Comscore Tracker

Astronaut Wanita Ini Pecahkan Rekor Perjalanan Antariksa Terlama!

Tangguh banget ya!

Rekor baru telah diciptakan oleh astronaut NASA (National Aeronautics and Space Administration) bernama Christina Koch. Pasalnya, dia baru saja memecahkan rekor sebagai wanita yang pernah melakukan penerbangan tunggal ke luar angkasa dengan durasi waktu yang sangat lama, yakni 328 hari.

Untuk menghabiskan ratusan hari di luar angkasa, Koch menggunakan Soyuz si pesawat ruang angkasa buatan Rusia. Mau tahu informasi lebih lanjut seputar astronaut wanita yang berhasil melakukan perjalanan terlama di luar angkasa ini? Baca terus sampai habis ya.

1. Pecahkan rekor astronaut wanita sebelumnya

Astronaut Wanita Ini Pecahkan Rekor Perjalanan Antariksa Terlama!sciencealert.com

Melansir BBC, selain menciptakan rekor baru, Koch juga memecahkan rekor yang telah dipegang oleh astronaut wanita asal Amerika Serikat bernama Peggy Whitson. Kala itu, Whitson berhasil menjadi astronaut wanita yang pernah melakukan perjalanan tunggal ruang angkasa terlama selama 289 hari.

Praktis, berhubung Koch menghabiskan 328 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) selama 328 hari, maka ia dengan mantap melebihi rekor Whitson yang 'hanya' 289 hari saja. Itu lama banget loh!

Baca Juga: Bagaimana Astronaut Membersihkan Diri di Luar Angkasa? Ini 9 Faktanya!

2. Mengaku kewalahan sekaligus bahagia

Astronaut Wanita Ini Pecahkan Rekor Perjalanan Antariksa Terlama!issnationallab.org

Dalam sebuah video berdurasi 1 menit 27 detik yang disiarkan langsung oleh Time, Koch terlihat sangat bahagia ketika keluar dari pesawat ruang angkasanya. Ketika dikeluarkan oleh beberapa orang, dia langsung melemparkan tawa bahagia sembari menunjukkan kedua jempolnya.

Terlebih, ketika ditanya lebih lanjut mengenai perasaannya, Koch mengaku sangat bahagia meskipun kewalahan. Bagaimana tidak kewalahan, hampir setahun Koch berada di luar angkasa sampai-sampai harus diangkut menggunakan kursi ketika hendak dibawa pergi dari pesawatnya itu. Tampak beberapa orang berbondong-bondong menggendong si pahlawan pencetak sejarah ini.

3. Menempuh 223 juta km selama perjalanan di luar angkasa

Astronaut Wanita Ini Pecahkan Rekor Perjalanan Antariksa Terlama!orbiterchspacenews.com

Selama misinya, Koch menyelesaikan 5.248 orbit bumi dan menempuh 223 juta km (139 juta mil). Ini merupakan jarak tempuh yang fantastis. Bukan tanpa sebab, jika dianalogikan, maka jarak tempuh Koch itu setara dengan 291 kali perjalanan pulang pergi bumi ke bulan.

Untuk itu, Koch mengungkapkan bahwa itu adalah salah satu momen paling istimewa dalam hidupnya. Dia pun menyatakan kalau tidak akan pernah melupakan perjalanan bersejarah yang membawanya menjadi pemecah rekor tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus kamu tahu dari Koch si astronaut wanita penakluk luar angkasa. Inspiratif banget ya!

Baca Juga: 7 Kecelakaan Terburuk di Luar Angkasa, Jadi Astronaut Berisiko Besar

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya