Comscore Tracker

10 Operasi Bedah Ini Dianggap Kontroversial di Dunia, Termasuk Sunat

Bagi orang luar negeri, ternyata penyunatan menjadi isu

Operasi adalah kegiatan medis yang dilakukan para dokter dengan memanipulasi organ manusia agar sang pasien menjadi sehat atau sembuh penyakit. Bagi mereka yang tidak biasa, melihat suatu operasi bisa sangat berat dan membebani mental. Tidak salah beberapa orang menyebut teknik operasi hanya bisa dilakukan mereka yang terpilih.

10 Operasi Bedah Ini Dianggap Kontroversial di Dunia, Termasuk Sunatgiphy.com

Tidak semua operasi berjalan lancar dan menyembuhkan pasiennya. Beberapa praktik operasi malahan berujung kematian atau memberikan efek samping yang cukup negatif.

Maka dari itu, pelaksanaan operasi harus mendapatkan persetujuan dari pihak bersangkutan. Berikut ini adalah beberapa teknik operasi yang terbilang kontroversial mengingat adanya efek samping dan tidak disetujui semua orang.

1. Hemispherectomy

10 Operasi Bedah Ini Dianggap Kontroversial di Dunia, Termasuk Sunatwebmd.com

Ini adalah praktik kedokteran yang mana setengah otakmu diangkat atau dilumpuhkan. Praktik ini pertama kali dilakukan pada 1923 dan membuat pasiennya lumpuh setengah atau sepenuhnya di sisi tubuh sesuai dengan otak yang dihilangkan.

2. Hemicorporectomy

10 Operasi Bedah Ini Dianggap Kontroversial di Dunia, Termasuk Sunatnationalgeographic.com

Dikenal juga sebagai amputasi translumbar. Operasi ini akan menghilangkan tubuh bagian bawahmu mulai dari pinggang. Operasi ini hanya dilakukan sebagai tindakan terakhir jika pasien hanya punya cara ini agar selamat.

3. Bilateral Cingulotomy

10 Operasi Bedah Ini Dianggap Kontroversial di Dunia, Termasuk Sunatajnr.org

Operasi ini dilakukan untuk menangani kasus kanker sekaligus beberapa kali digunakan untuk operasi gangguan mental. Operasi ini melumpuhkan bagian otak bernama cingulate gyrus.

4. Endoscopic Thoracic Sympathectomy

10 Operasi Bedah Ini Dianggap Kontroversial di Dunia, Termasuk Sunatsweatbegone.com

Secara mudahnya ini adalah operasi terhadap kelenjar untuk kasus hiperhidrosis. Ada efek samping dari operasi ini, yaitu seseorang tidak bisa lagi tersipu atau tampak memerah sehingga tampak pucat. Karena biasanya hanya berimbas pada satu sisi saja, maka dari itu operasi ETS sering kali dilakukan pada dua sisi tubuh.

5. Vaginectomy

10 Operasi Bedah Ini Dianggap Kontroversial di Dunia, Termasuk Sunatoncolink.org

Sesuai namanya, ini adalah operasi pada bagian vagina perempuan. Sebagian alat kelamin itu akan diangkat dan umumnya dilakukan untuk menangani kanker. Dalam kasus konstruksi ulang alat seksual, dokter bedah akan menggunakan bagian tubuh pasien untuk merekonstruksi vagina.

Baca Juga: Dari Penemu Virus Hingga Vaksin, 7 Ilmuwan di Bidang Kesehatan

6. Lobotomy

10 Operasi Bedah Ini Dianggap Kontroversial di Dunia, Termasuk Sunatwondersandmarvels.com

Operasi ini terbilang kontroversial. Dengan mengebor tengkorak, dokter bedah akan merusak bagian frontal lobes. Di masa lalu, praktik ini dilakukan untuk menangani schizophrenia namun hasilnya menyebabkan sang pasien memiliki perubahan personal atau mengalami keterbelakangan mental.

7. Penectomy

10 Operasi Bedah Ini Dianggap Kontroversial di Dunia, Termasuk SunatYoutube.com/Doç.Dr.Abdulmuttalip Şimşek

Penectomy adalah operasi yang menghilangkan secara penuh atau sebagian penis. Operasi ini biasa dilakukan untuk menangani kanker atau berganti kelamin. Ini menjadi perbincangan di seputar dokter mengingat operasi ini bisa berhubungan dengan gangguan body dysmorphic.

8. Sunat

10 Operasi Bedah Ini Dianggap Kontroversial di Dunia, Termasuk Sunatkinbox.com

Bagi orang luar sana, sunat merupakan suatu operasi yang tidak biasa. Hal kontroversi yang menjadi pembicaraan adalah kasus anak-anak yang menolak disunat, namun tetap dilakukan. Dikatakan bagi beberapa pria dewasa, mereka mengalami gangguan psikologi akibat sunat.

9. Restorasi kulit luar

10 Operasi Bedah Ini Dianggap Kontroversial di Dunia, Termasuk Sunatrebelcircus.com

Berkebalikan dengan sunat, operasi ini mencoba mengembalikan kulit luar alat kelamin. Operasi ini sempat ramai dilakukan ketika zaman Perang Dunia II. Tradisi orang Yahudi yang disunat digunakan Nazi untuk mencari tahu siapa yang Yahudi dan untuk menghindari hal tersebut, banyak orang Yahudi melakukan operasi ini.

10. Operasi Lindbergh

10 Operasi Bedah Ini Dianggap Kontroversial di Dunia, Termasuk Sunatbritannica.com

Operasi ini kontroversial karena ini adalah operasi pertama yang sepenuhnya dilakukan oleh robot. Operasi Lindbergh dilakukan di Paris dan dikontrol oleh dokter di New York. Penanganan medis ini berhasil dilakukan pada 7 September 2011.

Bagaimana? Menurutmu sendiri sudah cukup mengerikankah operasi-operasi di daftar ini? Ataukah kamu mengetahui ada operasi bedah yang lebih mengerikan? Sekarang kamu sudah mengetahui salah satu bagian dunia kedokteran. Sekiranya apakah kamu masih ingin menjadi dokter?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Hippocrates, Dokter Pemisah Ilmu Medis dari Takhayul 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya