Comscore Tracker

Hari Kereta Api, Inilah Sejarah Perkembangan Mesin Lokomotif Tersebut

Naik kereta api, tut tut tut... Siapa hendak turun~~

Kereta api adalah salah satu sarana transportasi paling berguna yang ada di zaman sekarang. Buktinya adalah Jakarta baru-baru saja ini membangun lintasan KRL yang mempermudah masyarakat ibukota tersebut untuk bepergian lebih mudah. Tentu saja kereta api yang digunakan sudah bukan lagi kereta api uap yang menggunakan sistem pembakaran batu bara, melainkan menggunakan tenaga listrik.

Perubahan sistem menjalankan kereta api ini membuktikan jika transportasi rel ini telah melewati sejarah yang panjang hingga mencapai teknologi zaman sekarang. Itu memang benar karena sebenarnya umur kereta api sendiri sudah mencapai dua abad lebih. Berikut ini sejarah singkat mesin lokomotif tersebut.

1. Sebelum kereta api, rel terlebih dahulu muncul

Hari Kereta Api, Inilah Sejarah Perkembangan Mesin Lokomotif Tersebutdkfindout.com

Jika kamu mau berbicara tentang kereta api, maka sebelumnya kamu harus berbicara dulu tentang relnya. Rel sudah ada sejak 1800an di Eropa sana. Kala itu rel dipergunakan untuk membantu melancarkan pengangkutan barang-barang berat, seperti batu bara, dengan kereta biasa.

Kereta pertama ini umumnya digerakkan dengan cara didorong atau ditarik oleh kuda. Sistemnya pun tergolong mudah karena hanya ada tuas rem saja di dalamnya.

2. Kereta itu dikembangkan menjadi bertenaga uap

Hari Kereta Api, Inilah Sejarah Perkembangan Mesin Lokomotif Tersebutpureafricaexperiences.com

Di era yang sama pula, orang-orang mencoba mengembangkan kereta manual itu menjadi lebih otomatis. Mereka pun membuatnya untuk dapat dijalankan sepenuhnya dengan pembakaran batu bara.

Salah satu kereta api uap yang pertama tercatat bernama Rocket. Kereta itu dibuat oleh Robert Stephenson, seorang insinyur asal Inggris. Pada 1829 Rocket memenangkan kontes Rainhill Trials dan menjadi kereta penarik pertama antar kota di dunia.

3. Bahan bakar batu bara perlahan-lahan diganti dengan kayu

Hari Kereta Api, Inilah Sejarah Perkembangan Mesin Lokomotif Tersebutdkfindout.com

Masuk ke pertengahan atas era 1800, kereta api perlahan-lahan mengganti bahan bakar batu baranya menjadi kayu. Alasannya sederhana: batu bara terlalu memberikan panas serta lebih mahal ketimbang kayu.

Namun ada masalah lain dengan penggunaan kayu yaitu adanya percikan bara api yang bisa menyebabkan kebakaran. Untuk mengatasi hal tersebut, dibuatlah cerobong bernama spark arrestor yang mencegah percikan api terjadi.

4. Pada era ini, kereta api mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia

Hari Kereta Api, Inilah Sejarah Perkembangan Mesin Lokomotif Tersebutold-indische.com

Ketenaran transportasi ini tersebar ke seluruh dunia dan perlahan negara-negara lain selain Eropa dan Amerika mencoba mengaplikasikan kereta api di negaranya. Indonesia adalah salah satunya.

Dalam masa penjajahan Belanda, kereta api dibangun untuk kebutuhan mengangkut material. Tepatnya pada 10 Februari 1870, kereta api yang menghubungkan Semarang dan Surakarta dibuka dan mendorong minat investor untuk membangun kereta api.

Baca Juga: 10 Pesawat Tempur Tercanggih Dunia, Salah Satunya dimiliki Indonesia

5. Jalur kereta api coba dibangun di bawah tanah

Hari Kereta Api, Inilah Sejarah Perkembangan Mesin Lokomotif Tersebutcitytransport.info

Pada akhir abad ke-19, kota-kota di Eropa semakin membesar sehingga jalanan pun makin padat. Untuk mengatasi masalah ini, London mencoba membangun kereta api yang diletakkan di bawah jalanan kota. Hal ini dirasa cukup efektif dan kota-kota besar pun mulai memberlakukan hal serupa itu di kota mereka.

6. Karena polusinya mengganggu, kereta api listrik mulai dikembangkan

Hari Kereta Api, Inilah Sejarah Perkembangan Mesin Lokomotif Tersebutgmispace.com

Membuat jalur bawah tanah memberikan masalah baru bagi dunia perkeretaapian. Asap pembakaran kereta menyebar di jalanan dan sangat mengganggu masyarakat. Maka dari itu terciptalah kereta api listrik yang lebih bersih, tenang, dan cepat.

7. Kereta api mesin datang bersamaan dengan kereta api listrik

Hari Kereta Api, Inilah Sejarah Perkembangan Mesin Lokomotif Tersebutrailbusinessdaily.com

Bersamaan dengan kehadiran kereta api listrik, hadir pula kereta api mesin. Kereta api mesin ini berguna untuk mengatasi permasalahan kereta api listrik, yaitu biaya yang terlalu mahal. Jika kereta api listrik diletakkan di tengah perkotaan, maka kereta api mesin digunakan pada jalur-jalur yang lebih sepi orang.

8. Persaingan industri kereta api menciptakan kereta api super cepat

Hari Kereta Api, Inilah Sejarah Perkembangan Mesin Lokomotif Tersebutacprail.com

Dengan banyaknya perusahaan yang masuk dalam industri kereta api, persaingan pun semakin ketat. Perusahaan-perusahaan makin berlomba menciptakan kereta api tercepat di dunia. Pada 1964, Jepang pun menciptakan shinkansen, kereta api peluru, yang meraih rekor sebagai kereta api tercepat yang konsisten. Hingga sekarang, shinkansen dianggap sebagai kereta publik tercepat yang pernah ada.

Beberapa kereta kuno masih bisa dinikmati saat ini. Seperti di Jepang, ada wisata khusus yang memang menggunakan kereta uap untuk memberikan kesan nostalgia di dalamnya. Asyik banget sih. Kira-kira di Indonesia kapan ada wisata kereta lama ya?

Baca Juga: 5 Alasan Naik Kereta Api Lebih Baik daripada Pesawat, Kamu Suka Mana?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya