Comscore Tracker

Suku dan Ras Adalah Dua Hal yang Berbeda, Ini 8 Penjelasan Ilmiahnya

Yang sering mengejek teman dengan nama hewan, itu rasis

Di zaman sekarang konsep ras dan suku sangat bercampur aduk. Banyak orang tidak bisa membedakan mana yang ras dan mana yang suku. Hal itu terjadi karena adanya kemiripan konsep pada keduanya yang sama-sama digunakan untuk menentukan identitas seseorang.

Padahal kenyataannya ras dan suku adalah dua istilah berbeda dengan pemaknaan yang berbeda pula. Untuk membantumu membedakan yang mana yang suku dan yang mana yang ras, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Ras adalah pembeda populasi yang dilihat dari segi biologis

Suku dan Ras Adalah Dua Hal yang Berbeda, Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyaconatusnews.com

Dalam thoughtco.com, ras dideskripsikan sebagai pembeda populasi dalam sebuah skala besar spesies. Secara karakteristiknya, ras bisa dilihat dan dibedakan dari warna kulit, mata, hingga warna rambut serta struktur wajah. Umumnya anggota ras yang berbeda memiliki sedikit perbedaan antar satu sama lain secara morfologi.

2. Faktanya manusia hanya memiliki satu ras: ras manusia

Suku dan Ras Adalah Dua Hal yang Berbeda, Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyasocialnewsdaily.com

Untuk manusia di jaman modern, kita semua datang dari satu spesies yang sama, yaitu Homo sapiens. Namun ada sedikit mutasi genetik yang menyebabkan tiap orang memiliki variasi yang berbeda secara penampilan.

Hal itu tidak mengartikan bahwa DNA kita berbeda antar satu sama lain. Penurut hasil penelitian, dua DNA dari manusia yang acak hanya memiliki perbedaan kurang dari 0,1 persen. Karena perbedaan itu tidak kuat, peneliti mendeskripsikan manusia hanya memiliki satu ras, yaitu ras manusia.

3. Sedangkan suku merupakan istilah untuk membedakan individu lewat elemen budaya

Suku dan Ras Adalah Dua Hal yang Berbeda, Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyathinkhr.com

Berbeda halnya dengan suku. Suku merupakan istilah yang digunakan untuk membedakan orang berdasarkan budaya yang datang dari tempat asalnya. Suku bisa tampak dari bahasa yang digunakan, nasionalistis, agama, pakaian dan sebagainya. Sebagai contoh anggapan orang yang memiliki keturunan suku Jawa datang dari bahasa yang digunakan, yaitu bahasa Jawa.

4. Pada umumnya manusia lebih menggunakan suku untuk membedakan satu sama lain

Suku dan Ras Adalah Dua Hal yang Berbeda, Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyaproprofs.com

Ketimbang ras, kita lebih sering membedakan seseorang berdasarkan sukunya. Itu dikarenakan kita lebih mudah membedakannya. Kamu tidak perlu melihat kondisi biologisnya, seperti warna mata atau golongan darah sampai yang begitu detail untuk membedakannya. Kamu cukup memperhatikan bagaimana dia bercakap-cakap serta bagaimana cara dia berpakaian.

Baca Juga: 5 Fakta Mengerikan Suku Maya Kuno yang Belum Banyak Diketahui

5. Penggunaan istilah ras dan suku sering salah kaprah

Suku dan Ras Adalah Dua Hal yang Berbeda, Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyascience.howstuffworks.com

Istilah ras dan suku bisa jadi tumpang tindih. Sebagai contoh seorang warga Amerika Jepang merasa dirinya bagian dari ras Jepang atau Asia, tetapi tidak bisa dikatakan demikian juga jika dirinya tidak pernah sama sekali mempraktikkan budaya dari leluhur Asianya. Bisa jadi secara ras dirinya orang Jepang, tetapi secara suku dirinya adalah Amerika.

Contoh lain lagi adalah orang yang diakui etnis atau sukunya sebagai orang Amerika. Walaupun yang satu berwarna gelap dan yang satunya putih, keduanya sama-sama membawa budaya Amerika sehingga keduanya tetap diakui sebagai orang Amerika, walaupun secara biologis mereka tampak berbeda.

6. Kesimpulannya selama ini kita salah menggunakan istilah

Suku dan Ras Adalah Dua Hal yang Berbeda, Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyathedoctorwillseeyounow.com

Saat seseorang meneriakkan, “Dasar orang [nama suku]!” kita cenderung menyebut yang berteriak tersebut sebagai seseorang yang rasis. Kenyataannya salah. Mereka meneriakkan sesuatu yang terbentuk secara budaya, bukan biologis.

Mereka yang rasis malahan adalah mereka yang meneriakkan seseorang dengan sesuatu yang bukan manusia. Sebagai contoh “Dasar [nama hewan] kau!” Itu baru rasis.

7. Pemaknaan yang bergeser ini diperkirakan dipengaruhi oleh perubahan konstruksi sosial

Suku dan Ras Adalah Dua Hal yang Berbeda, Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyacenterforhealthprogress.org

Para peneliti mempercayai jika fenomena penggunaan kata suku dan ras ini menjadi tumpang tindih dikarenakan perubahan zaman. Waktu mengubah pemikiran masyarakat dan mengonstruksi maknanya. Hal itu memunculkan istilah baru bernama rasisme, sebuah istilah untuk menerangkan superioritas dan inferioritas berdasarkan perbedaan genetis dan morfologi biologis.

8. Terbukti adanya klasifikasi baru untuk ras manusia yang terus berubah mengikuti zaman

Suku dan Ras Adalah Dua Hal yang Berbeda, Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyanamuhyou.com

Untuk membuat adanya penggolongan, beberapa antropologis mengajukan klasifikasi ras manusia. Sebagai contoh pada abad 18, ras manusia dikelompokkan menjadi Etiopia, Kaukasia, Mongolia, Amerika dan Melayu.

Sedangkan pada abad 20, klasifikasi itu berubah menjadi Kaukasia, Negroid, Mongoloid, Australoid dan Capoid. Dipastikan ke depannya pun akan terdapat klasifikasi berbeda terhadap ras manusia.

Jadi jika selama ini kamu sering mengejek temanmu dengan nama hewan, sebenarnya kamu sudah menjalankan praktik rasisme dan kamu seorang yang rasis. Tapi, hei, terlepas dari semua itu sebaiknya hentikan istilah apapun untuk membeda-bedakan orang.

Entah itu si kaya dan si miskin ataupun si hitam dan si putih. Itu karena membeda-bedakan bisa menghilangkan keharmonisan dan menyebabkan adanya konflik. Jadi berhati-hatilah dengan apa yang kamu ucapkan.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Suku Aborigin, Penduduk Asli Australia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You