Comscore Tracker

Bukan Hanya Durian, 6 Biji dan Buah Ini Bisa Bikin Teler lho! 

Hati-hati dalam mengonsumsinya

Sensasi mabuk atau teler umumnya diperoleh dari konsumsi minuman-minuman yang mengandung kadar alkohol tinggi. Namun, tak jarang beberapa buah dan biji dapat menimbulkan efek serupa bila dikonsumsi mentah atau berlebihan. 

Bukan hanya buah durian, 6 macam buah dan biji berikut ternyata mampu memberi efek layaknya buah berjuluk king fruit tersebut. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Buah pinang

Bukan Hanya Durian, 6 Biji dan Buah Ini Bisa Bikin Teler lho! ilustrasi buah pinang dan pemakainya (edition.cnn.com | chinadaily.com.cn)

Tanaman yang termasuk dalam famili atau suku Arecaceae ini tersebar luas dari kawasan Asia Selatan hingga Asia Tenggara. Bahkan, beberapa suku di Indonesia memiliki budaya nginang atau mengunyah sirih dan biji pinang utamanya bagi kaum perempuan.

Biji pinang termasuk dalam obat psikoaktif keempat yang paling umum di dunia, setelah nikotin, alkohol, dan kafein. Mengunyah biji pinang dapat melepaskan stimulan yang mirip dengan nikotin dan menyebabkan sensasi euforia atau perasaan memabukkan ringan.

Meskipun kegiatan nginang bersifat penting dalam banyak tradisi budaya di kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara, mengunyah biji pinang secara mentah ternyata berkaitan dengan sejumlah masalah kesehatan yang serius, termasuk kanker mulut dan kerongkongan.

2. Biji pala

Bukan Hanya Durian, 6 Biji dan Buah Ini Bisa Bikin Teler lho! ilustrasi biji pala (kagroo.com)

Tanaman dengan nama latin Myristica fragrans berasal dari Maluku, Indonesia. Biji pala memiliki aroma tajam yang khas dan rasa hangat yang sedikit manis setelah melalui proses pengeringan yang baik selama 6-8 minggu. Bahkan, dalam sejarah kaum Romawi biji pala digunakan sebagai wewangian.

Sedangkan pada biji pala yang mentah, jika dikonsumsi berlebihan dapat mengacaukan kesadaran. Kadar zat halusinogen dari senyawa myristicin dalam biji pala mentah hampir sama dengan jenis obat terlarang 'LSD'. Efek memabukkan ini bisa berlangsung selama dua hari atau lebih.

3. Buah kecubung 

Bukan Hanya Durian, 6 Biji dan Buah Ini Bisa Bikin Teler lho! ilustrasi buah kecubung (prota4u.org)

Kecubung adalah tanaman berbunga berbentuk terompet dengan warna pastel yang indah. Semua spesies tanaman ini beracun, terutama bagian biji dan bunga. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan hyoscyamine yang dapat membuat kamu mengantuk bahkan berhalusinasi selama beberapa hari.

Sedikitnya 15 gram, yaitu antara 15 dan 25 biji dari buah ini dapat menjadi dosis fatal yang berakibat pada kematian. Hati-hati ya!

4. Biji bunga hawaiian baby woodrose 

Bukan Hanya Durian, 6 Biji dan Buah Ini Bisa Bikin Teler lho! ilustrasi biji hawaiian baby woodrose (worldseedsupply.com | seeds-gallery.com)

Tanaman hawaiian baby woodrose adalah tanaman hias yang banyak tumbuh di Negara Florida, California, dan Hawai. Umumnya, biji dari bunga tersebut digunakan sebagai penghilang rasa sakit dalam dunia pengobatan herbal. Namun, bila dikonsumsi secara mentah dan berlebihan, maka efek yang ditimbulkan mirip dengan 'LSD'.

5. Biji bunga heavenly blue morning glory

Bukan Hanya Durian, 6 Biji dan Buah Ini Bisa Bikin Teler lho! ilustrasi biji dan bunga blue morning glory (outsidepride.com | eternityinabox.com)

Bunga heavenly blue morning glory yang bernama latin L. violacea ini tumbuh menjalar dan biasanya dibudidayakan sebagai komponen dari taman tahunan. Bunganya memiliki mahkota berwarna biru hingga keunguan, terkadang putih dan berdiameter sekitar 12 cm (4,7 inci).

Tanaman ini termasuk dalam bunga asli yang berasal dari Benua Amerika. Biji dari tanaman yang memiliki daun berbentuk hati ini mengandung senyawa alkaloid d-lysergic dan asam d-isolisergic sehingga ampuh menimbulkan efek teler pada orang yang mengonsumsinya. 

6. Biji bunga poppy 

Bukan Hanya Durian, 6 Biji dan Buah Ini Bisa Bikin Teler lho! ilustrasi biji bunga poppy (diet-health.info | wallpaperflare.com)

Biji bunga poppy sering digunakan dalam menu diet orang-orang Barat. Bijinya berukuran kecil (sekitar 1 mm), berbentuk ginjal, dan berwarna biru keabu-abuan hingga biru kehitaman. Biji tersebut memiliki aroma seperti kacang dan rasa pedas yang ringan. 

Namun, siapa sangka kandungan di dalam biji bunga ini cukup mengagetkan loh! Biji kecil ini memiliki kandungan morfin, heroin, dan zat penghilang rasa sakit sekitar 0,025 persen. Jika kamu memakan 40 gram biji bunga poppy, maka efeknya akan sama dengan mengkonsumsi 10 miligram morfin. Bahaya nih!

Itulah 6 buah dan biji tanaman yang dapat menimbulkan efek mabuk bagi penggunanya. Lebih hati-hati lagi ya!

Baca Juga: 11 Bahan Kimia yang Paling Adiktif, Buat Kamu Ketagihan Tak Terkontrol

Aii gie Photo Verified Writer Aii gie

Si Pengembara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya