Comscore Tracker

Super Sekali! 8 Kemampuan Spesial ini Hanya Dimiliki Para Serangga

Makanya ada banyak pahlawan super yang kekuatannya serangga

Serangga itu hewan yang levelnya berbeda dengan kita, mamalia lho. Mereka punya kekuatan super yang benar-benar nyata dan hampir tidak mungkin kita miliki.

Susah dipercaya memang, tapi begitulah kenyataannya. Bukankah beberapa pahlawan super punya kekuatan serangga? Contoh saja Spider-Man.

Benar tidak? Berikut ini beberapa contoh kemampuan super tersebut.

1. Berubah wujud

Super Sekali! 8 Kemampuan Spesial ini Hanya Dimiliki Para Seranggatlnt.com

Seperti Power Ranger atau Ultraman, kebanyakan serangga di dunia ini bisa berubah wujud sepenuhnya sampai tidak kamu kenali. Contoh yang paling mudah diamati adalah kupu-kupu. Proses perubahannya—yang bernama metamorfosis—membuatmu heran bagaimana ulat bisa berubah sebegitu jauhnya menjadi makhluk yang indah.

2. Menunda kematian

Super Sekali! 8 Kemampuan Spesial ini Hanya Dimiliki Para Seranggaatlasobscura.com

Bukan tidak bisa mati ya, tapi hanya menunda kematiannya. Ini dibuktikan oleh kecoak. Mereka tetap bisa bergerak untuk beberapa minggu walau tidak punya kepala.

Fenomena ini bisa terjadi karena tubuh mereka punya sistem bernama ganglia, sistem saraf yang membuat tubuh masih bisa aktif seperti punya otak sendiri walau sudah terpisah. Sekarang kamu lebih takut lagi kepada mereka, bukan?

3. Tenaga super

Super Sekali! 8 Kemampuan Spesial ini Hanya Dimiliki Para Seranggaants.com

Kekuatan super ini juga hampir dimiliki setiap serangga. Namun yang paling sering menjadi contoh adalah semut. Coba kamu amati semut yang ada di dekat rumahmu dengan memberikannya makanan, seperti sisa kue.

Hanya dengan sejumlah semut saja, mereka bisa membawa makanan yang jauh lebih besar daripada tubuh mereka. Selain itu, semut bisa membawa bobot sebanyak 40 kali tubuh mereka.

4. Mengeluarkan cairan mendidih

Super Sekali! 8 Kemampuan Spesial ini Hanya Dimiliki Para SeranggaYouTube.com/BBC Earth

Ok, kencingmu itu terasa panas, tetapi itu tidak sampai membakar kulit. Berbeda dengan serangga.

Ada satu jenis yang punya kemampuan mengeluarkan cairan mendidih dan itu bernama kumbang pengebom. Ketika merasa terancam bahaya, mereka bakal menyemprotkan cairan asam yang ada di dalam tubuhnya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Unik yang Dimiliki Serangga, Termasuk Hubungan Homoseksual

5. Mendapat kekuatan dari matahari

Super Sekali! 8 Kemampuan Spesial ini Hanya Dimiliki Para Seranggagrowingspaces.com

All hail the sun. Tubuhmu pun perlu terpapar matahari mengingat sinarnya memberikan vitamin D. Namun dalam kasus kutu daun, masalah paparan matahari ini agak sedikit berbeda.

Sesuai namanya, yaitu kutu daun, mereka juga punya kemampuan daun, yaitu melakukan fotosintesis. Itu artinya mereka bisa punya energi terus menerus tanpa makan, asalkan terpapar matahari.

6. Punya tubuh sekuat logam

Super Sekali! 8 Kemampuan Spesial ini Hanya Dimiliki Para Seranggaearth.com

Ada lho serangga yang punya kekuatan super ini. Namanya kumbang besi.

Tubuhnya sangat kuat, sampai-sampai dikabarkan bahwa serangga ini pun susah dihancurkan dengan cara diinjak ataupun terlindas mobil. Butuh bor untuk menembus bagian tubuh luarnya.

Dikatakan mereka bisa menahan beban hingga 90kg atau 39 ribu kali berat tubuhnya. Super sekali, ya!

7. Berjalan di atas air

Super Sekali! 8 Kemampuan Spesial ini Hanya Dimiliki Para Serangganature.mdc.mo.gov

Ninja pun belajar dari serangga kok. Untuk kemampuannya berjalan di atas air, para ninja belajar dari yang namanya laba-laba pemancing. Dengan berada di atas permukaan air, laba-laba ini dapat melihat ikan di bawah air dan berburu tanpa perlu terlalu takut menjadi buruan ikan lainnya.

8. Penglihatan super

Super Sekali! 8 Kemampuan Spesial ini Hanya Dimiliki Para Serangganewscientist.com

Pernahkah kamu bertanya mengapa kamu bisa memukul nyamuk dengan tanganmu, tetapi kesulitan memukul lalat? Itu karena lalat punya mata majemuk.

Kalau dilihat secara mikroskop, mata lalat yang besar ternyata kumpulan dari mata lain sehingga mereka bisa melihat sangat jelas apa yang akan melayang kepadanya. Oh, belalang sembah dan capung juga punya kemampuan ini.

Hebat ya dunia serangga. Tidak bisa disamakan dengan dunia manusia. Makanya itu, anggaplah saja serangga ada yang sebesar manusia, mungkin dunia ini akan dikuasai mereka.

Baca Juga: 8 Tumbuhan Karnivora Terpopuler, Bisa buat Basmi Serangga

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya