Comscore Tracker

7 Cara untuk Menjadi Pembohong yang Hebat, Kuncinya Ada pada Perilaku!

Terkadang berbohong itu perlu dilakukan...

Kita semua tahu bahwa perbuatan berbohong itu tidak terpuji. Pasalnya, berbohong bisa membuat diri kita tidak nyaman hingga menghilangkan kepercayaan seseorang. Kendati begitu, terkadang berbohong itu perlu dilakukan, apalagi kalau sedang dalam keadaan terdesak atau demi kebaikan.

Buktinya banyak sekali orang yang rela berbohong demi kebaikannya, seperti ketika telat masuk kelas dengan mengaku kalau ban motornya bocor di tengah jalan. Atau bisa juga berbohong kalau sedang malas masuk kantor dengan alasan sedang tidak enak badan.

Namun, untuk menjadi pembohong yang baik dibutuhkan keterampilan supaya tidak mudah ketahuan. Berikut beberapa cara untuk menjadi pembohong yang hebat agar perbuatan bohong kamu itu bisa dipercaya!

"Tapi jangan keseringan bohong ya, nanti hidungnya panjang kayak Pinokio loh!"

1. Punya alasan

7 Cara untuk Menjadi Pembohong yang Hebat, Kuncinya Ada pada Perilaku!Pexels/Sound On

Melansir WikoHow, kamu hanya boleh berbohong ketika memiliki alasan untuk berbohong. Dengan demikian, maka kamu harus membatasi perbuatan bohong itu. Survey mengatakan orang yang sering berbohong sering tidak dapat menahan diri dan justru malah membocorkan kebohongannya ke orang lain sedikit demi sedikit. 

Kalau begitu, maka orang di sekitarnya akan sulit mempercayai dirinya karena sudah tertangkap basah berbohong. Jadi, jangan terlalu sering berbohong supaya dirimu tidak merasa selalu tertekan. Berbohonglah kalau kamu punya alasan yang sangat urgent.

2. Sering latihan berbohong

7 Cara untuk Menjadi Pembohong yang Hebat, Kuncinya Ada pada Perilaku!wcyy.com

Bohong bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Untuk itu, kamu perlu sering-sering latihan berbohong. Semakin banyak jam terbang kamu, semakin mudah kamu untuk berbohong pada orang lain.

Sebelum melancarkan aksi berbohong, kamu perlu menyiapkan setiap detail yang ingin dikatakan agar semuanya berjalan lancar. Coba lihat orang yang jarang bohong, mereka pasti gugup dan malah kabur kalau disuruh berbohong.

3. Bernapas secara normal

7 Cara untuk Menjadi Pembohong yang Hebat, Kuncinya Ada pada Perilaku!verywellmind.com

Sebagaimana dikutip dari Insider, ada korelasi langsung antara stres yang diakibatkan oleh niatan untuk berbohong dengan peningkatan suhu otak. Menghirup udara adalah salah satu cara otak mencoba untuk mendinginkan dirinya sendiri.

CEO Ternion Risk Mitigation Group Roger Strecker mengungkapkan kalau setelah berbohong kamu perlu bernapas secara normal agar suhu otak kembali dingin. Bernapas secara normal penting untuk kamu lakukan agar kamu tidak langsung mengungkapkan kebohongan karena terlanjur tidak nyaman dengan otak yang memanas.

Baca Juga: 7 Dampak Psikologis Ditolak saat Nembak Gebetan, Sakit sih tapi...

4. Pelajari target

7 Cara untuk Menjadi Pembohong yang Hebat, Kuncinya Ada pada Perilaku!medicalxpress.com

Mempelajari target yang menjadi sasaran kebohongan kamu sangat penting. Kamu harus berbohong sesuai dengan apa yang ingin dia dengar. Kalau sampai ada yang janggal, dia justru akan jadi curiga sehingga berusaha mengorek apakah yang kamu ucapkan itu kebenaran atau kebohongan.

5. Awasi bahasa tubuh

7 Cara untuk Menjadi Pembohong yang Hebat, Kuncinya Ada pada Perilaku!sheknows.com

Tidak bisa dimungkiri bahwa berbohong bisa membuatmu jadi gugup dan takut. Kamu mungkin tidak sadar kalau ketika kamu berbohong, kamu seketika gelisah, gugup, dan tidak menatap mata targetmu. Jadi, cobalah untuk menjaga bahasa tubuh kamu agar tetap natural.

Selain itu, orang yang sedang berbohong juga identik dengan kontak mata yang berlebihan dan berbicara lebih cepat. Tentu ini menjadi bumerang untukmu karena orang bisa menangkap gestur bahwa kamu sedang berbohong.

6. Persiapkan emosi yang dibutuhkan

7 Cara untuk Menjadi Pembohong yang Hebat, Kuncinya Ada pada Perilaku!Unsplash/Ben White

Kontak emosional juga perlu kamu siapkan dalam melancarkan aksi bohong. Bukan tanpa sebab, kamu juga perlu memainkan emosi untuk meyakinkan seseorang.

Misalnya kamu bisa berbohong sambil marah untuk menunjukkan kalau kamu benar-benar sedang marah atas apa yang terjadi. Atau bisa juga dengan menangis supaya targetmu menjadi iba dan percaya pada kebohonganmu.

7. Jangan menyentuh leher

7 Cara untuk Menjadi Pembohong yang Hebat, Kuncinya Ada pada Perilaku!www.aquiziam.com

Banyak orang tanpa sadar menyentuh leher mereka ketika mereka gugup atau cemas. Seperti yang sudah dikatakan di atas, gugup atau cemas merupakan reaksi normal apabila kamu jarang berbohong. Maka dari itu banyak orang yang mengakali dengan menyentuh dahi atau pipi mereka alih-alih menyentuh leher.

Itulah beberapa tip untuk menjadi pembohong yang hebat supaya kebohongan mudah dipercaya. Ingat, lakukan kalau sedang dalam keadaan kepepet saja ya!

Baca Juga: 8 Efek Psikologis yang Kamu Rasakan Sehari-hari tapi Tak Kamu Sadari

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya