Comscore Tracker

Orchid Mantis, Belalang Cantik Bertubuh Bunga

Kamu gak akan sadar kehadiran mereka diantara bunga anggrek

Ada banyak hewan unik yang punya kemampuan kamuflase tingkat tinggi.  Mereka adalah jenis hewan yang punya kemiripan dengan lingkungan di sekitarnya seperti tokek. Namun selain itu ada hewan lain yang punya kemampuan lebih hebat lho, yaitu orchid mantis. 

Kamu gak akan meanyangka jika hewan ini bisa menjelma menjadi bunga anggrek yang sangat cantik. Daripada penasaran tengok langsung yuk fakta menarik dari belalang orchid mantis berikut ini!

1. Ditemukan pertama kali di Indonesia

Orchid Mantis, Belalang Cantik Bertubuh Bungawikimedia.org

James Hingston adalah seorang penjelajah asal Inggris yang menemukan belalang cantik Orchid Mantis. Ia pergi melewati Jawa Barat dan melihat Orchid Mantis bewarna merah keunguan lalu berpikir itu hanyalah sebuah bunga cantik. Hingga akhirnya seekor kupu-kupu hinggap di atas Orchid Mantis dan terjebak dimakan secara perlahan oleh si belalang anggrek tersebut.

2. Jenis hewan peliharaan baru yang berharga mahal

Orchid Mantis, Belalang Cantik Bertubuh Bungaredd.it

Bentuknya yang unik dan penampilan cantik membuat Orchid Mantis menarik perhatian para pecinta hewan. Hewan yang bisa ditemui di daerah Asia Tenggara ini bisa menyentuh angka Rp200,000 per satu ekornya. Orchid Mantis ini aman untuk dipelihara karena tidak memiliki cakar atau gigi yang bisa melukai manusia.

Baca Juga: 7 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan di Dunia

3. Siklus hidup belalang anggrek yang cukup singkat

Orchid Mantis, Belalang Cantik Bertubuh Bungaeverywherewild.com

Rentang usia Orchid Mantis berkisar antara 6-9 bulan. Mereka berkembang biak dengan cara bertelur dan tidak berkembang menjadi kepompong seperti serangga lainnya. Siklus hidup mereka terbagi dalam tiga bagian yaitu, telur, nimfa, dan belalang anggrek dewasa.

4. Penampakan tubuh seperti bunga anggrek

Orchid Mantis, Belalang Cantik Bertubuh Bungamnn.com

Serangga ini bakal bikin kamu terkecoh berat saat berada di alam liar. Seekor Orchid Mantis sulit dikenali karena warna tubuhnya yang bisa berubah sesuai dengan keadaan di sekitar mereka. Tubuh Orchid Mantis bewarna putih semi transparan dengan kaki belakang yang bisa mekar layaknya kelopak bunga. 

5. Seekor karnivora dengan julukan serigala berbulu domba

Orchid Mantis, Belalang Cantik Bertubuh Bungaisopoda.net

Orchid Mantis memakan serangga lain untuk bertahan hidup. Dengan kemampuan kamuflasenya Orchid Mantis bisa dengan mudah mendapatkan mangsa karena tidak ada yang menyangka bahwa bunga, tangkai atau batang yang disinggahi serangga lainnya tersebut merupakan Orchid Mantis yang sedang mengincar mangsa. Hal itu membuat Orchid Mantis dikenal dengan sebutan hewan serigala berbulu domba. 

6. Tubuh Orchid Mantis yang imut dan kecil

Orchid Mantis, Belalang Cantik Bertubuh Bungamille-animali.com

Orchid Mantis betina diperkirakan memiliki panjang sekitar 6-7 cm, sedangkan Orchid Mantis jantan punya ukuran lebih kecil yaitu hanya sekitar 2-3 cm saja. Berat seekor Orchid Mantis dewasa juga tak lebih dari satu ons. 

Menarik banget ya si serangga bunga bernama Orchid Mantis tadi. Bikin takjub sekaligus gak percaya dengan kecantikan tubuhnya. Biar kamu gak penasaran tonton video belalang Orchid Mantis di bawah ini deh guys!

https://www.youtube.com/embed/UEUQvhwMUS0

Baca Juga: Mengenal Venus Flytrap, Tumbuhan yang Hobi Makan Serangga

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Just For You