Comscore Tracker

7 Mitos Populer Mesir Kuno, Peradaban Manusia yang Lenyap oleh Zaman

Menurutmu benarkah ada kutukan Pharaoh tersebut?

Mesir kuno dikatakan sebagai peradaban penting manusia yang sayangnya hilang. Banyak pertanyaan menyelimuti peradaban tersebut mengingat banyaknya relik dan bangunan yang tidak diketahui cara pembuatannya. Malahan pertanyaan-pertanyaan besar itu tadi sering membuahkan hipotesis menarik, seperti adanya kemungkinan kehidupan Mesir kuno jauh lebih modern daripada kehidupan sekarang.

Begitu banyaknya misteri yang ada hingga Mesir kuno memunculkan berbagai mitos. Beberapa mitos benar, tetapi beberapa mitos dipertanyakan kebenarannya. Berikut ini adalah sejumlah mitos yang terkenal dari peradaban zaman dahulu tersebut.

1. Cleopatra sangat cantik

7 Mitos Populer Mesir Kuno, Peradaban Manusia yang Lenyap oleh Zamantalesoftimesforgotten.com

Pemimpin Mesir terakhir, ratu Cleopatra, selalu dibicarakan sebagai sosok yang anggun dan sangat cantik. Namun sayangnya tidak ada yang tahu secara pasti parasnya seperti apa.

Satu-satunya yang bisa menggambarkannya adalah koin dari Roma kuno: hidung besar, dagu menonjol dan bibir yang tipis. Bisa jadi Cleopatra memang cantik, namun itu di zamannya.

2. Terobsesi dengan kematian

7 Mitos Populer Mesir Kuno, Peradaban Manusia yang Lenyap oleh Zamanbritannica.com

Ada banyak mumi yang ditemukan dalam piramida dan sedikit banyak hal ini memberikan kesan jika orang Mesir kuno sangat terobsesi dengan bahasan kematian. Bagaimana jika itu sebaliknya?

Mengingat di dalam makam itu terdapat banyak sekali ilustrasi yang bergambar kisah perburuan, bercocok tanam hingga memancing. Bukankah itu artinya orang-orang Mesir kuno mencoba memuliakan kehidupan yang penuh dengan aktivitas?

3. Berkomunikasi dengan alien

7 Mitos Populer Mesir Kuno, Peradaban Manusia yang Lenyap oleh Zamanaeon.co

Mitos ini dipertanyakan dan diperdebatkan oleh banyak orang. Banyak yang mempercayai orang Mesir kuno berhubungan dengan alien lantaran adanya relik-relik yang mengilustrasikan sosok tidak umum di luar penggambaran manusia serta desain bangunan yang aneh.

Namun di sisi lain, beberapa berpendapat relik itu muncul dikarenakan begitu banyaknya orang pintar di zaman itu, macam astronom, sarjana dan arsitek yang hebat. Silakan ditentukan sendiri mau mendukung teori yang mana.

Baca Juga: Cleopatra Philopator: Ratu Kerajaan Mesir Kuno yang Melegenda

4. Gambar-gambar orang Mesir kuno hanyalah sekedar gambar

7 Mitos Populer Mesir Kuno, Peradaban Manusia yang Lenyap oleh Zamanmatadornetwork.com

Dinamakan hieroglyphs, beberapa orang mempertanyakan gambar-gambar orang Mesir kuno yang terpampang di dinding bangunannya serta dipahat di relik-reliknya. Setidaknya butuh waktu yang sangat lama sampai para peneliti bisa memahami jika apa yang dipahat itu lebih dari sekadar gambar, melainkan sebenarnya adalah tulisan yang bisa dibaca.

5. Semua Pharaoh itu jahat

7 Mitos Populer Mesir Kuno, Peradaban Manusia yang Lenyap oleh Zamanmedium.com

Pharaoh adalah julukan para pemimpin di peradaban Mesir kuno. Banyak cerita yang berkutat jika sosok Pharaoh selalu digambarkan bengis dan brutal. Ini dikarenakan adanya kisah Pharaoh yang meninggal dan meminta pelayannya untuk dikubur hidup bersamanya.

Akan tetapi, terdapat penemuan jika tidak semua Pharaoh seperti itu. Beberapa Pharaoh memilih untuk dikuburkan dengan shabtis atau patung kecil dan diduga karena mereka menghargai nyawa para pelayannya.

6. Piramida dibangun oleh kekuatan budak

7 Mitos Populer Mesir Kuno, Peradaban Manusia yang Lenyap oleh Zamanclipart-library.com

Ada bukti lain yang menunjukkan jika piramida dibangun dengan bantuan tenaga hewan, bukan tenaga manusia. Di area piramida Giza, ditemukan banyak sekali tulang belulang kerbau yang diyakini digunakan untuk menarik batu-batu. Lalu untuk masalah budak, bagaimana jika mereka sebenarnya adalah para kuli bangunan seperti yang ada di zaman kita?

7. Kutukan Pharaoh

7 Mitos Populer Mesir Kuno, Peradaban Manusia yang Lenyap oleh Zamangeographical.co.uk

Ini adalah mitos yang muncul sesudah adanya kejadian para penggali meninggal setelah berhasil menemukan makam Pharaoh Tutankhamun. Para peneliti menilai kematian itu terjadi bukan karena kutukan, melainkan karena adanya kehadiran jamur dan gas yang berbahaya. Faktanya pula jumlah yang meninggal setelah penggalian makam Pharaoh Tutankhamun itu hanya berjumlah delapan dari 58 orang.

Sebenarnya sekalipun sudah ada bukti-bukti ilmiah terkait mitos-mitos tersebut, tetap saja tidak mudah menghilangkan kepercayaan akan hal itu. Mengingat masih ada pula hal misterius yang tidak bisa dijelaskan, bisa jadi mitos yang beredar memang ada benarnya.

Baca Juga: Tak Asing Lagi, 9 Mitos Tentang Mesir Kuno Ini Sering Kita Dengar

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya