Comscore Tracker

Fakta Ngeri 9 Tempat yang Paling Sering Digunakan Bunuh Diri di Dunia

Tiap tahun, puluhan kasus bunuh diri pasti terjadi...

Miris, kasus bunuh diri kian marak. Hal ini dikarenakan masalah gangguan mental yang makin menjangkit di perkotaan karena kepadatan penduduk yang tinggi. Depresi, stres, patah hati, semua itu menjadi alasan paling umum seseorang untuk menghabisi nyawanya sendiri.

Bunuh diri ternyata tidak sembarangan. Layaknya sebuah tempat wisata, ada tempat-tempat tertentu yang menjadi tujuan kebanyakan orang yang ingin melakukan bunuh diri. Berikut ini adalah tempat-tempat terpopuler yang terkenal akan banyaknya kasus bunuh diri.

1. Gunung Mihara, Jepang

Fakta Ngeri 9 Tempat yang Paling Sering Digunakan Bunuh Diri di Duniathescarechamber.com

Gunung berapi aktif itu tersebut jadi tujuan wisata para orang yang ingin bunuh diri semenjak kasus Kiyoko Matsumoto merenggut nyawanya sendiri. Semenjak itu Gunung Mihara menjadi spot bunuh diri favorit dengan cara melemparkan diri ke kawah.

2. Jembatan Bosphorus, Turki

Fakta Ngeri 9 Tempat yang Paling Sering Digunakan Bunuh Diri di Duniacolorkinetics.com

Banyak mereka yang mencoba menghabisi nyawanya sendiri dengan cara melompat dari jembatan Bosphorus. Untuk mengatasi masalah tersebut pihak pemerintah melarang orang-orang datang ke jembatan itu dengan berjalan kaki. Sayangnya, mayoritas para korban diri datang menggunakan taksi.

3. Air terjun Niagara, Amerika

Fakta Ngeri 9 Tempat yang Paling Sering Digunakan Bunuh Diri di Duniatripsavvy.com

Air terjun Niagara merenggut banyak nyawa lewat kecelakaan. Salah satu kasus yang terkenal adalah Annie Edson Taylor yang melakukan atraksi memasukkan dirinya ke barel dan menjatuhkan dirinya ke air terjun tersebut. Malahan dari kasus-kasus tersebut, Niagara semakin terkenal untuk bunuh diri. Setidaknya dari 1856 sampai 1995 ada 2.780 kasus bunuh diri yang tercatat.

4. The Gap, Australia

Fakta Ngeri 9 Tempat yang Paling Sering Digunakan Bunuh Diri di Dunialightslant.wordpress.com

Memiliki jurang yang dalam lantas membuat The Gap cocok untuk bunuh diri. Diperkirakan setiap tahun ada 50 orang yang datang ke sana untuk membunuh dirinya sendiri. Kasus bunuh diri yang terkenal di sana adalah Charmaine Dragun, seorang penyiar televisi.

Baca Juga: 5 Fakta Hutan Aokigahara, Hutan Tempat Bunuh Diri di Jepang!

5. Stasiun bawah tanah London, Inggris

Fakta Ngeri 9 Tempat yang Paling Sering Digunakan Bunuh Diri di Duniavirginexperiencedays.co.uk

Diperkirakan ada 100 kasus bunuh diri yang terjadi tiap tahun di lokasi ini. Metode paling umumnya adalah menjatuhkan diri ke jalur kereta api yang sedang melaju. Mengerikannya adalah setengah dari mereka harus selamat karena terdapat ruang kosong di bawah kereta api.

6. Hutan Aokigahara, Jepang

Fakta Ngeri 9 Tempat yang Paling Sering Digunakan Bunuh Diri di Duniaverdict.co.uk

Punya nama lain Kuroi Jukai atau lautan pohon yang hitam dan juga hutan bunuh diri. Jika mengunjungi salah satu tujuan wisata di Jepang ini, ada kemungkinan kamu akan mendapati mayat mereka yang bunuh diri. Kalau berani, lihat saja video salah satu YouTuber, Logan Paul.

7. Jembatan sungai Nanjing Yangtze, Tiongkok

Fakta Ngeri 9 Tempat yang Paling Sering Digunakan Bunuh Diri di Duniadailymotion.com

Jembatan ini diresmikan sejak 1968 dan semenjak itu diperkirakan ada 2.000 kematian yang tercatat dalam kurun waktu 40 tahun. Catatan resmi pemerintah tahun 2007, yang diangkat oleh planetdeadly.com, menunjukkan jika setidaknya ada 100 hingga 200 orang yang mencoba melompat tiap tahunnya.

8. Beachy Head, Inggris

Fakta Ngeri 9 Tempat yang Paling Sering Digunakan Bunuh Diri di Duniaworldatlas.com

Indah tetapi gelap. Orang-orang sering berupaya bunuh diri di sini dengan menjatuhkan diri ke jurang lewat melompat atau menyetir mobil dan menabrakkannya ke tepi. Semenjak kasus Neil dan Kazumi Puttick, pasangan suami istri yang bunuh diri karena anaknya meninggal dunia, kasus bunuh diri di sana meningkat.

9. Jembatan Golden Gate, Amerika

Fakta Ngeri 9 Tempat yang Paling Sering Digunakan Bunuh Diri di Duniamdedge.com

Mungkin tahun terparah kasus bunuh diri yang pernah tercatat untuk jembatan Golden Gate adalah pada 2013. Setidaknya ada 118 pelompat yang menghabisi nyawanya dengan melompat. Agustus tahun itu adalah waktu terparah. Tiap tiga hari, dipastikan ada pelompat bunuh diri yang hadir di sana.

Entah apa yang menjadikan tempat-tempat tersebut diminati oleh orang-orang yang tak punya lagi semangat untuk hidup. Apapun itu, kasus bunuh diri perlu disikapi dengan sangat serius mengingat di Indonesia pun masalah ini cukup marak. Jika kamu melihat temanmu ada yang memiliki kecenderungan bunuh diri, segeralah berbuat sesuatu, minimal ada untuk mendengarkan mereka.

Mari bersama cegah perilaku bunuh diri

Fakta Ngeri 9 Tempat yang Paling Sering Digunakan Bunuh Diri di Duniafinance.yahoo.com

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500-454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

  • RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
  • RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
  • RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
  • RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
  • RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

Baca Juga: 7 Faktor Risiko yang Mendorong Bunuh Diri, Cobalah Pahami dan Kenali

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya