Comscore Tracker

7 Fakta Unik Robert Wadlow, Si Pria Tertinggi di Dunia

Kalau masuk rumah pasti jalannya nunduk mulu

"Pernah terbayang orang tingginya 272 cm? Ini kisah tentang dirinya."

Pada 22 Februari 1918, Addie Wadlow melahirkan seorang bayi yang sehat, bahagia, dan tampak normal layaknya bayi lainnya. Bayi tersebut kemudian diberi nama Robert Wadlow. Namun, seiring berjalannya waktu, Robert kecil tumbuh dengan sangat cepat dalam satu tahun pertamanya.

Akibat dari pertumbuhannya yang sangat cepat itu, tidak butuh waktu lama bagi Robert untuk mencapai tinggi badan yang setara dengan orang dewasa. Berikut beberapa fakta menarik seputar Robert Wadlow, si pria tertinggi di dunia!

1. Perkembangan Wadlow di tahun pertama

7 Fakta Unik Robert Wadlow, Si Pria Tertinggi di Duniaaltonweb.com

Melansir All Thats Interesting, ketika dilahirkan, Wadlow memiliki berat 3,9 kg. Ini merupakan berat bayi yang normal karena biasanya berat bayi yang baru lahir berkisar di 2,5 - 4 kg. Akan tetapi, saat umurnya baru menginjak 6 bulan, berat Wadlow melonjak menjadi 13,6 kg.

Perkembangannya semakin menjadi ketika Wadlow merayakan ulang tahun pertamanya. Di usianya yang masih 1 tahun, tinggi Wadlow sudah mencapai 100 cm dengan berat 20,4 kg. 

"Kalau kamu umur 1 tahun udah sebesar apa sih?"

2. Tinggi Wadlow setara dengan ayahnya di usia 8 tahun

7 Fakta Unik Robert Wadlow, Si Pria Tertinggi di Duniapinterest.at

Sebagaimana dikutip dari Ripley's, sekolah dasar (SD) tempat Wadlow bersekolah harus mendesain khusus meja belajar untuk Wadlow sesuai ukuran tubuhnya. Kemudian, ketika Wadlow berumur 8 tahun, tingginya yang mencapai 182 cm berhasil melampaui tinggi ayahnya sendiri yang memiliki tinggi 180 cm.

Pada usia 13 tahun, Wadlow memiliki tinggi 223 cm. Di umur tersebut pula Wadlow ikut pramuka. Butuh 12 meter kain untuk menciptakan seragam Wadlow!

3. Terkenal sebagai 'Raksasa Alton'

7 Fakta Unik Robert Wadlow, Si Pria Tertinggi di Duniacdcr.ca.gov

Tampil dalam kartun Robert Ripley pada 1926 dan 1929, Wadlow dikenal sebagai 'Raksasa Alton' di kota kelahirannya, yaitu Alton, Illinois. Tinggi Wadlow mencapai 254 cm ketika lulus SMA dan langsung melakukan tur keliling dalam negeri bersama Ringling Brothers Circus.

Ringling Brothers sudah memerhatikan Wadlow pada 1936. Mereka tahu kalau mengajak Wadlow adalah ide yang bagus bagi pertunjukkan sirkus mereka. 

Baca Juga: 8 Tumbuhan Pemegang Rekor Dunia, Ada yang dari Indonesia, lho!

4. Naik mobil yang didesain khusus

7 Fakta Unik Robert Wadlow, Si Pria Tertinggi di Duniacdcr.ca.gov

Wadlow hanya bisa bepergian dengan mobil yang dibuat khusus yang mana kursinya harus dilepas supaya kakinya yang besar bisa muat di dalam mobil. Tidak hanya itu, Wadlow juga memiliki banyak barang yang disesuaikan karena tingginya. Contohnya adalah seperti pakaian dan tongkatnya yang luar biasa besar, kursi, pisau cukur, korek api, hingga sepatu.

Khusus sepatu, The International Shoe Company menyediakan Wadlow sepatu custom berukuran 37AA yang diberi secara gratis. Kalau Wadlow tidak diberi secara gratis, maka dia harus membayar sebesar US$100 kala itu, yang sekarang mungkin meningkat nilainya hingga US$2 ribu (Rp29 juta). Dia juga sekaligus mempromosikan perusahaan tersebut. Ketika tampil di berbagai acara, Wadlow selalu sepatu dari perusahaan itu.

5. Didiagnosis hiperplasia kelenjar pituitari

7 Fakta Unik Robert Wadlow, Si Pria Tertinggi di Duniaadvantagenews.com

Dokter akhirnya mendiagnosis Robert muda dengan hiperplasia kelenjar pituitari. Itu adalah suatu kondisi yang menyebabkan pertumbuhan yang cepat dan berlebihan karena tingkat hormon pertumbuhan manusia yang sangat tinggi di dalam tubuh. Bahkan pada saat kematiannya, tubuh Wadlow terus tumbuh dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Meskipun ukurannya semakin besar, orang tua Robert Wadlow mencoba untuk membuat hidupnya senormal mungkin. Wadlow memang berusaha hidup senormal mungkin ketika sedang tidak mempromosikan sepatu atau ikut tur sirkus. Dia senang hidup di kehidupan yang nyaman sambil bermain gitar atau menggeluti hobinya di fotografi.

6. Dibuatkan peti baja agar mayat Wadlow tidak dicuri

7 Fakta Unik Robert Wadlow, Si Pria Tertinggi di Duniayoutube.com

Pada 15 Juli 1940, Wadlow meninggal dalam tidurnya. Tepat 18 hari sebelumnya, tinggi Wadlow diukur kembali. Tingginya yang mencapai 272 cm membuatnya menjadi pria tertinggi di dunia sepanjang masa. Tinggi Sultan Kosen, pria tertinggi yang masih hidup sampai saat artikel ini terbit saja 'hanya' 251 cm. 

Untuk mencegah mayatnya dicuri, keluarga Wadlow membuat peti yang terbuat dari baja. Peti tersebut dimasukkan ke dalam lemari besi beton yang sangat berat. Butuh selusin pria untuk mengangkat jenazah Wadlow ke tempat peristirahatan terakhirnya. Ribuang orang hadir untuk meratapi kepergian Wadlow.

7. Meninggalkan warisan berupa patung perunggu

7 Fakta Unik Robert Wadlow, Si Pria Tertinggi di Duniaallthatsinteresting.com

Walaupun hanya hidup selama 22 tahun, tapi Robert Wadlow berhasil meninggalkan warisan yang juga sebesar dirinya. Ya, patung perunggu seukuran Wadlow dibuat pada tahun 1985 di Alton, atau lebih tepatnya di Southern Illinois University School of Dental Medicine. Selain itu, hasil foto Wadlow, sepatu, meja saat sekolah, dan lain-lain bisa dilihat di Alton Museum of History and Art

Itulah beberapa fakta menarik Robert Wadlow, pria tertinggi di dunia yang pernah hidup. Nomor berapa yang paling bikin kamu tercengang?

Baca Juga: 15 Hewan Pemegang Rekor Dunia, dari Terbesar Hingga Paling Rakus

Adhyasta Dirgantara Photo Writer Adhyasta Dirgantara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya