Comscore Tracker

Jarang Terdengar, 10 Kisah Dewa Mitologi Yunani yang Langka

Dalam cerita, mereka memang hanya sedikit dibahas

Mitologi Yunani adalah mitologi paling terkenal hingga saat ini. Kamu mengenal sosok Zeus dan dewa-dewa lain dari mitologi ini. Sayangnya, yang sering disebutkan dalam cerita hanyalah sebagian kecil dari mitologi itu sendiri.

Keseluruhan kisah mitologi Yunani ada banyak sekali dan menyebutkan beragam nama dewa. Berikut ini adalah beberapa dewa tersebut yang jarang diketahui orang.

1. Astra Planeta

Jarang Terdengar, 10 Kisah Dewa Mitologi Yunani yang Langkatwitter.com

Ini adalah kumpulan dewa yang mendiami planet-planet di tata surya kita. Stillbon yang dikenal sebagai dewa langit berada di Merkurius, Eosphorus atau Phosphorus ada di Venus, Pyroeis yang ada di Mars hingga Phaeton sebagai dewa Jupiter.

2. Chiron

Jarang Terdengar, 10 Kisah Dewa Mitologi Yunani yang Langkapinterest.at

Statusnya diperdebatkan mengingat Chiron juga merupakan centaur, makhluk mitologi Yunani. Berbeda dengan centaur pada umumnya, Chiron terkenal bijak, beradab dan tidak punya banyak relasi centaur lainnya di dunia. Ada yang mempercayai dia menjadi konstelasi bintang, tapi tidak tahu yang mana: antara Centaurus atau Sagittarius.

3. Dionysus

Jarang Terdengar, 10 Kisah Dewa Mitologi Yunani yang Langkagreekboston.com

Dionysus dianggap sebagai dewa panen anggur sekaligus dewa ekstasi. Kalau kamu datang ke festival atau acara yang mengusung minuman beralkohol, kebanyakan dari acara tersebut pasti akan merayakan nama Dionysus.

4. Demeter

Jarang Terdengar, 10 Kisah Dewa Mitologi Yunani yang Langkaancient-origins.net

Diceritakan Demeter adalah ibu dari Persephone yang diambil oleh Hades dan dipaksa hidup sebagai istrinya. Ketika penculikan itu terjadi, Demeter yang merupakan dewi panen dan kehidupan di bumi harus berhenti melakukan pekerjaannya demi mencari anaknya tersebut. Itu membuat segala sesuatu yang ada di bumi berhenti bertumbuh untuk sementara waktu.

5. Horae

Jarang Terdengar, 10 Kisah Dewa Mitologi Yunani yang Langkamaicar.com

Seperti Astra Planeti, Horae adalah kumpulan dewa. Perbedaannya, ini adalah kumpulan dewa panen yang terdiri dari Eunomia, dewa yang menjaga semuanya teratur; Dike, yang melambangkan keadilan; dan Eirene yang menjadi lambang musim semi. Dewa-dewa ini tak hanya mengontrol musim, tetapi juga tatanan sosial di masyarakat.

Baca Juga: Kompleks dan Beragam, Inilah 9 Dunia yang Ada dalam Mitologi Nordik!

6. Hakim kematian

Jarang Terdengar, 10 Kisah Dewa Mitologi Yunani yang Langkakosmossociety.chs.harvard.edu

Ada tiga dewa dengan nama Aeacus, Minos dan Rhadamanthus. Ketiga dewa ini memiliki tugas menghakimi mereka yang sudah mati. Diceritakan dulunya ketiga dewa ini hanyalah orang biasa, namun Zeus mengubahnya menjadi setengah dewa ketika mereka mati. Aeacus ditugasi menghakimi arwah dari Eropa, Rhadamanthus yang dari Asia, lalu Minos sebagai juri akhir.

7. Hecate

Jarang Terdengar, 10 Kisah Dewa Mitologi Yunani yang Langkaancient-origins.net

Hecate adalah dewi dari mitologi Yunani yang dikaitkan dengan ilmu gelap dan ilmu nujum. Legenda mengatakan Hecate membantu Demeter di bumi untuk mencari anaknya, Persephone. Perlambangan Hecate sendiri adalah sosok perempuan yang memegang dua obor.

8. Anemoi

Jarang Terdengar, 10 Kisah Dewa Mitologi Yunani yang Langkagreece.greekreporter.com

Juga merupakan kumpulan dewa. Dahulu warga Yunani mempercayai angin yang berembus punya personalitas masing-masing. Oleh karena itu, tiap arah angin diberikan dewa sendiri-sendiri.

Angin barat diwakilkan oleh Zephyros, timur Euros, utara Boreas dan Notos si angin selatan. Terkadang Anemoi digambarkan dikontrol oleh dewa lain bernama Aiolos.

9. Tartarus

Jarang Terdengar, 10 Kisah Dewa Mitologi Yunani yang Langkaid.pinterest.com

Tartarus dikenal sebagai tempat sekaligus dewa purba. Karena itu konsepnya tergolong abstrak. Penggambaran Tartarus sendiri adalah labirin perunggu yang menjadi jalan masuk menuju bagian terdalam bumi.

Fungsinya tidak lain sebagai tempat untuk memenjarakan para Titan yang dikalahkan Zeus. Tartarus juga pernah digunakan Uranus untuk menangkap anak-anaknya, yang dipercaya dapat menaklukkan dirinya.

10. Morpheus

Jarang Terdengar, 10 Kisah Dewa Mitologi Yunani yang Langkaedu.glogster.com

Awal mula dewa ini adalah anak kecil yang diciptakan oleh Nyx, dewi malam. Tetapi ia bekerja juga untuk Hypnos, dewa tidur, yang juga dianggap Morpheus seperti ayahnya sendiri. Pada akhirnya, Morpheus menjadi dewa mimpi dan dikirim ke mimpi seseorang untuk memberikan pesan dewa.

Masih ada beragam lagi dewa hanya untuk satu mitologi ini. Itu pun belum termasuk dewa-dewa purba. Jika disebutkan semua, daftar ini bisa mencapai angka 100. Bagaimana? Perlu disebutkan semua, kah?

Baca Juga: 10 Kisah Dewa-dewi Mitologi Norwegia, Pujaan Hati Para Viking

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya