Comscore Tracker

Demi Berburu dan Bertahan Hidup, Ini 10 Senjata Unik dari Para Hewan

Senjatanya tidak kalah canggih dengan milik kita

Manusia membuat dan memiliki senjata demi melindungi dirinya sendiri dan guna berburu. Menariknya, sering kali kita berpikiran jika hanya manusia saja yang memiliki senjata.

Padahal tidak demikian. Hewan di alam pun, mereka juga memilikinya dan malahan menggunakannya dengan cara yang sangat unik dan berbeda dari yang kita pikirkan. Berikut ini adalah senjata-senjata yang dimiliki hewan-hewan di alam.

1. Jala

Demi Berburu dan Bertahan Hidup, Ini 10 Senjata Unik dari Para Hewanreddit.com

Kamu pasti tidak mengetahui kalau hewan ada yang memiliki jala, bukan? Para paus berukuran besar rata-rata memiliki senjata ini.

Paus bungkuk salah satu contohnya. Ketika berburu secara berkelompok, ia akan mengitari kumpulan ikan, lalu menghisapnya dan menangkapnya lewat jala di mulutnya.

2. Lem

Demi Berburu dan Bertahan Hidup, Ini 10 Senjata Unik dari Para Hewanflickr.com

Laba-laba selalu terkenal akan kemampuan jaringnya yang sangat kuat guna menangkap mangsa. Namun tidak untuk satu spesies laba-laba ini.

Bernama laba-laba meludah, ia menangkap mangsanya dengan melemparkan lem dari mulutnya. Lem ini memiliki kandungan yang serupa dengan jaring laba-laba sehingga mereka yang terkena akan susah meloloskan diri.

3. Asam

Demi Berburu dan Bertahan Hidup, Ini 10 Senjata Unik dari Para Hewanid.pinterest.com

Walaupun bernama kalajengking cambuk, bukan berarti ia memiliki cambuk. Malahan ketimbang menggunakan cambuk, ia menggunakan untuk mempertahankan dirinya dari pemangsa. Dengan cara mencambukkan ekornya, cairan asam akan keluar di kelenjar analnya dan membuat pemangsa mundur sementara.

4. Bom

Demi Berburu dan Bertahan Hidup, Ini 10 Senjata Unik dari Para Hewannationalgeographic.co.uk

Semut malaysia adalah teroris sejati yang dilatih oleh alam. Ukurannya yang kecil bukan berarti menandakan dirinya tidak berbahaya.

Malah semut ini merupakan ekstremis gila yang berani mengorbankan nyawa demi kelompoknya. Ketika mendapat serangan, mereka akan mengontraksi ototnya untuk mengumpulkan racun dan saat sudah terkumpul, mereka akan meledak, melepaskan racun ke mana-mana.

5. Semprotan

Demi Berburu dan Bertahan Hidup, Ini 10 Senjata Unik dari Para Hewanblog.bestbullysticks.com

Di luar sana, sigung sering ditakuti oleh orang-orang. Penggambarannya kurang lebih seperti yang ditunjukkan pada kartun-kartun: mengeluarkan bau yang menyengat.

Faktanya bau yang menyengat ini baru muncul ketika sigung mengeluarkan semprotan berbahayanya. Semprotannya mampu mencapai jarak tiga meter dan hanya bisa dikeluarkan lima sampai enam kali sebelum terisi ulang.

Baca Juga: 9 Hewan Liar Ini Gagal Dijadikan Hewan Jinak atau Didomestikasi

6. Peluru

Demi Berburu dan Bertahan Hidup, Ini 10 Senjata Unik dari Para Hewanaquariumfishblog.com

Bukan tanpa alasan ikan pemanah dinamakan seperti itu. Ia adalah hewan yang memiliki tingkat akurasi tinggi yang mampu melumpuhkan mangsanya yang berada di alam lain: di darat atau bahkan di tumbuhan.

Ikan ini akan naik hingga batas permukaan air, lalu mengukur jarak mangsanya dan menembakkan peluru air super cepat. Kemampuannya ini dikatakan mampu membunuh belalang dalam sekali tembakan, seekor penembak jitu dalam air.

7. Darah

Demi Berburu dan Bertahan Hidup, Ini 10 Senjata Unik dari Para Hewanfunnyjunk.com

Darah memang bukan senjata, tetapi ia bisa digunakan sebagai senjata. Yang bisa menggunakan ini adalah kadal bertanduk.

Ketika dirinya merasa terancam oleh pemangsa dan tidak bisa melarikan diri, kadal bertanduk akan menyemprotkan darahnya lewat mata yang ditujukan kepada mata predator. Memang darahnya tidak beracun, tetapi itu membuat bingung pemangsa.

8. Cairan panas

Demi Berburu dan Bertahan Hidup, Ini 10 Senjata Unik dari Para Hewannewatlas.com

Kumbang bombardir bisa dibilang perwujudan prajurit militer dari alam. Dirinya memiliki pelindung tubuh super kuat. Namun yang membuatnya unik adalah ia mampu mengeluarkan cairan panas yang efektif untuk pemangsa.

Cairan tersebut bisa mencapai suhu 100 derajat Celcius. Jika itu tidak cukup, kumbang bombardir akan mengeluarkan suara seperti senapan mesin untuk menakuti pemangsanya.

9. Lendir

Demi Berburu dan Bertahan Hidup, Ini 10 Senjata Unik dari Para Hewannewatlas.com

Hagfish adalah hewan laut yang berbentuk aneh. Ketimbang menyerupai ikan, dirinya lebih seperti belut. Jika hagfish merasa stres atau mendeteksi bahaya, ia akan mengeluarkan lendir yang digunakan sebagai pelindung tubuh. Lucunya, setelah melapisi dirinya dengan lendir tersebut, hagfish harus segera bergegas menyingkirkan lendir itu karena jika tidak, lendir itu akan mencekiknya.

10. Listrik

Demi Berburu dan Bertahan Hidup, Ini 10 Senjata Unik dari Para Hewanmedium.com

Hanya ada satu makhluk dunia ini yang mampu menghasilkan listrik di dalam air tanpa tersengat sama sekali, yaitu belut listrik. Organ penghasil listriknya bernama elektrosit yang mana fungsinya serupa seperti baterai. Listriknya yang memiliki tegangan hingga 600 volt digunakan untuk melumpuhkan mangsa dan bukan tidak mungkin mangsa tersebut mati karena ini.

Mungkin kita memiliki senjata seperti ini karena terinspirasi dari mereka. Siapa yang tahu mengingat banyak pengembangan senjata dimulai lewat penelitian terhadap hewan. Menurutmu, mana senjata hewan yang paling keren?

Baca Juga: 7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan Lain

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya