Comscore Tracker

7 Bencana Alam yang Sering Dijadikan Film, Makin Dramatis

Semoga kita senantiasa aman dari bencana

Ada banyak film yang membahas tentang bencana alam. Kamu pasti pernah menonton salah satunya, seperti The Day After Tomorrow atau 2012. Uniknya, jika kamu memperhatikan film-film tersebut, bahasan bencana alamnya kurang lebih serupa.

Kamu akan melihat bencananya selalu itu saja yang ditunjukkan. Berikut ini bencana alam yang sering dijadikan latar film.

1. Tornado

7 Bencana Alam yang Sering Dijadikan Film, Makin Dramatisnytimes.com

Film yang paling terkenal membahas tentang bencana alam ini adalah Twister. Tornado sendiri merupakan angin yang berputar dan punya kecepatan sangat tinggi, mencapai 400 kilometer per jam.

Kerusakan yang diciptakan oleh kekuatan alam ini sangat besar. Mobil hingga bangunan pun bisa diputarbalikkan serta dilemparkan secara acak oleh angin tersebut sehingga sangat berbahaya untuk berada di dekatnya.  

2. Letusan gunung berapi

7 Bencana Alam yang Sering Dijadikan Film, Makin Dramatisthoughtco.com

Volcano, Dante’s Peak, kamu bisa menyebutkan banyak film yang menunjukkan bencana alam satu ini. Pada dasarnya letusan gunung berapi itu terjadi akibat menumpuknya magma di bawah gunung. Magma yang tidak kuat lagi ditampung pada akhirnya akan keluar dari gunung berapi tersebut.

Kamu pasti sering menganggap ini selalu menciptakan letusan. Kenyataannya tidak. Beberapa gunung berapi hanya mengeluarkan magmanya lewat ledakan kecil yang tidak berbahaya atau membocorkannya. Yang lainnya bisa menyebabkan ledakan besar yang mengguncang area sekitar.

3. Gempa bumi

7 Bencana Alam yang Sering Dijadikan Film, Makin Dramatistheverge.com

Umumnya gempa bumi akan diikuti dengan bencana lainnya. Entah itu tsunami atau letusan gunung. Tidak mengagetkan karena pergerakan lempeng atau dataran itu memang memberikan dampak besar ke sekitar.

Kalau mau tahu, sebenarnya permukaan bumi itu bergerak terus, namun ini terjadi di bawah tanah, tidak untuk permukaan yang kita injak. Pergerakan inilah yang menyebabkan adanya tekanan ke bumi dan menghasilkan getaran.

Baca Juga: 5 Hewan yang Dinyatakan Punah di Alam Bebas, Hanya Ada di Penangkaran

4. Tsunami

7 Bencana Alam yang Sering Dijadikan Film, Makin Dramatisid.pinterest.com

Dituliskan pada poin sebelumnya bahwa tsunami bisa terjadi akibat gempa bumi. Tetapi sebenarnya ada dua lagi penyebab kemunculannya: tanah longsor dan letusan gunung berapi.

Tsunami atau gelombang laut raksasa ini punya kecepatan yang sangat tinggi. Tercatat kecepatannya bisa mencapai 900 kilometer per jam. Film yang memasukkan tsunami dalam kontennya adalah The Day After Tomorrow dan Geostorm.

5. Badai

7 Bencana Alam yang Sering Dijadikan Film, Makin Dramatiswmfe.org

Badai dikarakteristikkan dengan kondisi atmosfer yang bertekanan udara rendah, situasi gelap yang tertutup awan, angin kuat, hingga kehadiran petir dan guntur. Ada beragam macam badai.

Mulai dari badai hujan es, badai petir, badai salju, dan lainnya. Bahkan tornado itu pun bisa digolongkan sebagai bagian dari badai. Film yang terkenal membahas ini adalah The Perfect Storm dan Into The Storm.

6. Banjir

7 Bencana Alam yang Sering Dijadikan Film, Makin Dramatistheguardian.com

Kebanyakan banjir yang terjadi saat ini adalah banjir yang dihasilkan oleh ulah manusia lewat tersumbatnya saluran air, karena penumpukan sampah. Namun banjir pun bisa terjadi secara alami apa bila hujan deras mengguyur tanpa henti. Banjir berbeda dengan tsunami, mengingat tsunami merupakan gelombang air laut, sedangkan banjir adalah kenaikan air pada suatu dataran.

7. Meteor

7 Bencana Alam yang Sering Dijadikan Film, Makin Dramatisindependent.co.uk

Sedari dulu meteor dikatakan sebagai bencana alam paling parah yang pernah melanda bumi mengingat dinosaurus punah kemungkinan disebabkan efek dari benda langit itu. Dampaknya yang dahsyat itu sering digambarkan dalam film seperti Armageddon atau Deep Impact.

Namun, para peneliti melihat kemungkinan tabrakan meteor sangatlah kecil. Alasannya adalah bumi tergolong kecil untuk benda langit dalam tata surya kita, sehingga sulit terkena. Yang kedua karena bumi memiliki atmosfer yang dapat melindungi kita dari hantaman meteor.

Benar tidak daftar ini? Pasti film bencana alam yang kamu tonton sering kali membahas bencana ini. Memang ada yang lain, tetapi sangat jarang dibahas. Bosan gak? Kira-kira bencana alam lain apa yang pernah kamu nonton, tetapi tidak masuk dalam daftar ini?

Baca Juga: 5 Bencana Alam Ini Pernah Menghancurkan Peradaban Kuno Dunia 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya