Comscore Tracker

Karya Besar, 5 Buku Sains Ini Wajib Dibaca Sekali Seumur Hidup!

Semua buku sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia

Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa ilmu pengetahuan bisa didapat dengan membaca buku. Khususnya bagi kamu pecinta ilmu sains, mau itu mengenai fisika, biologi, hingga kimia. Namun di Indonesia, begitu jarang orang yang menyukai bidang ilmu ini, dengan alasan begitu sukar dan bertentangan dengan apa yang diajarkan oleh agama.

Walaupun bidang ilmu ini tak semua orang menyukainya, akan tetapi apa salahnya untuk sekedar ingin tahu dengan membaca 5 buku ini? Pastinya membuatmu langsung mencintai sains, dan memiliki pemikiran terbuka.

1. Cosmos - Carl Sagan

Karya Besar, 5 Buku Sains Ini Wajib Dibaca Sekali Seumur Hidup!deskgram.ne

Buku tentang ilmu astronomi ini begitu asik untuk dibaca bagi para pemula. Carl Sagan mampu membuat pembacanya langsung terpikat dengan planet-planet, bintang, dan segala hal di jagat raya yang dipenuhi misteri.

Di buku Cosmos ini, Carl Sagan mencoba berspekulasi bahwasannya bisa saja ada makhluk hidup di suatu planet di luar sana, karena begitu banyaknya planet-planet yang berkeliaran.

Dan juga Carl Sagan berharap untuk semua negara di Bumi ini membuat proyek besar untuk melakukan eksplorasi ke seluruh planet dibandingkan menghabiskan duit untuk membiayai peralatan perang. Sangat menarik buat kamu baca.

2. The Selfish Gene - Richard Dawkins

Karya Besar, 5 Buku Sains Ini Wajib Dibaca Sekali Seumur Hidup!my.carousell.com

Buku yang sangat wajib dibaca ini ditulis oleh seorang ahli biologi, Richard Dawkins. The Selfish Gene menjelaskan sebuah topik yang sangat menarik, yaitu kenapa organisme selalu berusaha mempertahankan hidupnya?

Richard Dawkins dapat menjelaskan itu semua. Ia menjelaskan bahwa kita semua memiliki sebuah gen yang disebut, gen egois. Bagaimana gen tersebut berusaha mempertahankan dirinya dari evolusi yang kejam.

Maka dari itu semua makhluk hidup berusaha mempertahankan spesiesnya, tak kecuali dengan binatang yang berotak, manusia.

Baca Juga: 5 Buku Bagus untuk Melatih Pemikiranmu, Recommended Banget!

3. Genome: The Autobiography of a Species In 23 Chapters - Matt Ridley

Karya Besar, 5 Buku Sains Ini Wajib Dibaca Sekali Seumur Hidup!prelo.co.id

Kalau di buku The Selfish Gene lebih fokus membahas sebuah gen egois, kalau di buku ini, membahas 23 kromosom yang ada di dalam tubuh manusia. Buku biologi ini begitu lengkap menjelaskan segala perilaku manusia, apa penyebab dan akibatnya.

Genom merupakan sebuah informasi yang terdiri sel, nukleus, kromosom dan gen. Dari situlah genetika sangat berperan penting terhadap tubuh kita. Mulai dari sikap, penyakit, hingga inteligensi kita.

4. On the Origin of Species - Charles Darwin

Karya Besar, 5 Buku Sains Ini Wajib Dibaca Sekali Seumur Hidup!welcometocalliope.com

Buku kontroversial yang satu ini, tak bisa dipungkiri lagi sangat berperan besar terhadap segala bidang ilmu sains. Charles Darwin benar-benar dikecam setelah menerbitkan buku ini, berdasarkan observasi dan penelitiannya.

Kalau di agama kita diajarkan bahwa manusia berawal dari Adam dan Hawa, yang memiliki jiwa dan bentuk tubuh tetap. Akan tetapi di On the Origin of Species ini membuktikan bahwa manusia berasal dari kera, yang terus berevolusi hingga bentuk manusia sekarang.

Walaupun kamu lebih percaya dengan apa yang dikatakan oleh agama, akan tetapi apa salahnya membaca hasil pemikiran Charles Darwin ini, yang memiliki pembuktian dan dipakai dalam pelajaran sains di sekolah.

5. A Brief History of Time - Stephen Hawking

Karya Besar, 5 Buku Sains Ini Wajib Dibaca Sekali Seumur Hidup!raptisrarebooks.com

Selain Newton dan Einstein, mungkin Stephen Hawking merupakan ilmuan yang sangat termahsyur di seluruh dunia. Itu berkat bukunya yang paling fenomenal, A Brief History of Time.

Di buku ini Hawking mencoba menjelaskan dengan sangat mudah dipahami asal mula jagat raya dibentuk. Teori paling terkenalnya, dentuman besar atau the big bang dijelaskannya lewat buku ini, dan juga peran Tuhan terhadap penciptaan. Dan juga ia pun mengkritisi segala hipotesis ilmuan lainnya yang layak untuk diperbaiki.

Itulah 5 buku tentang sains yang wajib dibaca sekali seumur hidup. Perbanyaklah wawasan dengan membaca buku. Karena begitu banyak hal yang belum kita ketahui, dan sangat disayangkan kalau apatis begitu saja.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Buku Bertema Sains yang Asyik untuk Anak-anak, Ayo Baca!

Adliputra Photo Community Writer Adliputra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You