Contoh Glenn Fredly, Ini 7 Manfaat Suka Membaca Buku untuk Tubuh

Bukan cuma bermanfaat secara mental, tapi juga fisik

Di Indonesia, masih tidak begitu banyak orang yang senang membaca buku. Kegiatan tersebut sering dinilai membosankan dan hanya membuang-buang waktu saja. Faktanya, ada banyak manfaat yang diperoleh otakmu karena kegiatan membosankan ini dan itu semua didukung fakta ilmiah.

Bahkan musisi sibuk dan terkenal sekelas Glenn Fredly saja masih menyisakan waktu untuk membaca buku-buku dari penulis favoritnya, macam Sapardi Djoko Damono hingga Pramoedya Ananta Toer. Berikut ini adalah manfaat-manfaat baca buku bagi tubuhmu.

1. Meningkatkan kualitas otak di bagian bahasa

Contoh Glenn Fredly, Ini 7 Manfaat Suka Membaca Buku untuk Tubuhthoughtco.com

Peneliti di Emory University menemukan fakta unik antara keterkaitan otak secara biologis dengan aktivitas membaca buku. Hasil penelitian yang dituliskan dalam bentuk jurnal di 2013 tersebut menyebutkan mereka yang suka membaca novel mengaktifkan jaringan-jaringan di otak untuk menjadi responsif. Itu karena novel dinilai sebagai objek rumit dari komunikasi karena berisikan cerita.

2. Membuat tubuhmu merasakan langsung pengalaman yang tak pernah kamu rasakan

Contoh Glenn Fredly, Ini 7 Manfaat Suka Membaca Buku untuk Tubuhmybubbleteatime.com

Ada fenomena bernama grounded cognition atau kesadaran seimbang. Teori ini mengatakan jika apa yang kita imajinasikan sebenarnya sangat nyata di tubuh kita.

Sebagai contoh ketika kamu membaca Harry Potter di bagian dia berlari, neuron yang dekat dengan aktivitas berlari akan teraktifkan. Secara biologi, itu berarti tubuhmu sebenarnya benar-benar sedang berlari.

3. Jaringan otakmu kembali tersambung

Contoh Glenn Fredly, Ini 7 Manfaat Suka Membaca Buku untuk Tubuhbiomebuzz.com

Jurnal Neuron yang dipublikasikan pada 2009 membuktikan jika membaca mampu menyambungkan kembali jaringan-jaringan otak pembawa sinyal tubuh. Fenomena ini tampak percobaan terhadap anak-anak delapan hingga 10 tahun yang disuruh membaca. Hasil dari tersambungnya jaringan tersebut membuat anak-anak tersebut lebih pintar berkomunikasi.