Comscore Tracker

10 Tumbuhan yang Bisa Membunuh Orang, Hati-hati Menanganinya

Soalnya ada racunnya, bro!

Ada kata-kata bijak kalau sesuatu yang cantik selalu menyimpan sesuatu yang berbahaya. Seperti layaknya mawar yang menyembunyikan durinya. Sebenarnya tak hanya mawar yang seperti itu, tetapi ada banyak tumbuhan lain juga.

Lebih parah lagi, tumbuhan-tumbuhan tersebut tak hanya bisa melukai, tetapi juga membunuh. Mengapa bisa demikian? Karena mereka beracun. Berikut ini adalah beberapa tumbuhan beracun berbahaya yang perlu kamu waspadai.

1. Hemlock air

10 Tumbuhan yang Bisa Membunuh Orang, Hati-hati Menanganinyawagwalking.com

Masuk dalam famili Apiaceae yang serupa dengan wortel, kenyataannya bunga ini sangat beracun. Racunnya bernama cicutoxin dan terletak di akar yang mana akan membuat fungsi otakmu rusak. Gejalanya kamu berkeringat, ginjal tidak berfungsi, lalu barulah kematian.

2. Gympie Gympie

10 Tumbuhan yang Bisa Membunuh Orang, Hati-hati Menanganinyaflickr.com

Australia punya dan tumbuhan ini bisa memberikan reaksi alergi macam bersin-bersin dan mata berair. Namun setelah dua hari kemudian, kamu akan merasakan rasa panas yang asam sekaligus sensasi tersetrum. Rasa ini bisa bertahan bulanan hingga tahunan.

3. Monkshood

10 Tumbuhan yang Bisa Membunuh Orang, Hati-hati Menanganinyaflickr.com

Nama latin bunga ini adalah Aconitum napellus. Racun monkshood berfungsi jika tubuh mencerna tumbuhan ini.

Yang bakal kamu rasakan adalah mual-mual dan muntah-muntah, lalu berlanjut kepada otot dan wajah keram. Semua itu dikarenakan jantung yang terganggu.

4. Bunga trompet malaikat

10 Tumbuhan yang Bisa Membunuh Orang, Hati-hati Menanganinyaworldoffloweringplants.com

Bunga trompet sudah terkenal berbahaya, apalagi yang ini. Hampir seluruh bagian bunga trompet malaikat beracun semua: akar, daun, bunga. Terkena racunnya akan membuatmu berhalusinasi yang tidak-tidak dan bisa berakhir koma.

5. Belladonna

10 Tumbuhan yang Bisa Membunuh Orang, Hati-hati Menanganinyawoodlandtrust.org.uk

Atropa Belladonna, tanaman yang sudah dikenal membunuh sejak berabad-abad lalu. Tanaman ini sering digunakan untuk meracuni lawan, bahkan di kala peradaban Romawi kuno. Nazi juga menggunakan tanaman ini untuk racun saat Perang Dunia II.

6. Pohon bunuh diri

10 Tumbuhan yang Bisa Membunuh Orang, Hati-hati Menanganinyawashingtonpost.com

Nama latinnya adalah Cerbera odollam dan merupakan tanaman khas India. Pohon ini sendiri mengandung Cerberin.

Dalam deskripsinya, cerberin mampu melambatkan jantung dan dalam waktu beberapa jam akan membuat penderitanya mati. Tanaman ini sering digunakan untuk bunuh diri di sana, maka dari itu sebutannya adalah pohon bunuh diri.

7. Mata boneka

10 Tumbuhan yang Bisa Membunuh Orang, Hati-hati Menanganinyamnn.com

Tanaman ini sering muncul di Amerika dan Eropa. Kamu bisa paham mengapa tanaman ini dijuluki mata boneka. Terlepas dari penampilannya yang aneh, tanaman ini memiliki racun yang membuatmu bisa merasakan sakit di tenggorokan, halusinasi, susah bernapas hingga kematian.

8. Hogweed raksasa

10 Tumbuhan yang Bisa Membunuh Orang, Hati-hati Menanganinyamirror.co.uk

Tanaman ini berukuran sangat besar dan asal aslinya adalah Asia. Yang berbahaya dari tanaman ini adalah getahnya. Terkena darah tanaman itu akan membuatmu merasakan sensasi terbakar hingga kebutaan.

9. Ricinus

10 Tumbuhan yang Bisa Membunuh Orang, Hati-hati Menanganinyaamazon.com

Inilah tanaman yang menghasil ricin, salah satu racun paling berbahaya di dunia. Ricinus sangat berbahaya. Empat hingga delapan bijinya bisa membunuhmu dalam beberapa hari. Tentu saja itu bukan kematian seketika. Ada proses yang harus kamu lalui terlebih dahulu dan itu sangat menyiksa.

10. Snakeroot putih

10 Tumbuhan yang Bisa Membunuh Orang, Hati-hati Menanganinyaflickr.com

Tanaman ini punya racun bernama tremetol. Yang mengerikan dari sisi ini adalah ia dapat diturunkan kepada ternak. Anggaplah saja ternak memakan tumbuhan ini, maka daging dan susunya bisa menjadi beracun. 

Mungkin benar juga kata-kata bijak, "Yang cantik itu selalu menakutkan." Kalau kalian bertemu tanaman-tanaman ini, hindari saja dan jangan mencoba yang aneh-aneh.

Lantaran kalian tidak percaya dengan tulisan, lalu mencoba memakannya. Jika sudah seperti itu, bukan tanggung jawab tulisan ini lho, kalau kamu kenapa-kenapa.

Baca Juga: Hemat Ruang, 7 Tanaman Ini Bisa Tumbuh dengan Metode Aeroponik

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya