Mengenal 5 Katalog Objek Astronomi, Kamu Tahu yang Mana Nih?

Tambah wawasan astronomi kamu yuk!

Alam semesta memiliki milyaran objek yang sangat menarik dan menawan, bahkan saking banyaknya, objek tersebut banyak yang tidak memiliki nama. Kalau kamu cermati, banyak di antara objek tersebut hanya diberi kode katalog dan angka dibelakangnya, contoh M31, NGC 3982, IC 1396, dan lain-lain. Lalu apa maksud dari kode NGC, M atau IC pada penamaan objek astronomi tersebut?

Penamaan dengan menggunakan kode tersebut ternyata bertujuan untuk memudahkan para ilmuwan saat meneliti objek tersebut kembali, mengingat jumlah objek astronomi sangatlah banyak, sehingga dengan menggunakan kode tersebut dapat memudahkan ilmuwan untuk meneliti objek tersebut. Untuk menambah wawasan kamu, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Messier Catalogue (M)

Mengenal 5 Katalog Objek Astronomi, Kamu Tahu yang Mana Nih?Messier 42 (nasa.gov)

Messier Catalogue atau yang biasanya dikenal M, merupakan salah satu katalog astronomi paling tertua di dunia. Katalog ini disusun oleh seorang astronom yang bernama Charles Messier, seorang pemburu komet asal Prancis. Jumlah keseluruhan objek Messier ini ada 110 objek, yang berisi nebula, gugus bintang dan galaksi.

Awal mulanya katalog ini disusun untuk mempermudah astronom lainnya dalam perburuan komet dengan membuat daftar benda langit yang bukan komet. Ada 45 daftar benda langit saat katalog ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1771.

Pada tahun 1781, Messier mendaftarkan 103 objek langit tambahan pada edisi terakhirnya, yang enam objek berasal dari kolaboratornya yakni Pierre Mechain. Pada abad ke-20, berbagai astronom amatir dan profesional menambahkan tujuh objek tambahan ke dalam daftar katalog. M104 pada tahun 1921, M105 - M107 pada tahun 1947, M108 dan M109 pada tahun 1953, dan M110 pada tahun 1966, sehingga jumlah keseluruhannya ada 110 objek.

Beberapa objek terkenal dari katalog ini diantaranya M31 (Galaksi Andromeda) dan M45 (Pleaides).

2. New General Catalogue (NGC)

Mengenal 5 Katalog Objek Astronomi, Kamu Tahu yang Mana Nih?NGC 4535 (nasa.gov)

New General Catalogue atau yang biasanya dikenal NGC, merupakan salah satu katalog astronomi yang memiliki peran penting dalam dunia observasi astronomi. Katalog ini berisikan 7.840 objek yang terdiri dari gugus bintang, nebula dan galaksi.

Katalog ini disusun oleh Dreyer yang didasarkan oleh pengamatan Herschel dan keluarganya pada periode sebelumnya. Katalog ini tidak seperti Messier yang hanya berfokus pada perburuan komet, namun katalog ini cakupannya lebih luas.

Dalam perjalanan pengamatannya, Herschel dan Caroline, saudara perempuannya berhasil memindai 1.000 objek di langit pada tahun 1786. Selanjutnya di tahun 1810, berhasil memindai 2.500 objek di langit yang terlihat dari garis lintang utara. Kemudian pengamatan ini dilanjutkan oleh putra Herschel yang mengamati langit Afrika Selatan, sehingga saat pertama kali diterbitkan olehnya berjumlah 5.709 objek pada tahun 1864. Pada akhirnya Dreyer menyusun katalog tersebut dengan mengumpulkan data dari 50 sumber dan menerbitkan New General Catalogue di tahun 1888 dengan jumlah 7.840 objek.

Beberapa objek NGC yang terkenal diantaranya NGC 5457 (Pinwheel Galaxy) dan NGC 5886 (Spindle Galaxy).