Fakta Sains dari 5 Dinosaurus di Film Jurrasic World Dominion

Bukan fiktif belaka, lho!

Jurassic World Dominion adalah sebuah film aksi fiksi ilmiah Amerika yang rilis awal Juni tahun 2022 dan disutradarai oleh Colin Trevorrow. Film ini adalah sekuel Jurassic World: Fallen Kingdom (2018) sekaligus sebagai penutup dari trilogi Jurassic World. Film ini juga disebut sebagai kesimpulan dari alur cerita yang dimulai di trilogi Jurassic Park yang asli.

Meskipun film tersebut bertema fiksi, namun jangan salah sangka dulu. Spesies dinosaurus baru yang ditampilkan bahkan menjadi karakter di Jurassic World Dominion ternyata memiliki beberapa fakta sains yang menarik untuk diketahui. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Therizinosaurus

Fakta Sains dari 5 Dinosaurus di Film Jurrasic World Dominionilustrasi therizinosaurus (commons.wikimedia.org/Mariolanzasprehistoric-wildlife.com)

Therizinosaurus adalah bagian dari kelompok dinosaurus besar milik keluarga atau suku Therizinosauridae. Spesies dengan panjang tubuh 9-10 meter ini berkeliaran di permukaan bumi sekitar 70 juta tahun yang lalu, selama Zaman Maastricht. Penemuan sisa-sisa fosil pertama Therizinosaurus dilakukan pada tahun 1948. Fosil tersebut ditemukan di Gurun Gobi (China) selama ekspedisi lapangan tim Mongolia.

Fitur yang paling menarik dari spesies ini adalah cakar besar yang ia miliki. Berdasarkan sisa-sisa kerangka fosil Therizinosaurus yang diperoleh, hewan dengan berat sekitar 3 ton ini mirip kura-kura, tapi berukuran sangat besar. Hewan yang tinggal di daratan ini bersifat herbivor atau pemakan tumbuhan dan berkembang biak dengan bertelur.

2. Pyroraptor

Fakta Sains dari 5 Dinosaurus di Film Jurrasic World Dominionilustrasi pyroraptor (commons.wikimedia.org/Mette Aumalatwitter.com/steamblust)

Hewan ini hidup pada periode Cretaceous dan menghuni wilayah Eropa. Hingga kini, ahli paleontologi berhasil menemukan tiga fosil di daerah Aragon (Spanyol) dan Rioja (Spanyol). Hewan ini biasa hidup di hutan hujan dan berkembang biak dengan cara bertelur.

Hewan yang hidup dari Zaman Campanian hingga Zaman Maastricht ini memiliki tinggi sekitar 1 meter, panjang 2,3 meter, dan berat 35 kilogram. Dia biasa memangsa reptil, burung, dan hewan-hewan ukuran kecil lainnya.