi 13 sampai 28 persen dari musim kawin. Risiko kanibal akan meningkat jika belalang betina sedang lapar berat atau kesal.

Itulah hewan-hewan yang melakukan ritual kanibalisme setelah kawin. Makanya itu, bersyukurlah kamu menjadi manusia. Paling tidak setelah menikah, kamu gak dimakan pasanganmu sendiri. Sebenarnya tetap "dimakan," tetapi dalam arti yang lain.

Baca Juga: 8 Hewan Ini Suka Berpura-pura Menjadi Hewan Lain, Bisa Mirip Banget!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya