Comscore Tracker

Midnight Sun, 7 Kota yang Mataharinya Tak Pernah Terbenam

Fenomena langit ini terjadi saat musim panas

Susah membayangkan adanya tempat di dunia ini yang tidak ada malam hari, yang mataharinya terus bersinar, dan siang harinya tidak kunjung selesai. Kenyataannya memang ada tempat seperti itu. Tidak terjadi setiap hari, namun tetap saja momen tersebut istimewa.

Bernama midnight sun, ini adalah fenomena munculnya matahari saat di malam hari. National Geographic memberi penjelasan fenomena ini terjadi di belahan bumi utara dan diakibatkan perubahan kemiringan sumbu bumi saat memasuki periode waktu tertentu. Periode itu umumnya terjadi antara April hingga September, saat belahan bumi utara mengarah ke matahari dan situasi itu menghasilkan hari yang lebih panjang dan cuaca lebih hangat.

Selain tidak terjadi setiap saat, midnight sun juga tidak terjadi di semua tempat. Hanya area-area yang berada di belahan bumi utara yang mendapatkan kesempatan melihat matahari yang terbit selama 24 jam tersebut. Berikut ini adalah tempat-tempat kamu bisa menyaksikan midnight sun itu.

1. Reykjavik

Midnight Sun, 7 Kota yang Mataharinya Tak Pernah Terbenamilustrasi suasana midnight sun di Reykjavik (heyiceland.is)

Kota ini terletak di Islandia dan di sana terdapat pula Thingvellir National Park, situs warisan dunia UNESCO, tempat kamu bisa melihat kabut bisa berwarna keemasan gara-gara sinar matahari. Di saat musim dingin kamu bisa melihat aurora, namun waktu terbaik kamu bisa menyaksikan midnight sun terjadi pada 16—29 Juli.

2. Fairbanks

Midnight Sun, 7 Kota yang Mataharinya Tak Pernah Terbenamilustrasi midnight sun di Fairbanks (explorefairbanks.com)

Untuk area Alaska, Fairbanks dikatakan sebagai tempat terbaik menyaksikan midnight sun. Alasannya adalah di sana terdapat Festival Midnight Sun yang membuatmu bisa menikmati fenomena langit itu secara istimewa. Festival di Fairbanks terjadi pada pertengahan akhir Juni, tetapi malam hari sudah mulai terasa sebentar sejak Mei hingga Juli.

3. Abisko

Midnight Sun, 7 Kota yang Mataharinya Tak Pernah Terbenamilustrasi midnight sun di Abisko (youtube.com/Sebastian Brännvall)

Selain destinasi melihat midnight sun, Abisko juga menjadi rumah Aurora Sky Station, tempat terbaik melihat aurora di Swedia. Midnight sun baru dirasakan orang-orang di sana saat masuk musim panas mengingat Abisko hanya berjarak 250 km dari lingkaran Arktik, titik paling utara di muka bumi ini.

Baca Juga: 5 Fakta Rasi Hercules, Konstelasi Terbesar Kelima di Langit Malam

4. Longyearbyen

https://www.youtube.com/embed/Gu3bTkyxtaM

Di sini, midnight sun bisa berlangsung hingga empat bulan lamanya. Situs nordnorge.com menuliskan umumnya midnight sun di Longyearbyen pada 19 April sampai dengan 24 Agustus. Kota di Norwegia itu juga menjadi habitat dari lima spesies paus besar, yaitu paus biru (Balaenoptera musculus), paus Humpback (Megaptera novaeangliae), paus sirip (Balaenoptera physalus), paus putih (Delphinapterus leucas), dan paus minke (Balaenoptera acutorostrata atau Balaenoptera bonaerensis)

5. Whitehorse

https://www.youtube.com/embed/8Lh8fTHw0zI

Ada beragam cara kamu bisa menikmati midnight sun di sini. Mulai dari bersepeda sampai mendayung.

Tidak mengagetkan, mengingat kota Kanada itu punya alam liar yang terbentang besar sampai-sampai terdapat situs warisan dunia UNESCO, yaitu Kluane National Park. Beragam spesies satwa dan flora terdapat di sana.

6. Helsinki

Midnight Sun, 7 Kota yang Mataharinya Tak Pernah Terbenamilustrasi midnight sun di helsinki (afar.com)

Malam hari bisa berlangsung hanya lima jam saja di Finlandia saat memasuki Mei. Menariknya, itu akan menjadi momen terbaik dalam menjelajah mengingat Helsinki punya kondisi alam yang luar biasa besar dan terawat. Situs finlandnaturally.com menyebut kamu bisa menemui suasana alam seketika kamu keluar dari rumah dan berjalan kurang lebih 10 menit.

7. Kepulauan Faroe

Midnight Sun, 7 Kota yang Mataharinya Tak Pernah Terbenamilustrasi midnight sun di kepulauan Faroe (id.pinterest.com)

Kepulauan Faroe yang menjadi bagian dari Denmark dan menjadi tempat melihat midnight sun ini merupakan tempat yang terisolasi. Jaraknya 320 km dari Skotlandia dan punya luas wilayah 1.400 km persegi.

Saat memasuki midnight sun, kepulauan Faroe hampir tak pernah menjadi gelap. Segelap-gelapnya, suasana di sana masih terasa seperti sore hari. Banyak yang mengatakan cahaya kala midnight sun di Kepulauan Faroe merupakan cahaya yang paling ditunggu-tunggu oleh para fotografer karena sangat indah.

Fakta menarik: tempat-tempat yang mendapatkan midnight sun ternyata juga sering digunakan sebagai tempat berburu aurora. Itu dikarenakan aurora hanya bisa ditemukan di area kutub utara dan kutub selatan bumi. Mengingat midnight sun terjadi di belahan bumi utara, tidak mengagetkan bila saat musim dingin penduduk di sana bisa melihat aurora. 

Baca Juga: Mudah Dicari, 5 Bintang Merah dan Putih Paling Terang di Langit Malam

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya