Comscore Tracker

Intip 7 Panda Tertua yang Pernah Hidup, Ada yang Sampai 38 Tahun!

Padahal normalnya cuma sampai 20 tahun loh...

Tidak bisa dimungkiri lagi bahwa panda menjadi salah satu hewan paling populer yang pernah hadir di dunia ini. Bagaimana tidak, perawakan mereka yang imut membuat siapa saja terkesan dengan kehadiran panda. Malahan, kini hewan tersebut menjadi hewan yang paling dilindungi di dunia.

Sayangnya, mereka bukan dilindungi karena keimutannya, melainkan karena sudah hampir punah. Buktinya, populasi panda di alam liar hanya menyisakan 1.600 ekor saja.

Lebih-lebih, usia normal panda hanya sampai 20 tahun, sehingga kemungkinan besar panda akan punah dalam beberapa generasi ke depan. Kendati begitu, tidak sedikit pula panda yang berhasil bertahan hidup lebih lama, bahkan hampir mencapai 40 tahun. Berikut penampakan 7 panda tertua yang pernah hadir dalam hidup ini. 

7. Shi Shi

Intip 7 Panda Tertua yang Pernah Hidup, Ada yang Sampai 38 Tahun!oldest.org

Melansir Oldest, Shi Shi merupakan salah satu panda tertua yang pernah hidup di dunia ini. Tidak ada yang mengetahui secara persis kapan dia dilahirkan, tapi diyakini Shi Shi lahir di tahun 1970-an. Pada tahun 1996, Shi Shi pernah dipindahkan dari Tiongkok ke kebun binatang di Amerika Serikat dalam sebuah program pertukaran.

Namun, program pertukaran tersebut tidak berjalan dengan mulus. Akibatnya, dia dipulangkan kembali ke Tiongkok pada tahun 2003 karena penyakit. Sejak itu pula Shi Shi menderita penyakit dan akhirnya mati pada tahun 2008 di usianya yang ke 30-an. 

6. Shuan Shuan

Intip 7 Panda Tertua yang Pernah Hidup, Ada yang Sampai 38 Tahun!gettyimages.com

Shuan Shuan jadi salah satu panda raksasa yang pernah ada di dunia. Hebatnya, hingga saat ini Shuan Shuan masih hidup di usianya yang sudah menyentuh 33 tahun. Selain itu, Shuan Shuan juga tidak dilahirkan di Tiongkok seperti panda lain pada umumnya.

Pada tahun 2010, Shuan Shuan pernah dipinjamkan ke kebun binatang Guadalajara, Meksiko. Selama dipinjamkan di sana, Shuan Shuan jadi salah satu hewan yang paling sering dikunjungi oleh para pengunjung. 

5. Bao Bao

Intip 7 Panda Tertua yang Pernah Hidup, Ada yang Sampai 38 Tahun!oldest.org

Seumur hidupnya, Bao Bao hidup di kebun binatang Berlin, Jerman. Dia merupakan panda pemberian dari pemimpin Tiongkok bernama Hua Guofeng kepada pemimpin Jerman Barat Helmut Schmidt pada tahun 1980 silam. Meski demikian, Bao Bao juga pernah merasakan dipinjamkan ke kebun binatang lain.

Meskipun berjenis kelamin laki-laki, namun Bao Bao tidak pernah berhasil membuahi panda betina. Bao Bao mati pada 22 Agustus 2012 di usianya yang ke 34 tahun.

Baca Juga: Termasuk Virus Corona, Ini 7 Hewan yang Pernah Bawa Virus Mematikan

4. Ming Ming

Intip 7 Panda Tertua yang Pernah Hidup, Ada yang Sampai 38 Tahun!cbsnews.com

Lahir di Tiongkok, Ming Ming akhirnya merasakan dipindahkan ke Eropa pada tahun 1986. Saat itu, dia dipinjamkan ke kebun binatang Dublin di Irlandia untuk dikembangbiakkan, walaupun gagal. Setelah itu Ming Ming dipindahkan ke London dengan harapan bisa membuahkan anak bersama panda jantan bernama Bao Bao.

Bukannya menghasilkan anak, Ming Ming dan Bao Bao justru saling membenci. Alhasil, Ming Ming harus kehilangan sebagian telinganya, mengalami dua infeksi, dan harus menjalani operasi. Pada akhirnya, Ming Ming tidak pernah memiliki anak hingga akhir hayatnya di usianya yang ke 34 tahun.

3. Taotao

Intip 7 Panda Tertua yang Pernah Hidup, Ada yang Sampai 38 Tahun!pandasinternational.org

Sebenarnya, Taotao adalah panda liar yang berasal dari provinsi Gansu. Kemudian, dia dibawa ke kebun binatang Jinan dengan harapan bisa menghasilkan anak. Lagi-lagi, itu hanyalah ekspektasi belaka, karena Taotao tidak pernah bisa menghasilkan anak. 

Ketika sudah menginjak usia 36 tahun, dia terserang penyakit trombus dan pendarahan otak. Penyakit tersebut diyakini datang seiring dengan semakin tuanya seekor panda. Akibat penyakit itu, Taotao meninggal dan dipulangkan ke tempat kelahirannya, Gansu, agar bisa beristirahat dengan tenang.

2. Basi

Intip 7 Panda Tertua yang Pernah Hidup, Ada yang Sampai 38 Tahun!ibtimes.sg

Awalnya, Basi adalah seekor panda liar. Dia baru dipindahkan ke Straits Giant Panda Research and Exchange Center di Tiongkok setelah tercebur ke dalam sungai dan kemudian diselamatkan. Dari kejadian itulah dia dinamakan Basi, sesuai dengan nama lembah tempat dia ditemukan.

Uniknya, Basi pernah jadi maskot dalam perhelatan Asian Games pada tahun 1990. Dia pun meninggal di usianya yang ke 37 tahun pada 2017.

1. Jia Jia

Intip 7 Panda Tertua yang Pernah Hidup, Ada yang Sampai 38 Tahun!topbiologia.com

Ini dia panda tertua di dunia yang usianya mencapai 38 tahun. Berkat umurnya itu, Jia Jia mempertahankan Guinness World Record untuk panda tertua hingga saat ini, walaupun dirinya sendiri sudah mati pada tahun 2016. 

Karena sudah terlalu tua dan melebihi batas normal usia seekor panda, Jia Jia juga terserang penyakit. Dia diserang penyakit 2 minggu sebelum kematiannya.

Itulah beberapa panda tertua yang pernah hidup di dunia ini. Meskipun normalnya hanya bisa hidup selama 20 tahun, namun mereka mampu melampauinya. Hebat banget!

Baca Juga: 8 Hewan Ini Suka Berpura-pura Menjadi Hewan Lain, Bisa Mirip Banget!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya