8 Skenario Rasional Ini Dipercaya akan Menjadi Penyebab Dunia "Kiamat"

Beberapa prosesnya sudah tampak dari kehidupan sekarang

“Hari kiamat sudah dekat” adalah sebuah pernyataan yang sering diucapkan oleh orang-orang pembuat sekte di era modern ini (meskipun sudah terjadi sejak lama, tapi makin terekspos di era digital). Tidak hanya satu sekte saja yang mengucapkan hal seperti itu, tetapi ada banyak. Namun sedekat-dekatnya hari kiamat, hingga sekarang belum terjadi juga sesuai ramalan-ramalan tanggal yang ada dari sekte-sekte tersebut.

Terlepas dari hal tersebut, sebenarnya bukan hanya para pengikut sekte saja yang mempercayai hari kiamat "yang terantisipasi" akan tiba, tetapi juga para peneliti ilmiah. Perbedaannya mereka didasari oleh logika yang rasional berdasarkan data di masa lalu dan sekarang.

Dari sana dibuatlah teori skenario fenomena terburuk yang bakal mempengaruhi kehidupan umat manusia. Berikut ini adalah beberapa skenario yang dibuat para peneliti yang sekiranya akan menjadi penyebab kemusnahan dunia.

1. Kejatuhan meteor

8 Skenario Rasional Ini Dipercaya akan Menjadi Penyebab Dunia Kiamatdailymail.co.uk

Salah satu teori tentang kepunahan dinosaurus adalah skenario ini dan menurut peneliti, hal itu bisa saja terulang kembali. Setidaknya data dari NASA menunjukkan adanya 1.400 asteroid besar yang mengorbit di dekat bumi, tetapi mereka melihat sejauh ini masih aman. Setidaknya sampai 100 tahun ke depan.

2. Kutub magnetik yang terbalik

8 Skenario Rasional Ini Dipercaya akan Menjadi Penyebab Dunia Kiamatnewatlas.com

Mudahnya adalah ketika utara menjadi selatan dan selatan menjadi utara. Perubahan ini, jika terjadi dalam waktu satu hari, dapat menyebabkan bumi berhenti berputar dan membuat kacau balau ekosistem hingga memunculkan berbagai bencana alam. Ada pula yang mengatakan fenomena pergantian kutub ini akan menghilangkan pelindung magnetik yang melindungi orang dari sinar kosmik.

3. Radiasi nanoteknologi

8 Skenario Rasional Ini Dipercaya akan Menjadi Penyebab Dunia Kiamatnano-magazine.com

Teori ini dicetuskan pada 1986 dan memperkirakan nanoteknologi di masa depan akan tidak terkontrol dan mengonsumsi seluruh materi di bumi. Ia akan merusak lingkungan dan membuat manusia tidak dapat hidup lagi di bumi.

4. Terkena lubang hitam

8 Skenario Rasional Ini Dipercaya akan Menjadi Penyebab Dunia Kiamatyoutube.com/Ridddle

Lubang hitam baru saja ditemukan NASA beberapa waktu belakangan ini. Namun dalam teori mengenai hari kiamat, disebutkan jika bumi akan terhisap oleh lubang hitam yang tidak lain adalah buatan manusia sendiri.

Teori ini dibantah karena membuat lubang hitam adalah suatu hal yang membutuhkan materi super banyak dan bahkan materi itu mencapai ukuran sebuah planet. Tapi bukan berarti hal ini tidak mungkin terjadi.

Baca Juga: 8 Hal Ini Akan Terjadi Saat Lebah Punah, Salah Satunya Bahkan Kiamat!

5. Ledakan gunung berapi super

8 Skenario Rasional Ini Dipercaya akan Menjadi Penyebab Dunia Kiamatwired.co.uk

Dalam sejarah dan bukti dari lokasi-lokasi di bumi ini, ledakan gunung berapi super adalah hal yang nyata. Masalah ini diyakini dapat terjadi lagi di beberapa waktu ke depan dan akan mengubah iklim secara ekstrem hingga sebagian besar manusia akan tereliminasi dalam proses adaptasinya.

6. Ancaman terhadap biodiversity global

8 Skenario Rasional Ini Dipercaya akan Menjadi Penyebab Dunia Kiamatnrdc.org

Biodiversity adalah kondisi di mana adanya varietas atau keanekaragaman organisme di bumi ini. Dengan semakin bertambah banyaknya manusia, biodiversity turut berkurang hingga memusnahkan beberapa spesies organisme. Nantinya timbulnya keseragaman organisme akan memunculkan peningkatan wabah, penyakit serta perubahan iklim.

7. Pemberontakan artificial intelligence

8 Skenario Rasional Ini Dipercaya akan Menjadi Penyebab Dunia Kiamattheverge.com

Ini adalah kasus yang terjadi pada film Terminator di mana komputer mengambil alih dunia. AI yang kuat akan terus belajar dan mengembangkan kepintaran yang tak kalah hebat dengan penciptanya tanpa diimbangi adanya perasaan. Bukan tidak mungkin AI nanti akan menghancurkan sistem listrik hingga pembangkit listrik tenaga nuklir.

8. Wabah penyakit

8 Skenario Rasional Ini Dipercaya akan Menjadi Penyebab Dunia Kiamatmedium.com

Di dalam sejarah tercatat adalah wabah hitam yang menyerang masyarakat Eropa dan menyebabkan kematian hingga sepertiga populasi di sana. Hal ini bisa terjadi kembali mengingat betapa banyaknya penyakit di zaman sekarang yang membunuh manusia dan belum ditemukan penyembuhnya.

Jika diperhatikan baik-baik, beberapa teori kiamat ini sudah mulai memasuki prosesnya di dunia ini. Sebagai contoh bagaimana lingkungan mulai rusak diakibatkan pertumbuhan penduduk manusia yang terus bertambah banyak. Tentu saja hal ini bisa dihindari dengan melakukan aksi-aksi yang baik, seperti mulai membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya.