Comscore Tracker

7 Pulau Terkecil di Dunia yang Bersejarah, Bisa Dimasuki 

Terdapat cerita tersendiri di setiap pulau

Ada beratus hingga ribuan pulau di dunia ini yang tidak dihuni dan belum terjamah manusia. Rata-rata pulau itu adalah pulau kecil yang tidak diketahui keberadaannya dan tidak dihuni.

Akan tetapi, beberapa di antara pulau itu ada yang memiliki daya tarik tersendiri, entah karena alamnya atau karena lainnya. Berikut ini beberapa pulau paling kecil di dunia yang sering menjadi perhatian orang.

1. Pulau Corvo

7 Pulau Terkecil di Dunia yang Bersejarah, Bisa Dimasuki pulau Corvo (pinyourfootsteps.com)

Pulau ini terletak di barat Portugal dan menarik perhatian banyak wisatawan. Walaupun hanya memiliki luat 18 meter persegi, pulau Corvo sangat terisolasi dan memiliki dataran vulkanik.

Fakta menarik Corvo adalah pulau kecil ini juga berfungsi sebagai pelindung kepulauan Azores dikarenakan pulau Corvo akan menjadi pulau pertama yang terkena badai dari Samudra Atlantik sebelum ke pulau lain. Itu berarti pulau Corvo akan menjadi peringatan bagi pulau-pulau lainnya.

2. Pulau Singa Laut

7 Pulau Terkecil di Dunia yang Bersejarah, Bisa Dimasuki pulau singa laut (travelcravings.com)

Pulau kecil ini mengapung di laut Atlantik Selatan dan berada di tenggara Argentina. Pulau Singa Laut yang berukuran 9 kilometer persegi ini dijadikan cagar alam nasional pada 2017 karena banyaknya sauna di sana. Setidaknya ada lima spesies penguin, singa laut, gajah laut, paus orca, dan hewan lainnya.

3. Pulau Menteri

7 Pulau Terkecil di Dunia yang Bersejarah, Bisa Dimasuki pulau menteri (amusingplanet.com)

Nama pulau ini diberikan karena terdapat mercusuar berbentuk pion catur menteri. Sangat kecil, pulau ini tidak punya ukuran sampai satu kilometer persegi dan dinobatkan sebagai pulau terkecil di dunia yang berpenduduk. Baru pada 1991, mercusuar di pulau tersebut bisa dijalankan secara otomatis tanpa orang dan akhirnya ditinggalkan penjaganya.

Baca Juga: Bikin Merinding dan Penasaran, 10 Potret Unik Pulau Ular di Brasil

4. Isla Mujeres

7 Pulau Terkecil di Dunia yang Bersejarah, Bisa Dimasuki isla mujeres (zubludiving.com)

Jika diartikan, Isla Mujeres memiliki makna pulau perempuan. Itu karena pulau ini sering dijadikan tempat berpesta yang banyak dikunjungi oleh wisatawan perempuan.

Begitu kecilnya pulau ini, yaitu 4,22 kilometer persegi, kendaraan macam mobil tidak diperlukan untuk menjelajah pulau yang memiliki pantai indah tersebut. Isla Mujeres juga dikenal punya catatan kasus kriminal yang kecil sehingga dianggap sebagai pulau yang nyaman didatangi.

5. Pulau Rubah

7 Pulau Terkecil di Dunia yang Bersejarah, Bisa Dimasuki pulau rubah Alaska (alaskacollection.com)

Pulau rubah ada yang terletak di Jepang, namun untuk urusan pulau terkecil, kita akan berbicara pulau rubah di Alaska. Pulau ini merupakan bagian dari suaka margasatwa di sana dan sempat menjadi titik pemancingan terbaik di Amerika.

Terdapat beberapa gunung berapi aktif di sana, yaitu gunung Makushin dan Okmok Caldera. Di lautnya, ada kabar kamu bisa melihat paus bungkuk serta paus pembunuh.

6. Pulau Simping

7 Pulau Terkecil di Dunia yang Bersejarah, Bisa Dimasuki pulau Simping (steemit.com)

Dimiliki negara kita, Indonesia, pulau ini ada di Kalimantan Barat dan sempat bernama Pulau Kelapa Dua. Luasnya hanya 2 meter persegi saja dan di sana hanya terdapat batu, pasir, dan pohon saja.

Lantas apa yang membuatnya menarik? Pulau tersebut banyak digunakan oleh penduduk setempat untuk berdoa. Itu bisa dilihat mengapa pulau kecil tak berpenghuni tersebut dibuatkan jembatan agar bisa didatangi.

7. Pulau Dangar

7 Pulau Terkecil di Dunia yang Bersejarah, Bisa Dimasuki pulau Dangar (domain.com.au)

Pulau kecil ini milik Australia dan hanya sekitar 250 orang saja yang tinggal di sana. Hampir seluruh area pulau ini ditumbuhi pepohonan, menjadikan pulau tersebut disebut sebagai pulau hutan yang areanya hanya 0,29 kilometer persegi. Lebih lama dari yang kamu kira, pulau Dangar sudah dihuni sejak akhir abad ke-19 dan penghuni pertamanya merupakan pekerja yang membangun jembatan sungai Hawkesbury.

Percayalah, masih banyak pulau kecil lainnya yang belum terjamah dan belum banyak diketahui ceritanya. Bisa jadi di kemudian hari, pulau-pulau itu akan dikenali dan mungkin bisa dikunjungi.

Baca Juga: 6 Fakta Seputar Greenland, Pulau Terbesar di Bumi yang Gak Hijau

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya