Comscore Tracker

Lestarikan Budaya, 10 Seragam Militer Paling Unik di Dunia

Seragam itu jadi simbol dan pengingat akan tradisi

Seragam prajurit menjadi salah satu bagian identitas suatu bangsa. Kamu bisa mengenali datang dari negara manakah seorang prajurit itu hanya melalui seragamnya.

Sebagian besar di zaman sekarang seragam militer negara punya corak yang sama: berwarna hijau gelap dengan belang hitam. Namun, beberapa di antaranya masih ada yang mempertahankan warna dan desain yang unik. Berikut ini beberapa seragam prajurit yang unik dari seluruh dunia.

1. Vatican

Lestarikan Budaya, 10 Seragam Militer Paling Unik di Duniatelegraph.co.uk

Seragam prajurit di tempat ini bisa terbilang punya warna yang mencolok dan desain yang unik. Dengan warna oranye dan biru serta diberikan zirah, prajurit Vatikan terasa seperti berada di abad pertengahan.

2. Skotlandia

Lestarikan Budaya, 10 Seragam Militer Paling Unik di Duniamsn.com

Kamu tahu kan kalau pakaian tradisional Skotlandia mengenakkan semacam rok untuk prianya? Hal itu diterapkan kepada seragam militernya. Warna perlambangan negaranya, hijau, juga menjadi warna dasar dari seragam mereka.

3. Iran

Lestarikan Budaya, 10 Seragam Militer Paling Unik di Duniatheguardian.com

Pada umumnya warna seragam prajurit militer selalu diwarnai dengan hijau gelap untuk bisa berkamuflase. Namun di Iran, warna seragamnya malah biru terang dengan dominan putih, menjadikannya sangat mencolok.

Malahan ada yang sepenuhnya putih. Namun, seragam Iran satu ini tidak digunakan untuk sehari-hari, melainkan hanya untuk waktu tertentu.

4. Nepal

Lestarikan Budaya, 10 Seragam Militer Paling Unik di Duniafestivalsofnepal.com

Seharusnya seragam Nepal ini lebih baik diterapkan di Indonesia karena warnanya sesuai dengan warna bendera kita, merah dan putih. Seragam merah putih ini hanya terlihat ketika diadakannya festival berkuda, Ghode Jatra.

5. Inggris

Lestarikan Budaya, 10 Seragam Militer Paling Unik di Dunialondonist.com

Jadi, ini adalah seragam militer untuk para prajurit yang bertugas menjaga menara London. Tapi itu dulu.

Di zaman sekarang, prajurit yang dinamakan beefeater itu sering menjadi objek wisata dan cukup menarik perhatian para pengunjung luar negeri. Seragam ini termasuk yang punya topi besar itu.

Baca Juga: 9 Inovasi Militer Canggih dan Modern yang Ternyata Gagal 

6. Yunani

Lestarikan Budaya, 10 Seragam Militer Paling Unik di Duniaforces.net

Untuk seragam penjaga presiden, Yunani punya seragam yang serupa dengan Skotlandia: mengenakan semacam rok. Yang menjadi pembeda adalah warnanya, karena Yunani menggunakan warna biru gelap dan bawahan putih. Oh, perhatikan pula sepatunya.

7. Malaysia

Lestarikan Budaya, 10 Seragam Militer Paling Unik di Duniabharian.com.my

Seragam prajurit penjaga kepresidenan Malaysia juga menarik. Pakaiannya menggabungkan sisi tradisional negara tersebut.

Warna putihnya memberikan kesan terang. Lilitan kain, yang seperti sarung dan membentuk rok, itu yang membuatnya menarik.

8. Prancis

Lestarikan Budaya, 10 Seragam Militer Paling Unik di Duniablogangelio.ovh

Pernah melihat prajurit bawa kapak? Itu hanya bisa terjadi di Prancis. Kapaknya sendiri merupakan perlambangan dari misi prajurit Prancis di masa lampau sebagai garda depan untuk menyingkirkan rintangan yang dibangun lawan.

9. Mongolia

Lestarikan Budaya, 10 Seragam Militer Paling Unik di Duniaforeignpolicy.com

Sebagai negara yang pernah mendapat catatan sejarah hampir menaklukkan seluruh dunia, Mongolia mempertahankan tradisi seragam prajuritnya. Yang paling terlihat dari kekhasan seragamnya adalah helm yang dikenakan. Tetapi seragam ini hanya dikenakan untuk hari-hari khusus.

10. Korea Selatan

Lestarikan Budaya, 10 Seragam Militer Paling Unik di Dunianews.lt

Siapa yang menyangka jika Korea Selatan masih menyimpan seragam prajurit tradisionalnya dan masih dikenakan dalam beberapa upacara? Mungkin memang tidak digunakan untuk berperang lagi, tapi setidaknya kamu masih bisa melihat seragam ini dipakai ketika hari-hari spesial.

Seragam-seragam unik ini sebagian besar hanya dikenakan kala momen spesial. Maka dari itu, sangat beruntung kalau kamu bisa melihatnya secara langsung. Seragam ini pun bisa jadi salah satu objek autentik untuk berfoto kalau kamu sedang berwisata.

Baca Juga: Unik, Ini 7 Kelompok Prajurit Paling Tak Umum Sepanjang Sejarah Dunia!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya