Comscore Tracker

8 Kisah Samurai Legendaris, Namanya Sering Masuk Manga dan Anime!

Mereka punya kisah perjuangan masing-masing

Kisah samurai adalah kisah populer dari Jepang. Sosok ksatria Jepang zaman dulu tersebut banyak digambarkan dalam film, komik hingga video game. Sesungguhnya kisah mereka benar-benar terjadi dan tercatat dalam sejarah.

Beberapa nama samurai tersebut malahan terus diabadikan menjadi nama-nama tokoh yang selalu ada di beragam cerita sejarah. Berikut ini adalah beberapa kisah dari para samurai legendaris yang ada.

1. Miyamoto Musashi

8 Kisah Samurai Legendaris, Namanya Sering Masuk Manga dan Anime!allthatsinteresting.com

Tidak ada orang yang tidak  pernah mendengar nama Musashi. Nama tersebut menjadi legenda karena memang ceritanya yang tidak pernah terkalahkan. Musashi dikenal sebagai samurai yang memperkenalkan teknik dua pedang dan teknik itu didapat lewat hasil pertarungannya yang brutal.

Kisah duelnya yang paling legendaris adalah duelnya melawan Sasaki Kojiro karena diceritakan dengan sangat akurat. Musashi memiliki satu buku bernama Go Rin no Sho atau The Book of Five Rings yang berisi tentang ajarannya.

2. Kusunoki Masashige

8 Kisah Samurai Legendaris, Namanya Sering Masuk Manga dan Anime!deviantart.com

Tidak semua samurai bebas seperti Musashi. Beberapa memilih dirinya untuk loyal kepada satu tuan, seperti Kusunoki Masashige. Samurai ini menjadi simbol patriotisme di Jepang karena kesetiaannya kepada Kaisar Go-Daigo, kaisar yang memimpin Jepang di abad 14.

Diceritakan Go-Daigo mendapat pengkhianatan dari salah seorang jenderalnya, Ashikaga Takauji. Dalam keadaan terpepet, Kusunoki menyarankan sang kaisar untuk meninggalkan kotanya dan mendekam di gunung, namun ide itu ditolak. Alasannya adalah sang kaisar harus menghadapinya.

Kusunoki mengetahui bahwa apa yang dilakukan kaisar itu adalah misi bunuh diri, tetapi dia tetap melakukannya. Prajuritnya bertarung dengan berani, tapi binasa dalam peperangan tersebut.

3. Akechi Mitsuhide

8 Kisah Samurai Legendaris, Namanya Sering Masuk Manga dan Anime!commons.wikimedia.org

Ini adalah samurai yang mengkhianati Oda Nobunaga dan kisah pengkhianatannya dikisahkan sebagai cerita pengkhianatan paling besar dalam sejarah Jepang. Akechi mengkhianati Oda ketika Oda mengadakan jamuan teh di Kuil Honno-ji ketika bertemu dengan anaknya Oda Nobutada. Tiba-tiba saja Akechi ke sana dengan prajuritnya dan menyerang tempat tersebut hingga habis.

Oda yang tidak punya kesempatan melarikan diri, memilih bunuh diri dengan kondisi kuil yang terbakar. Alasannya adalah agar kepalanya tidak diambil. Di balik pengkhianatan itu, hingga sekarang motif Akechi tidak diketahui mengapa dia melakukannya.

4. Tomoe Gozen

8 Kisah Samurai Legendaris, Namanya Sering Masuk Manga dan Anime!allthatsinteresting.com

Satu-satunya samurai perempuan yang namanya dikenal dunia. Tomoe Gozen hidup di abad ke-12 dan terkenal akibat perjuangannya di Perang Genpei.

Dalam perang tersebut, Tomoe melayani tuannya Minamoto no Yoshinaka dan berperang dengan klan Taira. Yoshinaka mampu memenangkan perang tersebut berkat bantuan Tomoe. Kisah perjuangan Tomoe yang epik terangkum dalam The Tale of the Heike.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Sejarah Kejatuhan Zaman Edo di Jepang, Apa Saja?

5. Honda Tadakatsu

8 Kisah Samurai Legendaris, Namanya Sering Masuk Manga dan Anime!fineartamerica.com

Honda selalu digambarkan sebagai samurai yang kuat dan semua itu ada alasannya. Dikatakan Honda mendapatkan gelar “Pejuang yang Melewati Kematiannya” dikarenakan begitu perkasa dan dalam tiap peperangan yang jumlahnya lebih dari 100, Honda tidak pernah mendapatkan luka yang serius.

6. Saigo Takamori

8 Kisah Samurai Legendaris, Namanya Sering Masuk Manga dan Anime!liberaldictionary.com

Saigo Takamori adalah pria yang dijuluki sebagai samurai terakhir. Dalam era Restorasi Meiji, pemerintahan Jepang mencoba memotong dan meniadakan sistem shogun yang sudah terikat ketat dalam sejarah.

Itu berarti secara tidak langsung, para samurai juga akan hilang dan Saigo adalah salah seorang yang tidak menghendaki hal tersebut. Dia berpikir samurai adalah jalan satu-satunya agar Jepang dikenal dan mampu bersaing dengan kekuatan Barat.

Saigo pun mengusulkan revolusi di 1877 melawan pemerintahan Jepang sendiri dan mengakhiri nyawanya di Perang Shiroyama. Sebagai pemberontak, nama Saigo populer karena dia memegang teguh prinsip samurai hingga akhir hayatnya. 12 tahun kemudian setelah kematiannya, Saigo dimaafkan oleh pemerintah Jepang dan dianggap sebagai pahlawan di era Restorasi Meiji, sekaligus menjadi samurai terakhir Jepang.

7. Sanada Yukimura

8 Kisah Samurai Legendaris, Namanya Sering Masuk Manga dan Anime!wikiwand.com

Nama Yukimura naik dalam Pertarungan Sekigahara di 1600an. Pada pertarungan terakhir sebelum Ieyasu Tokugawa benar-benar mempersatukan Jepang, Yukimura melakukan pemberontakan terakhir. Dia bertahan dalam Pengepungan Osaka di 1614.

Pasukan Ieyasu sampai harus mundur ketika Ekspedisi Musim Dingin. Sayangnya, Ieyasu kembali lagi dengan membawa lebih dari 150 ribu pasukan. Kelelahan menghadapi pasukan itu, Yukimura akhirnya kalah dalam mempertahankan nyawanya.

8. Yasuke

8 Kisah Samurai Legendaris, Namanya Sering Masuk Manga dan Anime!edition.cnn.com

Jepang pun pernah menjadi persinggahan budak Afrika di masa lampau. Menariknya salah seorang budak tersebut malah menjadi samurai.

Dikisahkan di kekuasaan Oda Nobunaga, Oda melihat seorang budak Afrika dan menurutnya mengesankan karena kala itu orang Jepang tak pernah melihat orang berkulit hitam. Tubuh budak yang berukuran besar itu membuat Oda memilihnya sebagai bodyguard.

Diberi nama Yasuke, budak yang menjadi samurai itu melindungi Oda hingga kejadian di kuil Honno-ji. Tidak ada yang mengetahui secara pasti apa yang terjadi pada Yasuke.

Satu kisah mengatakan dia menyerah di depan Mitsuhide Akechi dan berkelana di area Kyoto, namun tidak ada cerita jelasnya. Identitas sesungguhnya Yasuke pun tidak diketahui: dari mana asalnya, siapakah nama sesungguhnya, tapi yang jelas dia menjadi legenda.

Sebenarnya kamu bisa belajar banyak dari kisah samurai-samurai tersebut, bagaimana mereka menjunjung tinggi kehormatan dan loyalitas. Mungkin kamu belajar dari mereka, belajar cara hidup bushido.

Baca Juga: Ingin Jadi Naruto? Kenali Dulu 10 Senjata Khas yang Dimiliki Ninja

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya