Comscore Tracker

9 Hal Ini Akan Terjadi jika Semua Orang Punya Kekuatan Super

Pastinya titel pahlawan super bakal jadi profesi

Super power! Terbang, mampu mengangkat benda berat, penglihatan tembus pandang, tidak ada satupun yang tidak menginginkan kemampuan ini. Semenjak populernya film Marvel dan DC, hampir setiap dari kita mengimajinasikan punya satu kemampuan super unik ini di dunia nyata. Alasannya mudah: karena kita ingin menjadi pahlawan super.

Namun pernahkah kamu membayangkan apa jadinya jika semua orang mempunyai kemampuan super mengingat penggambaran manusia super di film hanya segelintir saja? Kira-kira apa yang terjadi dengan dunia ini apabila tiap individu punya kemampuan seperti Superman? Kurang lebih teorinya akan menjadi seperti ini.

1. Pahlawan super akan menjadi profesi dan pekerjaan

9 Hal Ini Akan Terjadi jika Semua Orang Punya Kekuatan SuperSunrise/Tiger&Bunny

Pernah menonton anime berjudul Tiger & Bunny atau One Punch Man? Kurang lebih anime-anime itu menceritakan apa yang terjadi jika kemampuan super dimiliki oleh banyak orang.

Tidak semuanya akan bisa menjadi pahlawan super dan malahan titel pahlawan super dipergunakan sebagai suatu profesi atau pekerjaan. Untuk mendapatkan posisi atau jabatan itu, kamu haruslah mengikuti sejumlah tes untuk mengikuti layakkah menjadi pahlawan super.

2. Bakal banyak sekolah seperti X-Men atau My Hero Academia

9 Hal Ini Akan Terjadi jika Semua Orang Punya Kekuatan SuperBones/My Hero Academia

Di semua cerita, baik film maupun komik yang baca, semua yang punya kemampuan unik selalu punya kendala susah mengontrol kekuatan supernya di awal-awal. Di sinilah ada sekolah khusus yang bakal membimbingmu mengarahkan, mengontrol, dan memaksimalkan kemampuan supermu.

Apa artinya? Artinya adalah kamu akan tetap bersekolah seperti saat ini.

3. Kekuatan supermu akan dijadikan sebagai satu kriteria dalam mencari pekerjaan

9 Hal Ini Akan Terjadi jika Semua Orang Punya Kekuatan SuperMarvel/Spider-Man

Layaknya yang terjadi sesuai lulus sekolah, maka kamu pun harus mencari pekerjaan. Namun di sini tidak hanya masalah nilai kelulusan saja yang dipantau, tetapi juga kemampuan super apa yang kamu miliki. Mereka yang bisa mengangkat beban berat bisa jadi akan diarahkan kepada pekerjaan yang sangat berhubungan dengan fisik, seperti kuli.

4. Setiap hari kamu akan melihat pesta kustom

9 Hal Ini Akan Terjadi jika Semua Orang Punya Kekuatan SuperDC Comic/Watchmen

Mengingat semua orang punya kemampuan super dan beberapa di antaranya bakal menjadi pahlawan super, pasti pemandangan orang-orang berkostum akan jadi santapan tiap hari. Bukan hal yang aneh melihat seseorang mengenakkan kostum dan naik kereta atau bus. 

Baca Juga: 8 Hewan yang Memiliki Kekuatan Super, Ada yang Punya Indra Keenam Lho!

5. Bakal ada penggolongan kelas kemampuan khusus

9 Hal Ini Akan Terjadi jika Semua Orang Punya Kekuatan SuperMadhouse/One Punch Man

Pada akhirnya di dunia yang serba super ini, kemampuanmu akan dinilai oleh orang-orang: apakah kemampuan supermu itu berguna bagi masyarakat atau tidak. Seperti uji lisensi One Punch Man, kekuatan yang tidak terlalu berguna akan dinilai jelek, kekuatan yang umum bakal diberi nilai secukupnya, sedangkan kemampuan yang langka akan dianggap istimewa.

6. Diskriminasi akan tetap terjadi

9 Hal Ini Akan Terjadi jika Semua Orang Punya Kekuatan SuperShueisha/My Hero Academia

Besar kemungkinan sistem penggolongan kemampuan super itu akan membawa masyarakat untuk menghakimi seseorang. Tidak seperti X-Men yang mana diskriminasi ditujukan pada mereka yang punya kemampuan spesial, diskriminasi di dunia ini akan diberikan kepada mereka yang punya kemampuan super tidak berguna.

7. Kejahatan masih akan tetap ada di dunia ini

9 Hal Ini Akan Terjadi jika Semua Orang Punya Kekuatan SuperMadhouse/One Punch Man

Jangan mengharapkan ketenangan di dunia ini. Mengingat semuanya memiliki kekuatan super, maka orang jahat pun juga akan memperolehnya.

Mereka pasti akan menggunakannya untuk kepentingan dirinya sendiri, seperti untuk merampok atau membunuh. Layaknya di dunia Marvel, DC, dan lainnya, di mana ada pahlawan super maka di situ ada penjahat super.

8. Ada ketakutan dan kekhawatiran kepada mereka yang punya kemampuan super seperti dewa

9 Hal Ini Akan Terjadi jika Semua Orang Punya Kekuatan SuperDC Comic/Justice League

Masyarakat maupun pemerintahan pasti akan mewaspadai orang-orang yang punya kekuatan terlalu super. Itu karena kekuatan tersebut bisa disalahgunakan. Sebagai contoh kecepatan yang dimiliki Flash bisa membuatnya kembali ke masa lalu.

Jika ini dimiliki penjahat, maka mereka bisa mengubah sejarah sekaligus masa depan. Kondisi terburuk mereka yang kemampuan spesialnya bisa disetarakan dengan dewa akan ditangkap sebelum mereka bisa menggunakannya dengan maksimal.

9. Kemampuan super tidak akan dianggap sebagai sesuatu yang super

9 Hal Ini Akan Terjadi jika Semua Orang Punya Kekuatan SuperMadhouse/One Punch Man

Kekuatan super bisa dianggap super lantaran hanya segelintir orang saja yang memilikinya. Namun karena kekuatan super dimiliki semua orang, kemampuan itu tidak dipandang super. Bisa jadi kekuatan super hanya akan dinilai sebagai suatu warisan genetik saja.

Dari sini bisa dilihat dunia manusia super punya situasi yang sama dengan dunia yang kita huni sekarang. Tidak ada yang spesial. Malahan ujung-ujungnya bisa lebih kacau. Mungkin seperti yang dikatakan Syndrome di animasi The Incredibles: “Saat semua orang menjadi super, maka tidak ada satupun yang super.”

Beruntung Mr. Incredible membalas pernyataan itu: “Membutuhkan lebih dari kemampuan super untuk menjadi pahlawan super.” 

Baca Juga: 8 Manusia Super di Dunia Nyata, Diberkahi Kekuatan Aneh

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya